Busway: Bagaimana Kesiapan Jakarta?

Release dari Yayasan Pelangi Indonesia

MASALAH lalu lintas di Jakarta seperti benang kusut yang menimbulkan berjuta permasalahan. Berawal dari kesalahan kebijakan dalam membangun sistem transportasi kota, berbagai masalah di sektor ini terus bermunculan. Mulai dari masalah kemacetan lalu lintas, pemborosan konsumsi bahan bakar, buruknya kualitas udara yang melahirkan banyak penyakit kronis, kematian, hingga permasalahn kesetaraan hak dalam penggunaan ruang jalan yang terampas dari tangan pengguna kendaraan tidak bermotor dan pejalan kaki.

Menurut Moekti Soejachmoen, wakil direktur Pelangi, “Permasalahan transportasi di Jakarta tidak akan pernah selesai walaupun trilyunan rupiah telah dihabiskan untuk melakukan studi atau proyek percontohan, jika akar permasalahannya tidak diketahui. Masalah ini juga tidak akan selesai hanya dengan melakukan perluasan jalan atau membangun jalan layang baru yang juga menghabiskan trilyunan rupiah.”

“Akar permasalahan transportasi di Jakarta justru dikarenakan tidak terkendalinya pertambahan jumlah kendaraan bermotor di Jakarta, serta buruknya pelayanan sistem angkutan umum yang ada saat ini,” jelas Moekti Soejachmoen, lebih dikenal dengan Kuki.

Keadaan inilah yang akhirnya menimbulkan kemacetan lalu lintas di mana-mana sepanjang hari. Kondisi ini semakin diperburuk dengan perilaku masyarakat yang cenderung mengabaikan peraturan lalu lintas di jalan raya.

“Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan upaya pembenahan sistem transportasi di Jakarta secara menyeluruh. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mereformasi sistem angkutan umum dengan menyediakan transportasi massal” ujar Jack Sumabrata, salah satu peneliti bidang transportasi di Pelangi.

Rencana penerapan Busway di Jakarta masih menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat Jakarta. Apakah penerapan sistem baru ini akan membantu menyelesaikan masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta, atau sebaliknya? Lalu bagaimana dengan dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan? terutama yang berada di sepanjang jalur busway? Apakah system ini dapat terus berjalan dengan baik? Apa yang dapat menjamin keberlanjutan dari system ini?

Lalu bagaimana dengan sistem angkutan umum yang ada sekarang? Apakah pengusaha angkutan umum yang ada saat ini dapat menerima penerapan sistem busway? Dan apa yang terjadi dengan jalur hijau di sepanjang jalan Sudirman? Langkah-langkah apa yang telah dan akan dilakukan pemprov DKI untuk meminimalkan dampak negatif yang berpotensi muncul pada saat penerapan sistem busway ini?

Dalam upaya mendapatkan gambaran utuh tentang penerapan busway di Jakarta dan kebutuhan masyarakat sehubungan dengan hal tersebut, Pelangi menyelenggarakan Dialog Publik yang bertema Busway: Bagaimana Kesiapan Jakarta? Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 28 November 2002 jam 15.30 hingga menjelang berbuka puasa bertempat di Ballroom Century Hotel Jakarta.

“Sebagai subyek sekaligus obyek dari pembangunan, sudah sepantasnya masyarakat dilibatkan dalam setiap tahapan pembangunan,” ujar Kuki.Oleh karena itu, acara yang akan dipandu oleh Teguh Santosa (Wartawan HU Rakyat Merdeka) ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk secara langsung mengkritisi langkah-langkah persiapan yang telah dilakukan Jakarta.

“Keterlibatan dan partisipasi aktif masyarakat dalam banyak kasus di beberapa negara terbukti sangat menentukan tingkat keberhasilan dari program yang dijalankan oleh pemerintah. Masyarakat akan merasa memiliki suatu program jika dilibatkan sejak awal dan diakomodir apa yang menjadi kebutuhannya,” tambah Kuki.

Hal yang sama juga akan terjadi pada kasus penerapan busway di Jakarta. Persoalannya sekarang, apakah Pemprov DKI bersedia membuka diri atau tidak untuk membenahi sistem transportasi Jakarta bersama-sama dengan masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s