Maduro Ampuni Musuh Politik, Dubes Venezuela: Kami Menjunjung Tinggi Demokrasi Dan Hak Asasi

Pemerintah Republik Bolivarian Venezuela membebaskan sebanyak 110 tokoh oposisi dari berbagai tuduhan dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berpartisipasi dalam pemilihan Kongres Nasional yang akan diselenggarakan 6 Desember mendatang.

Mereka yang dibebaskan ini terlibat dalam kerusuhan di tengah protes yang terjadi sepanjang April hingga pertengahan Agustus 2017 lalu.

Sebagian dari mereka ditahan. Tidak sedikit yang bersembunyi di sejumlah kedutaan asing di Caracas. 

Dutabesar Venezuela, Radamez Gomez, pengampunan yang diberikan Presiden Nicolas Maduro pada 31 Agustus lalu itu memperlihatkan komitmen pemerintah Venezuela menyelesaikan pertikaian politik secara damai.

Bagaimanapun, ujar Dubes Gomez ketika menerima redaksi Kantor Berita Politik RMOL di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat pagi (4/9), persatuan nasional harus ditempatkan di atas segalanya.

“Ini adalah bukti bahwa kami menjunjung tinggi demokrasi dan perlindungan hak asasi manusia,” ujarnya.

Selain itu, tambah Dubes Gomez, pihaknya juga mengundang partisipasi PBB dan Uni Eropa untuk ikut memantau jalannya pemilihan umum.

Dia mengatakan, bukan baru kali ini pemerintahan Maduro melibatkan pihak asing sebagai obeserver atau pemantau pemilu.

Dalam pemilihan presiden tahun 2018 lalu tidak kurang dari 200 pemantau independen dari berbagai negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, juga berpartisipasi mengawasi jalannya pemilihan.

Pemilu Venezuela digelar untuk memilih 277 wakil rakyat di parlemen nasional. Setidaknya, jumlah pemilih di negara itu sekitar 20 juta jiwa.

Ditanya mengenai posisi tokoh oposisi Juan Guaido menjelang pemilu Desember nanti, Dubes Gomez mengatakan, Juan Guaido yang diakui AS dan sekutunya bukan lagi masalah bagi kubu pemerintah.

“Dia kini menjadi masalah bagi kalangan oposisi, karena semakin banyak di kalangan oposisi yang menyadari bahwa Guaido menjual negara ini kepada pihak asing,” demikian Dubes Radames Gomez. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s