Lele Korea Utara

Peternakan ikan lele ini terletak di distrik Samchon, sedikit di luar Pyongyang, ibukota Korea Utara. Disebut Samchon karena di tempat ini ada tiga sumber air panas dengan suhu antara 48 sampai 50 derajat celcius.

Didirikan sekitar 20 tahun lalu, sejak tiga tahun lalu pemerintah Korea Utara memberikan perhatian yang lebih serius untuk memaksimalkan produksi ikan lele di tempat ini.

Lebih ilmiah, intensif, dan mengadopsi pendekatan industri yang lebih mapan. Begitu tulis majalah Democratic People’s Republic of Korea edisi 774, bulan Juni tahun Juche 109 (2020) yang format .pdf-nya saya terima beberapa minggu lalu. Foto ini diambil oleh Hong Thae Ung, dan artikel singkatnya ditulis Choe Song Sun.

Peternakan ini memiliki fasilitas indoor yang meliputi tempat pembibitan, penetasan, dan penggemukan. Juga ada 90 kolam berukuran besar, cold storage, juga workshop khusus untk memproses ikan lele yang siap dikonsumsi.

Disebutkan, sekitar 800 ribu telur ikan lele ditetaskan setiap bulan. Setelah melalui proses penggemukan, satu meter kubik ikan lele seberat 270 kilogram.

Tahun lalu, masih kata majalah DPRK, para pekerja di peternakan membangun dengan upaya mereka sendiri 70 kolam outdoor. Dengan kolam-kolam ekstra ini, produksi ikan lele bertambah 1,8 ton.

Saya pernah mengunjungi atau tepatnya diajak ke peternakan itu tahun 2018. Saya kira waktu itu, ini hanya peternakan biasa, dan paling-paling menghasilkan ikan lele dalam ukuran yang juga biasa-biasa saja.

Tetapi, seperti yang sama kita lihat di foto ini, ikan lele yang mereka hasilkan sungguh-sungguh warbiasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s