Bukan Baru Kali Ini Venezuela Membantu Indonesia

Miraflores5

Republik Boloivarian Venezuela negara sahabat Indonesia. Di tengah kondisi ekonomi yang dikabarkan sedang tidak begitu menggembirakan, Venezuela masih berusaha mengulurkan tangan untuk membantu meringankan beban Indonesia dalam menanggulangi bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah.

Presiden Nikolas Maduro baru-baru ini menyetujui penggunaan dana solidaritas sebesar 10 juta dollar AS untuk penanggulangan bencana itu.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Venezuela, Delcy Rodriques, melalui twit di akun Twitter miliknya, dua hari lalu (Rabu, 3/10).

Bukan baru kali ini Venezuela membantu Indonesia ketika sedang menghadapi bencana.

Ketika tsunami menerjang Aceh dan Sumatera Utara bulan Desember 2004 silam, Presiden Hugo Chavez ketika itu juga segera mengulurkan tangan dengan memberikan bantuan sebesar 2 juta dolar AS.

“Bagi kami Indonesia adalah negara sahabat. Kami merasakan duka yang dialami oleh rakyat Indonesia di daerah terkena bencana,” ujar Dutabesar Republik Bolivarian Venezuela Gladys Urbaneja Duran kepada redaksi beberapa saat lalu, Jumat pagi (5/10).

Venezuela sendiri di bulan Agustus lalu juga mengalami gempa bumi dengan kekuatan 7,3 SR yang getarannya terasa hingga ibukota Caracas. Disebutkan bahwa itu adalah gempa dengan kekuatan terbesar di negara itu sejak 1900.

Solidaritas Venezuela tidak hanya ditujukan kepada negara sahabat.

Ke negara yang sering memusuhi mereka pun Venezuela tidak sungkan mengulurkan tangan.

Misalnya, sejak tahun 2005, Venezuela mengirim berjuta-juta galon minyak untuk warga miskin Amerika Serikat saat musim dingin.

Venezuela juga turun tangan ketika New Orleans dihantam badai Katrina. Chavez juga mengirim ribuan tentara, pemadam kebakaran, dan sukarelawan ke lokasi bencana ketika itu.

Begitu juga ketika di tahun 2017 badai Harvey menghantam Amerika Serikat, Venezuela pun mengirim bantuan sebesar 5 juta dolar AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s