Tomy Winata: Kibarkan Merah Putih di Aconcagua

IMG-20160218-WA0029 5.03.12 PM

AGP dan Sabar Gorky

Pendaki gunung tunadaksa berkaki satu dari Indonesia, Sabar Gorky, kembali melanjutkan misi pendakian puncak-puncak gunung tertinggi di dunia. Kali ini bersama Tim Ekspedisi Indonesia Raya, Sabar Gorky, akan mendaki Gunung Aconcagua di Argentina, Amerika Latin.

Gunung setinggi 6.962 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu merupakan yang tertinggi di Amerika Latin yang juga merupakan gunung tertinggi kedua di dunia.

Gunung Aconcagua akan menjadi gunung tertinggi keempat di dunia yang ditaklukkan Sabar Gorky. Sebelumnya, Sabar telah menaklukkan Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl) pada Agustus 2011, Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika (5.895 mdpl) pada November 2011 dan Puncak Carstensz di Papua, Indonesia (4.884 mdpl) pada Agustus 2015.

Ekspedisi Indonesia Raya didukung penuh Yayasan Artha Graha Peduli, Rakyat Merdeka Online dan Korps Marinir TNI Angkatan Laut, serta sejumlah pihak lain seperti Kementerian Pariwisata, PT. Telkom Tbk., Kosgoro 1957, dan Matahari Mall.

Pelepasan Tim Ekspedisi Indonesia Raya ke Argentina dilakukan Pendiri Yayasan Artha Graha Peduli Tomy Winata bersama Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen Buyung Lalana, Pemimpin Umum Rakyat Merdeka Online Teguh Santosa serta karyawan dan pimpinan Artha Graha Network.

Dalam upacara pelepasan yang berlangsung sederhana di Musro, Hotel Borobudur, Tomy Winata menyerahkan bendera merah putih kepada Sabar Gorky dan anggota Tim Ekspedisi Indonesia Raya. Tomy Winata berpesan agar bendera itu ditancapkan dan dikibarkan sabar Gorky di puncak Aconcagua.

“Sabar Gorky ini luar biasa. Dengan satu kaki bisa menaklukkan gunung-gunung tertinggi di dunia dan membawa harum nama Indonesia. Semangat ini yang perlu mendapat dukungan semua pihak,” ujar Tomy Winata.

Pengusaha nasional itu menilai sosok Sabar Gorky merupakan contoh manusia Indonesia yang patut diteladani karena penuh keyakinan dan optimisme tinggi meskipun memiliki kekurangan. Dalam hal semangat dan nasionalisme membawa nama baik Indonesia, lelaki kelahiran Solo itu perlu jadi teladan.

“Kita semua yang berfisik sempurna belum tentu mampu menaklukkan gunung-gunung tertinggi. Itulah kelebihan Sabar Gorky yang kita tidak punya,” katanya lagi.

Masih menurut Tomy Winata, yang utama dalam misi kali ini bukan soal berhasil atau tidak mencapai puncak Aconcagua. Melainkan upaya, kegigihan, dan semangat pantang menyerah untuk mencapai tujuan.

“Kita doakan semoga Pak Sabar bisa mencapai tujuannya dan kembali dengan selamat ke Tanah Air setelah menancapkan bendera Merah Putih di puncak Aconcagua,” ujar Tomy Winata.

Sebelumnya, Tomy Winata juga mengajak para pengusaha Indonesia, seperti James Ryadi dan Anindya Bakrie, untuk mendukung misi Sabar Gorky mencatatkan diri sebagai pendaki tunadaksa pertama di dunia yang menaklukkan Seven Summits.

Ajakan itu disampaikan Tomy Winata saat bersilaturahmi dengan pemimpin media massa nasional dan juga Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di sela-sela acara Hari Pers Nasional (HPN) yang berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 6-9 Februari 2016. Sabar Gorky juga berkesempatan hadir dalam silaturahmi itu.

Pendakian Gunung Aconcagua direncanakan berlangsung sekitar 20 hari. Selain Sabar Gorky, Tim Ekspedisi Indonesia Raya diperkuat lima anggota Korps Marinir TNI AL, yakni Letkol Rivelson Saragih, Kopda Sigit Purwoko, Kopda Imam Rozikin, Praka Erlando B., dan Praka Didik Rudiyanto.

Dua pendaki lain adalah aktivis pecinta alam Asep Sumantri dan Syatiri Achmad Aswani. Adapun satu-satunya wanita dalam Tim Ekspedisi Indonesia Raya adalah Widya Victoria yang merupakan salah seorang redaktur Rakyat Merdeka Online. Bertindak sebagai manajer pendakian adalah Dar Edi Yoga dibantu Feriolus Nawawi.

Dalam pelepasan Tim Ekspedisi Indonesia Raya, Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen Buyung Lalana mengatakan, keikutsertaan anggota Korps Marinir TNI AL dalam pendakian ini memperlihatkan kesatuan semangat antara TNI dengan masyarakat.

“Ini adalah kali kedua anggota Korps Marinir ikut dalam pendakian Pak Sabar. Sebelumnya kami juga mendampingi Pak Sabar dalam misi di Carstensz. Ekspedisi Indonesia Raya ini akan dicatat dalam sejarah sebagai bukti lain dari kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujar Buyung Lalana.

Pihak lain yang turut mendukung Sabar Gorky untuk berhasil sampai ke puncak gunung Aconcagua di Argentina adalah perusahaan eCommerce terdepan di Indonesia besutan Lippo Group, yaitu MatahariMall.com.

“Kami berharap dukungan ini mampu mengantarkan Sabar Gorky untuk berhasil menggapai impiannya mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di dunia dan membuat Indonesia bangga,” ujar Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com.

“Salah satu alasan kami mendukung Sabar Gorky adalah filosofi hidupnya yang sejalan dengan budaya perusahaan kami di MatahariMall.com, yaitu bold atau berani. Kami harapkan, Sabar Gorky bisa terus menularkan semangat ini kepada seluruh masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Sementara Pemimpin Umum Rakyat Merdeka Online, Teguh Santosa, yang merupakan promotor Sabar Gorky dalam misi pendakian puncak-puncak tertinggi di dunia mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan Artha Graha Peduli, Korps Marinir TNI AL dan MatahariMall.Com.

“Kami mengenal Mas Sabar Gorky sejak lama, dan mengagumi semangatnya di tengah keterbatasan yang dimiliki. Kami yakin, dengan dukungan kita semua Sabar Gorky dapat menggapai mimpinya yang juga merupakan kebanggaan bagi kita semua,” demikian Teguh Santosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s