Bukan Tanpa Alasan HPN 2016 Dipusatkan di Lombok, NTB

20160217_103021

Syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Atas izin-Nya juga kita bisa menyelenggarakan Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bukan tanpa alasan bila Hari Pers Nasional kali ini dipusatkan di Lombok, NTB.

NTB adalah salah satu negeri impian wisatawan. Tak berlebihan bila NTB dikatakan sebagai kepingan surga yang tersembunyi di Nusantara. Secara faktual, kecantikan, pesona dan keindahan NTB adalah modal besar dalam upaya pemerintah mengembangkan sektor wisata nasional. Laut NTB yang indah juga ikut menjadi penopang gagasan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kita semua berharap penyelenggaraan HPN di NTB pun bisa mendorong pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB.

HPN merupakan momentum bagi kita semua untuk membahas secara serius peran dan fungsi pers dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah tantangan yang semakin kompleks dan persaingan yang semakin ketat.

Kita memang baru saja memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. Tetapi sesungguhnya sejak beberapa dekade terakhir kita menyaksikan perubahan yang begitu signifikan di lingkungan regional dan global.

Termasuk di dalam perubahan itu adalah keterlibatan masyarakat luas yang nyaris tanpa batas dalam proses pertukaran informasi setiap hari.

Di tengah arus informasi yang sedemikian bebas ini, pers Indonesia dituntut untuk semakin memperkuat peranan tradisionalnya sebagai pengawal akal sehat komunal. Insan pers juga dituntut untuk terus mengasah dan mempertajam kemampuannya.

Arus informasi yang bebas tanpa insan pers yang berpihak pada kepentingan rakyat dan menghormati prinsip-prinsip agung jurnalistik akan membuat bangsa kita jalan di tempat dengan berbagai wacana yang tidak produktif dan tidak berorientasi solusi.

Landasan penyelenggaraan HPN adalah sinergi. Sinergi antar komponen pers, juga antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN. Kami sungguh berharap penyelenggaran HPN 2016 akan membawa manfaat.

Akhirnya, Panitia HPN 2016 mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran acara ini.

Terimakasih kepada Dewan Pers, Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Televisi Seluruh Indonesia (ATVSI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Peusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Serikat Grafika Pers (SGP), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan TNI Angkatan Laut, serta pihak lain yang berperan serta dalam acara HPN.

Secara khusus saya berterima kasih kepada seluruh panitia yang bekerja keras untuk menyelenggarakan perhelatan akbar ini.

Salam hormat.

Teguh Santosa
Ketua Panitia HPN 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s