Taufik dan Mega Harus Satu Suara tentang Capres Alternatif

PDI Perjuangan memiliki peluang merebut kembali kemenangan yang pernah diraih dalam Pemilu 1999 silam. Sejauh ini sang ketua umum Megawati Soekarnoputri masih menjadi the uniting factor utama bagi kalangan internal partai.

Tetapi untuk menghadapi Pilpres 2014 kalangan elite PDIP harus ekstra hati-hati. Ketidakmampuan membaca arus perubahan zaman dapat membuat berapapun besar suara yang diperoleh dalam Pemilu 2014 tidak akan berarti apa-apa. Dan kekalahan di arena Pilpres 2014 akan kembali menempatkan PDIP di luar pagar Istana.

“Pernyataan yang pernah disampaikan Taufik Kiemas agar PDIP memilih calon dari kalangan luar dalam Pilpres 2014 ada benarnya. Itu bukan pernyataan sembarangan. Sedari sekarang PDIP harus semakin intensif membicarakan capres alternatif yang akan mereka dukung tahun depan,” ujar dosen politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Teguh Santosa, dalam perbincangan beberapa saat lalu (Kamis, 24/1).

Menurut Teguh, tokoh yang layak dicapreskan PDIP itu bisa berasal dari kalangan internal, bisa juga dari kalangan luar partai. Yang jelas, harus dipastikan bahwa tokoh itu memiliki pandangan politik dan ekonomi yang sebangun dengan pandangan politik dan ekonomi yang diperjuangan PDIP selama ini, yang pada hakekatnya dilandaskan pada ajaran Tri Sakti Bung Karno.

“Taufik Kiemas dan Megawati harus satu suara dalam hal ini. Taufik Kiemas kelihatannya lebh realistis dalam membaca tanda-tanda zaman. Sekarang dibutuhkan kerelaan Mbak Mega untuk memberi kesempatan kepada tokoh-tokoh lain yang memiliki satu visi dengan perjuangannya selama ini,” demikian Teguh.

Bulan Juli 2012 lalu Taufik Kiemas meminta Megawati yang juga istrinya agar memikirkan benar soal calon presiden dari PDIPI ini. PDIP harus mampu membaca arah politik yang belakangan berkembangan.

“Mega harus mencalonkan orang lain di Pilpres 2014,” ujar Taufik Kiemas ketika itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s