Tentang Catatan Harian Sang Diplomat

Membaca setiap tulisan yang kemudian dirangkum dalam buku ini membuat saya merasa seakan-akan negeri putih Rusia berada di depan mata dan berjarak hanya sejengkal saja. Tema-tema yang dipilih sang penulis, M. AJi Surya, juga bukan tema-tema yang terlalu melambung tinggi di angkasa. Melainkan tema-tema bumi yang biasa dan tak terasa maya. Gaya bahasanya sederhana, sesederhana penampilan sang penulisnya, lagi mudah dicerna.

Tidak dapat dipungkiri Rusia dan Indonesia dipisahkan oleh jarak yang begitu jauh. Mengukur jarak antara Indonesia dan Rusia memang gampang-gampang susah mengingat kedua negara termasuk dalam kelompok negara berukuran big size dengan wilayah yang terbentang dari bujur barat ke bujur timur. Sampai-sampai wilayah timur Rusia berada di atas Indonesia, dipisahkan daratan Asia Tenggara, Republik Rakyat China dan Monggolia. Catatan yang tersedia menyebutkan bahwa jarak antara Moskow dan Jakarta sekitar 9.278 kilometer atau 5.006 mil laut dengan waktu penerbangan sekitar 12 jam (tergantung rute penerbangan dan waktu transit di masing-masing bandara yang disinggahi).

Dalam dunia yang kini dapat dengan mudah dilipat dan ditekuk-tekuk, jarak fisik tentulah bukan sungguh-sungguh penghalang. Mempersempit dan mempersingkat ruang dan waktu adalah sebuah keniscayaan yang amat niscaya. Sehingga mentransfer energi cinta, love atau любить melintasi jarak yang sedemikian jauh itu pun semakin mudah dilakukan. Kedua negara kini hanya berjarak satu klik saja.

Untuk mengirimkan cinta dari Rusia ke Indonesia, M. Aji Surya yang diplomat Republik Indonesia di Moskow membutuhkan tiga hal pokok, yakni iPad 2 dan koneksi internet yang berlimpah, serta tentu saja kepiawaian dalam meramu berbagai tema kerusiaan dengan renyah, enak dibaca dan sudah pasti perlu.

Tulisan-tulisan yang telah dikumpulkan ini awalnya dimuat dalam kolom From Moscow Woth Love (FMWL) di RakyatMerdekaOnline.Com. Judul kolom ini tentu mengingatkan sebagian dari kita pada salah satu sequel film James Bond yang berjudul hampir serupa, From Russia With Love; dibintangi Sean Connery sebagai James Bond dan Daniela Bianchi sebagai Tatiana Romanova dan diproduksi tahun 1963.

Seperti film From Russia With Love yang dinilai banyak pemerhati dan kritikus film sebagai film James Bond terbaik sepanjang masa, kumpulan tulisan M. Aji Surya pada kolom From Moscow With Love itu pun dapat disebutkan sebagai tulisan-tulisan tentang Rusia terbaik di masa kini. Seperti telah disebutkan di atas, kumpulan tulisan tersebut perlu dibaca tidak saja oleh pelancong Indonesia yang ingin berkunjung ke Rusia, melainkan juga oleh anggota masyarakat awam yang ingin mengetahui rahasia Rusia dengan cara sederhana sekaligus memikat.

Sedemikian perlu, sampai-sampai pelancong Indonesia yang ingin mengunjungi Rusia dan kota-kotanya yang eksotik dan indah tak usah repot-repot membeli buku saku tentang Rusia seperti yang diterbitkan Lonely Planet dan sejenisnya. Cukup dengan buku ini dan buku-buku lain mengenai Rusia yang lebih dahulu ditulis M. Aji Surya.

Insting menulis M. Aji Surya yang begitu tajam adalah jejak yang ditinggalkan pengalamannya sebagai seorang wartawan selama dua tahun di Tempo setelah ia selesai nyantri di Pondok Pesantren Modern Gontor.

Catatan harian sang diplomat dalam kumpulan tulisan ini sangat bervariasi, mulai dari dinamika politik klasik dan kontemporer Rusia, perkembangan Islam di Rusia, hingga kapita selekta budaya atau tabiat umum masyarakat Rusia setelah 20 tahun Uni Soviet bubar. Atau cerita mengenai tempat-tempat unik di Rusia, seperti pemakaman Novodevichye Kladbishche di Jalan Luznetsky Proezd, Moskow.

Dalam lain kesempatan, M. Aji Surya mendadak menjadi the weather man ketika mengamati fenomena anomali cuaca pada malam pergantian tahun. Nol derajat di Rusia pada malam pergantian tahun itu adalah kehangatan yang mewah dibandingkan malam-malam pergantian tahun sebelumnya. Tidak hanya di Rusia, kemewahan anomali itu pun dialami kota-kota besar di negeri empat musim lainnya.

M. Aji Surya merekam dengan runtut dan padat kenangan Profesor Alexey Drugov akan sosok Sukarno dan hubungan baik baik kedua negara di era vivere pericoloso dalam tulisan yang lain. Ia juga menyempatkan diri menyoroti jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia, khususnya Bali, yang diperkirakan akan mencapai angka 100 ribu orang per tahun bila perjanjian penerbangan langsung kedua negara dapat segera diaplikasikan. Namun demikian perlu digarisbawahi bahwa angka 100 ribu orang Rusia yang ke Indonesia itu tentu tak seberapa bila dibandingkan dengan 2 juta wisatawan Rusia yang berkunjung ke Mesir, atau 600 ribu yang ke Korea (Selatan).

Bagi RakyatMerdekaOnline.Com kolom From Moscow With Love itu adalah kolom kedua M. Aji Surya. Kolom pertamanya adalah Serba-Serbi Mendaki Elbrus, sebuah kumpulan tulisan yang diproduksinya pada Agustus 2011 ketika mendampingi pendaki tunadaksa berkaki satu dari Indonesia, Sabar Gorky, yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Merdeka ke kaki puncak tertinggi Eropa, Elbrus, di selatan Rusia.

Adalah M. Aji Surya juga yang mengusulkan penabalan nama Gorky yang berarti pahit di belakang nama Sabar. Penabalan dilakukan seusai pendakian di sebuah taman kecil di belakang penginapan Tim Ekspedisi Merdeka di kawasan Mayakovskaya, Moskow. Bubur merah-putih disiapkan oleh Nyonya M. Aji Surya. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan dan doa dipanjatkan di antara awan mendung yang menaungi dan hujan rintik yang membasahi.

Pada saat-saat itulah, M. Aji Surya kembali menegaskan keinginannya menyebarkan cinta dari Moskow untuk pembaca di Indonesia. Saya dan RakyatMerdekaOnline sangat berbesar hati karena diperkenankan berperan dalam proyek diseminasi cinta dari Moskow ini. Saya yakin, karya M. Aji Surya ini akan dikenang sebagai salah satu buku terbaik di kelasnya seperti film From Russia With Love dan Sean Conerry yang dikenang sebagai yang terbaik di kelas mereka.

Selamat membaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s