Delegasi Internasional Kunjungi Rumah Kelahiran Kim Il-sung

Ratusan delegasi dari puluhan negara mengunjungi rumah kelahiran pendiri dan pemimpin abadi Korea Utara, Kim Il-sung di Mangyongdae, beberapa kilometer dari pusat Pyongyang (Rabu, 11/4). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka peringatan 100 tahun kelahiran Kim Il-sung pada 15 April mendatang.

Kim Il-sung lahir pada tahun 1912 dan meninggal dunia pada 1994. Kim Il-sung yang kerap tersenyum itu dikenal sebagai pemimpin besar dan pemimpin abadi Korea Utara. Jenazahnya kini terbaring di Istana Matahari Kumsusan. Anaknya, Kim Jong-il, yang meninggal bulan Desember 2011 lalu kini juga disemayamkan di Kumsusan.

Rombongan berangkat dengan menggunakan belasan bis berukuran sedang dan puluhan sedan VW berwarna putih di bagian depan. Adapun delegasi Indonesia berada di bis nomor 22 bersama dengan delegasi Australia dan Selandia Baru.

“Selain peringatan ulang tahun ke-100 Yang Mulia Kim Il-sung, kami juga akan menghadiri kegiatan lain seperti konferensi internasional Juche dan konferensi reunifikasi Korea,” ujar Ketua Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Korea, Ristiyanto, dalam pesan yang diterima Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Rabu, 11/4).

Usai mengunjungi tempat kelahiran Kim Il-sung, Ristiyanto dan sejumlah pemimpin perhimpunan persahabatan Korea di negara-negara lain menanam pohon pinus persahabatan tak jauh dari tempat kelahiran Kim Il-sung. Dalam kunjungan ini, Ristiyanto didampingi Sekretaris Perhimpunan Teguh Santosa.

Direncanakan esok hari Ristiyanto akan berangkat ke “perkemahan rahasia” di Gunung Paektu. Kunjungan ini untuk mengenang perjuangan Kim Il-sung dan tentara Korea dalam menghadapi kolonial Jepang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s