Sebelum Tahun Berganti Raja Muhammad VI Resmikan Proyek Irigasi dan Limbah di Marakesh

Menjelang pergantian tahun, Marakesh, salah satu tujuan wisata utama di Maroko, terus berbenah.

Beberapa hari sebelum tahun 2011 berakhir, Raja Muhammad VI meresmikan pembangunan proyek irigasi di kawasan Marakesh-Tensift-Al Houz senilai 6,5 miliar dirham. Proyek pembangunan ini dibangun di area seluas 97 ribu hektar tanah dan menguntungkan 25 ribu petani.

Program tersebut diresmikan pada hari Kamis pekan lalu (29/12) dan merupakan bagian dari Green Plan Maroko serta diperkirakan dapat meningkatkan efisiensi irigasi dari 50 persen menjadi 90 persen. Proyek irigasi ini juga diperkirakan meningkatkan produksi pertanian per hektar dari 19 ribu dirham menjadi 42 ribu dirham. Ini artinya, pendapatan perkapita petani Maroko di kawasan itu juga akan meningkat secara signifikan.

Dalam kesempatan itu, Raja Muhammad VI juga meluncurkan proyek rekonversi lahan yang tandus menjadi lahan yang cocok untuk pertanian senilai 260 juta dirham. Berada di area seluas 4.300 hektar dan akan selesai pada tahun 2013, proyek yang satu ini diperkirakan menguntungkan 2.000 petani.

Di hari yang sama, Raja Muhammad VI juga mengunjungi proyek pengolahan air limbah senilai 1,23 miliar dirham di Marakesh. Fasilitas ini diperkirakan mampu mengolah kembali air limbah penduduk Marakesh sebanyak 120 ribu meter kubik per hari.

Fasilitas ini memproduksi 33 juta meter kubik air alternatif. Air tersebut juga dapat digunakan untuk mengairi 19 lapangan golf yang membutuhan 23 juta kubik meter air setiap tahun.

Hal lain yang perlu dicatat, aplikasi teknologi dalam berbagai proyek yang diinisiasi Raja Muhammad VI ini adalah yang pertama di kawasan Afrika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s