Delapan Anggota Polisario Diusir

Delapan aktivis Polisario akhir pekan lalu diusir karena hendak menyebarkan propaganda politik di Mali.

Kantor berita AFP yang mengutip pernyataan pihak keamanan Mali melaporkan, kedelapan orang itu diusir dari Mali akhir pekan lalu (Sabtu, 24/12). Kedelapan orang itu dikirim keluar melalui Niger yang berada di utara Mali.

Pertengahan Desember ini, Mali mengatakan, sejumlah aktivis Polisario menyusup ke negara itu untuk melakukan pembunuhan terhadap seseorang yang dalam laporan AFP tidak disebutkan identitasnya.

Selain itu, Mali juga telah menangkap beberapa aktivis Polisario yang terlibat dalam penculikan tiga aktivis kemanusiaan dari Eropa bulan Oktober lalu. Ketiga orang itu, dua warga Spanyol dan satu lainnya warga Italia, diculik dari kamp Rabouni yang berada dekat kamp Tindouf yang dikenal sebagai markas Polisario.

Polisario adalah kelompok separatis Maroko yang bermarkas di kamp Tindouf yang berada di wilayah Aljazair. Kelompok ini mengklaim sebagai pemilik Sahara Barat. Sejumlah laporan media dan lembaga riset belakangan ini menyebutkan bahwa kelompok yang berdiri di pertengahan 1970an itu terlibat dalam sejumlah aktivitas kriminal lintas negara. Mulai dari penyelundupan senjata dan narkoba sampai penculikan.

Polisario juga dipercaya terlibat dalam sejumlah aksi terorisme bersama kelompok Al Qaeda di Afrika Utara (AQIM).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s