Mengapa KPK Berani Memeriksa Politisi Muda Tapi Ogah Menyentuh “Trio Big Fish Mafia Pajak”

Inilah pertanyaan yang belakangan berkembang di kalangan aktivis anti-korupsi di negeri ini.

“Mengapa KPK berani memeriksa politisi muda tapi ogah menyentuh tiga pejabat negara yang diduga memiliki kaitan dengan kasus penggelapan pajak dan kejahatan sektor keuangan lainnya?”

Sekjen Asosiasi Pembayar Pajak Indonesia (APPI), Sasmito Hadinagoro, menyebut tiga (mantan) pejabat itu sebagai “Trio Big Fish Mafia Pajak”. Istilah big fish dipinjam Sasmito dari Presiden SBY yang pernah berpesan agar aparat penegak hukum, terutama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berani membongkar kasus-kasus keuangan berskala besar.

Sudah berkali-kali dalam banyak kesempatan dan di media massa Sasmito membeberkan kasus-kasus yang dianggapnya melibatkan mantan Gubernur BI yang kini Wakil Presiden Boediono, mantan Menteri Keuangan yang kini Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur BI kini Darmin Nasution.

“Data-data itu valid dan tak terbantahkan,” ujar Sasmito. Namun tidak bisa membuat Ketua KPK Busyro Muqaddas tergerak untuk mulai memeriksa para pihak yang diduga terlibat.

“Mengapa Busyro Muqaddas tak berani memulai pengusutan kasus ini? Tidak seperti saat ia memeriksa politisi muda seperti Anas Urbaningrum, Andi Mallarangeng dan Muhaimin Iskandar?” tanya Sasmito.

“Ada konsensus apakah antara Busyro Muqaddas dan para penguasa yang takut terseret megaskandal pajak dan pornografi bailout Centurgate yang membobol kas negara triliunan rupiah?” sambungnya.

Anehnya lagi, masih kata Sasmito, di saat heboh perkawinan antara putra Presiden SBY dan putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, KPK justru mem-blow up kasus gratifikasi jaksa sebesar Rp 100 juta dan suap Sekda Semarang senilai Rp 40 juta. Kasus yang terlalu teri untuk raksasa sebesar KPK.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s