Hesham-Rafat Melenggang karena Wibawa Indonesia Hilang

RMOL. Bila memiliki itikad baik, pemerintah harus membantu publik mengetahui proses gugatan Hesham Al Waraq dan Rafat Ali Rizfi di Pengadilan Arbitrase Internasional di Amerika Serikat.

Ini perlu dilakukan agar kesimpangsiuran yang belakangan ini berkembang mengenai gugatan dua mantan pemilik Bank Century itu dapat diluruskan. Di satu sisi, pemerintah juga perlu mengkonsolidasi dukungan publik untuk menghadapi gugatan tersebut.

Di sisi lain, gugatan Hesham dan Rafat memperlihatkan betapa pemerintah Indonesia tidak berwibawa di hadapan hukum internasional. Bagaimana mungkin dua orang yang telah dinyatakan bersalah oleh hukum positif Indonesia dapat melenggang bebas di negara lain.

“Kalau pemerintah Indonesia berwibawa dan jago dalam diplomasi, pemerintah di negara-negara yang dikunjungi kedua orang itu pasti akan membantu membawa mereka ke Indonesia untuk menjalani hukuman. Bahkan di negara-negara yang tidak punya perjanjian ekstradisi sekali pun, kalau diplomasi kita canggih, mereka pasti bisa dibawa ke Indonesia,” kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Teguh Santosa, kepada Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Minggu, 11/9).

“Gunakanlah posisi Indonesia sebagai anggota G-20 dan ketua Asean dalam melobi,” sambungnya.

Di sisi lain, Teguh juga meminta agar kelompok oposisi tidak gegabah memainkan megaskandal danatalangan Bank Century ini. Sebaiknya semua informasi mengenai kasus ini disaring dan diverifikasi sebelum disampaikan kepada publik.

“Megaskandal danatalangan ini adalah kasus yang sangat besar. Sedemikian besarnya hingga kita harus mengeliminir faktor emosi dan kebencian. Ujung dari kasus ini sudah terlihat jelas. Sebaiknya kita fokus untuk membongkar peranan Pak Boediono dan Ibu Sri Mulyani seperti yang sudah dinyatakan BPK dan DPR,” demikian Teguh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s