Aburizal Bakrie: Timor Leste Bisa Tumbuh Sebesar Singapura

RMOL. Kesejahteraan suatu negara tidak ditentukan oleh besar atau kecil ukurannya, juga tidak ditentukan oleh banyak atau sedikit sumberdaya alamnya. Tetapi ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia sebuah negara.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, Singapura beserta Hongkong adalah contoh yang baik untuk premis ini.

Hal tersebut disampaikan Ical ketika berbicara di Kongres III Fretilin di Dili, Timor Leste, Kamis siang (8/9). Ical mendapat kehormatan menjadi tamu pertama yang menyampaikan sambutan di arena kongres partai terbesar di Timor Leste itu.

Timor Leste berpenduduk sekitar 1,2 juta jiwa dengan cadangan minyak yang memadai di sejumlah titik. Belakangan Timor Leste gencar membangun industri pariwisata. Setidaknya 20 partai politik akan mengikuti pemilihan umum yang digelar tahun depan.

Dengan manajemen pemerintahan yang baik, Ical yakin Timor Leste dapat tumbuh seperti Singapura dan Hongkong.

Membangun nasionalisme di tengah masyarakat multilingual seperti Timor Leste, sebut Ical lagi, bukan hal mudah. Namun dalam satu dekade di bawah iklim demokrasi, Timor Leste membuktikan bahwa hal itu bisa dilakukan.

Sebagai bagian dari pemerintahan koalisi di Indonesia, Ical berjanji akan membantu agar Timor Leste bisa segera menjadi anggota Asean.

“Salam persahabatan dari Golkar untuk Fretilin. Kami menyampaikan penghargaan tulus dan semoga kongres berakhir baik dan positif bukan hanya untuk Fretilin tapi juga untuk Timor Leste,” ujar Ical yang juga berharap Fretilin menjadi kekuatan utama di Timor Leste.

Dalam kunjungan ke Dili, Ical membawa rombongan besar, termasuk dua wakil ketua umum dan empat ketua DPP. Di antara yang ikut dalam rombongan Ical adalah Theo Sambuaga, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Hajriyanto Y. Tohari.

Ical juga mengatakan akan mendorong pengusaha Indonesia berinvestasi di Timor Leste sebelum peluang itu direbut pihak lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s