Muslim Indonesia di Rusia Rayakan Lebaran di Hari Selasa!

Umat Muslim Indonesia yang sedang berada di Federasi Rusia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1432 H pada hari ini, Selasa, 30 Agustus 2011.

Menurut rencana, Shalat Ied akan digelar di lapangan tenis di kompleks KBRI di Novokuznetskaya Ulitsa 12, Moskow.

Keterangan yang diperoleh Rakyat Merdeka Online, Selasa dinihari (30/8) dari KBRI Rusia, menyebutkan bahwa keputusan menggelar shalat Id itu telah diputuskan empat hari lalu mengikuti keputusan Dewan Mufti Rusia.

Seperti kebanyakan negara di dunia, baik di kawasan Timur Tengah maupun di Asia Tenggara, Federasi Rusia yang memiliki 20 juta umat Muslim akan merayakan Idul Fitri pada hari ini.

Perbedaan waktu antara Moskow dan Jakarta terpaut selama tiga jam, dimana Jakarta yang berada di timur mendahului Moskow. Kawasan di timur Rusia bahkan berada dalam garis bujur yang sama dengan Indonesia. Namun uniknya untuk tahun ini, Rusia lebih dahulu merayakan Idul Fitri.

Dutabesar Luar Biasa dan Berkuasa untuk Federasi Rusia dan Belarusia, Prof. Hamid Awaludin, akan menjadi khatib dalam shalat Ied itu. Sementara Counsellor/Penanggungjawab Pensosbud dan Pendidikan KBRI Rusia, M. Aji Surya, yang merupakan alumni dari Pondok Modern Gontor didaulat menjadi imam shalat.

Dalam keterangannya, M. Aji Surya mengatakan, perayaan Idul Fitri di KBRI Rusia kali ini terbilang istimewa mengingat ini adalah tahun terakhir Hamid Awaludin bertugas sebagai Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Belarusia. Selain itu, juga untuk pertama kali shalat Ied digelar di lapangan tenis sehingga dapat menampung jamaah dalam jumlah yang lebih banyak.

Aji Surya mengatakan, dalam setiap kali shalat Ied, jamaah yang mengikuti shalat bukan hanya warga Indonesia yang berada di Rusia. Warganegara lain, khususnya dari negara-negara ASEAN dan beberapa negara Muslim seperti Mali, juga “menumpang” shalat di KBRI Rusia.

“Setelah shalat Ied, maka langsung akan diadakan halal bil halal dengan Dubes di Wisma Duta Besar (di sebelah KBRI). Karena musim panas, maka makanan khas indonesia akan disajikan di taman belakang Kedutaan,” ujar Aji Surya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s