Peneliti Konflik: Jangan Terburu-buru Pojokkan Kelompok Tertentu di Balik Bom Buku

Berbagai pihak diminta untuk sementara waktu menahan diri dan tidak mengeluarkan prediksi yang aneh lagi berlebihan mengenai teror bom buku yang terjadi di Jakarta dalam pekan ini. Apalagi sampai menuding bahwa teror bom buku itu adalah perbuatan kelompok-kelompok tertentu yang selama ini dianggap masyarakat memiliki reputasi notorius.

Menurut peneliti konflik dan perdamaian dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Teguh Santosa, bom yang dikemas menyerupai buku yang dikirimkan kepada Ulil Abshar-Abdalla, Ahmad Dani, Kepala Badan Narkotika Nasional(BNN) Komjen Gories Mere dan Japto Soerjosoemarno, dapat dikatakan merupakan modus baru.

Dari wujudnya dapat disimpulkan bahwa bom itu diciptakan oleh pihak yang memiliki keahlian tinggi. Sementara dari daya ledak yang “hanya” low explosive dapat disimpulkan bahwa si pelaku tidak benar-benar berniat menghabisi nyawa korban. Bom itu juga tidak menggunakan timer sebagai alat bantu picu ledak, baik digital maupun mekanis. Sehingga sebetulnya, bila tidak diintervensi bom tersebut tidak akan meledak.

Teguh juga mengatakan, keliru bila ada pihak yang mengatakan bahwa bom buku ini sama seperti bom yang digunakan dalam konflik horizontal di sejumlah daerah di Indonesia beberapa tahun lalu. Bom yang digunakan di daerah konflik beberapa tahun lalu memiliki daya ledak yang hebat karena dimaksudkan untuk menghabisi lawan. Dia khawatir tudingan seperti itu, yang tidak didukung oleh proses penyelidikan dan penyidikan yang memadai dari lembaga-lembaga otoritatif, justru dapat memperpanas suasana.

“Atau, bisa jadi (tuduhan prematur tentang siapa yang berada di balik bom) sengaja disampaikan agar masyarakat berpikir ke arah yang diinginkan oleh si pembuat bom sesungguhnya,” demikian Teguh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s