Negara yang Rapuh dari Centurygate Sampai Cikeusik

Negara tidak hadir ketika anggota Jemaat Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten, diserang oleh kelompok yang tidak dikenal di siang bolong. Juga ketika tiga gereja di Temanggung, Jawa Tengah, kelompok tak dikenal, pun di siang bolong.

“Ini fakta tidak terbantahkan bahwa negara kian rapuh dan tak berdaya menghadapi berbagai masalah,” tulis Forum Bhinneka Tunggal Ika, yang Minggu malam ini (13/2) menggelar aksi sejuta lidi di Bundaran HI.

Forum Bhinneka Tunggal Ika terdiri dari sejumlah kelompok dan organisasi, yakni Srikandi Demokrasi Indonesia, Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika, PB PMII, PP PMKRI, DPP IMM, SMI, PBHI, PBHI Jakarta, Setara Institut, LBH Jakarta, Repdem, Kontras, FPPHR, PPI, Kompak Ciputat, Perempuan Untuk Cinta Damai, Unas, KBRD, Himabudi, KMHDI, GMKI, JIRA, Pergerakan Indonesia, Balai Kebngsaan, Petisi 25, dan GMNI.

Menurut Forum Bhinneka Tunggal Ika, tanda-tanda kerapuhan negara sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu. Misalnya dalam megaskandal dana talangan Bank Century senilai Rp 6,7 triliun, dalam kasus mafia pajak yang melibatkan Gayus HP Tambunan, juga dalam kasus cek pelawat dan suap pemilihan Deputi Gubernur Senior BI. Kerapuhan negara juga terlihat dari ketidakmampuan dalam mengungkap kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir.

Di sektor ekonomi, masih tulis Forum Bhinneka, rezim yang genit ini memaksa Indonesia berkompetensi di kancah pasar bebas tanpa membarenginya dengan persiapan berupa penguatan ekonomi nasional. Negara jelas tidak mempersiapkan perangkat untuk membela hak ekonomi rakyat, baik dari segi modal maupun regulasi. Pun negara tidak peduli memproteksi hak buruh dan cenderung memanjakan kepentingan pemilik modal.

“Kemiskinan, pengangguran, korupsi dan penzaliman terhadap kaum buruh serta kasus-kasus kekerasan berbasis agama menjadi fenomena rutin dari perjalanan rezim SBY-Boediono,” demikian Forum Bhinneka Tunggal Ika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s