Inilah Saran RMOL untuk Para Komentator yang Terhormat

SIDANG pembaca yang budiman, dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Anda yang telah menjadikan Rakyat Merdeka Online sebagai salah satu rujukan informasi.

Kepercayaan Anda ini adalah modal utama bagi kami untuk terus mengembangkan diri. Dan sesungguhnyalah, media massa, apapun bentuknya, hanya bisa bertahan selagi ia masih dibaca. Dus, artinya hidup dan mati sebuah media massa tergantung pada kepercayaan publik terhadap pemberitaannya.

Selanjutnya, perkenankan dalam kesempatan ini kami, redaksi Rakyat Merdeka Online, menyinggung sedikit hal ihwal yang berkaitan dengan penulisan komentar di kolom komentar, yang disediakan pada bagian akhir berita atau artikel. Kami percaya bahwa kita semua memahami berbagai persoalan yang tengah berkembang di tanah air. Mulai dari urusan politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan seterusnya. Kami juga percaya, bahwa kita semua memiliki perspektif dan pendapat pribadi terhadap persoalan-persoalan yang sedang berkembang itu.

Khusus di Rakyat Merdeka Online, dalam beberapa waktu belakangan ini, sejumlah persoalan yang kerap mewarnai pemberitaan kami, antara lain yang berkaitan dengan megaskandal dana talangan Bank Century senilai Rp 6,7 triliun, skandal mafia pajak yang melibatkan Gayus HP Tambunan, skandal penyuapan dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior BI yang oleh sementara kalangan juga disebut sebagai skandal suap travellers cheque. Kami juga kerap menyoroti berbagai kebijakan pemerintah dari sudut pandang yang kritis. Persoalan keberagaman dan toleransi antarumat beragama juga menjadi salah satu materi yang belakangan kerap hadir di layar redaksi.

Kami, sekali lagi, berterima kasih kepada para pembaca yang telah bersedia memberikan pendapat, pandangan dan opininya mengenai pemberitaan tertentu. Namun demikian, kami merasa perlu mengingatkan kita semua, khususnya para pemberi komentar, untuk memperhatikan disclaimer yang dapat Anda temukan di kaki halaman situs berita ini.

Disclaimer itu berbunyi sebagai berikut:

Rakyat Merdeka Online tidak bertanggung jawab atas isi opini pembaca yang disampaikan dalam bentuk surat pembaca atau komentar terhadap berita.

RMOL sangat menganjurkan agar pembaca yang hendak memberikan opini dan pendapat komentar tidak menyinggung suku, agama, ras dan antar-golongan (SARA), tidak menyebarkan fitnah, tidak menggunakan kata-kata kotor, tidak menggunakan nickname atau nama samaran. Pembaca pun sangat dianjurkan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. RMOL berharap surat pembaca dan komentar pembaca digunakan untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran, ide dan gagasan yang konstruktif.

RMOL juga tidak bertanggung jawab atas semua bentuk pelanggaran hukum yang dilakukan pihak lain dengan menggunakan atau memanfaatkan berita atau materi lain yang dipublikasikan RMOL, baik sebagian atau keseluruhan.

Sidang pembaca yang budiman, demikian kami sampaikan. Sekali terima kasih yang setulusnya atas kepercayaan Anda kepada kami. Tentu saja, kami membuka diri atas segala jenis saran yang ingin Anda sampaikan kepada kami untuk terus mengembangkan diri.

Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s