Anwar Nasution: Bailout Bank Century untuk Jarah Uang Negara

Anwar Nasution masih menjabat sebagai ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ketua DPR kala itu Agung Laksono meminta audit investigasi terhadap Bank Century yang menerima kucuran bailout antara November 2008 hingga Juli 2009.

Menurut Anwar Nasution yang berbicara pada peringatan HUT ke 56 ekonom senior DR. Rizal Ramli (Jumat malam, 10/12), ketika ia meninggalkan BPK dan digantikan oleh Hadi Purnomo pada Oktober 2009 laporan audit investigasi Bank Century sudah hampir rampung. Tinggal beberapa dokumen yang diperlukan yang masih dicari. Namun secara keseluruhan, hasil audit investigasi tersebut sudah selesai dan sudah dapat disimpulkan bahwa terjadi pelanggaran aturan dan perundangan dalam pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) oleh Bank Indonesia dan pengucuran dana talangan yang diputuskan dalam rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada dinihari 21 November 2008 untuk Bank Century.

“Kalau menurut BPK itu sudah salah. Tapi soal mau diapakan, itu bukan tugas BPK lagi,” ujar Anwar Nasution.

“Yang minta kepada saya untuk diaudit adalah KPK dan Pak Agung Laksono sebagai Ketua DPR (2004-2009). Permintaan itu agak cepat. Saat saya berhenti, tinggal beberapa dokumen yang dibutuhkan. Tapi bodinya sudah lengkap,” ujarnya.

Anwar juga mempertanyakan, kekuatan apa yang membuat Menteri Keuangan dan Ketua KSSK ketika itu, Sri Mulyani, mengubah sikapnya terhadap usul yang disampaikan Gubernur BI Boediono yang kini adalah Wakil Presiden agar menetapkan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik. Selain mengusulkan status baru untuk Bank Century itu, Boediono juga mendesak agar bank sakit tersebut diberi dana talangan, yang hingga Juli 2009 membengkak hingga Rp 6,7 triliun.

“Mengapa Sri Mulyani rapat sampai pagi. Tadinya tidak setuju. Rapat dihentikan. Tinggal tiga orang (ketua, anggota dan sekretaris KSSK) mereka rapat sebentar. Tiba-tiba (Sri Mulyani) berubah pikiran. Apa yang terjadi? What happened dalam rapat yang sangat cepat itu,” tanya Anwar Nasution.

Dia juga memiliki keyakinan, seperti kasus BLBI dan Bank Bali yang terjadi sebelumnya, kasus Bank Century ini pun dilakukan untuk menjarah uang negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s