Fuad Bawazier Setuju Redenominasi, Tapi Ada Hal Lain yang Harus Diprioritaskan

Redenominasi atau pemotongan nilai pada mata uang adalah gagasan yang cemerlang. Namun saat ini ada hal-hal lain yang patut dijadikan prioritas.

Hal itu disampaikan mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier, kepada Rakyat Merdeka Online, Selasa siang (3/8).

“Pada praktiknya, redenominasi sudah terjadi di masyarakat. Di banyak tempat, di restoran misalnya, harga-harga sudah tidak menggunakan tiga nol lagi. Laporan keuangan juga banyak yang begitu. Tetapi apakah ini prioritas saat ini? ujar Fuad yang pada tahun 2005 pernah menyampaikan ide serupa.

Sambungnya, saat ini yang harus dilakukan adalah upaya riil untuk mendongkrak daya beli masyarakat. Misalnya dengan dua hal, pertama, menaikkan volume kredit untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Volume kredit Indonesia sejauh ini masih sekitar 25 persen dibandingkan volume kredit negara-negara lain di Asia. Prioritas kedua adalan menurunkan disparitas antara deposito dan kredit. Kedua hal ini, sebutnya adalah hal gampang.

“Dari kedua hal ini saja, kelihatannya ada yang salah dengan sistem ekonomi kita. Mestinya, Gubernur BI Darmin Nasution membereskan persoalan itu lebih dahulu,” demikian Fuad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s