Yusril Mau Seret Rizal Ramli ke Tengah Gelanggang?

Tersangka dalam kasus sistem administrasi badan hukum (sisminbakum) Yusril Ihza Mahendra terus mengembangkan sayap dan mengajak sebanyak mungkin tokoh ke tengah arena pertarungan.

Sebagai bentuk perlawanan terhadap status tersangka yang disematkan di pundaknya, mantan Menteri Hukum dan HAM yang juga mantan Menteri Sekretaris Negara itu telah menggugat keabsahan Jaksa Agung Hendarman Supandji. Menurut Yusril, Hendarman tidak punya legalitas menduduki posisi penting itu. Yusril yang diakui sebagai pakar hukum tatanegara telah mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi berkaitan dengan legalitas Hendarman.

Di sisi lain, dia juga telah menyeret Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono. Menurut Yusril, kasus yang dihadapinya sama persis dengan kasus yang dihadapi Boediono saat masih menduduki kursi Gubernur BI. Boediono adalah pihak yang dianggap paling bertanggung jawab di balik skandal dana talangan Bank Century senilai Rp 6,7 triliun. Menurut Yusril, bila kebijakan Boediono sebagai Gubernur BI dan anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) tidak bisa diadili, maka kebijakan dirinya sebagai Menkum HAM yang menyetujui Sisminbakum juga tidak bias diadili.

Yusril juga mengisyaratkan bahwa SBY telah mengetahui keterlibatan Boediono dalam megaskandal itu sebelum keduanya dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden bulan Oktober 2009.

Tokoh berikutnya yang diseret Yusril adalah Kwik Kian Gie, mantan Menko Ekuin yang menurutnya mengetahui kebijakan itu.

Siang ini (Minggu, 1/8), Yusril dijadwalkan mengunjungi Rizal Ramli di Rumah Perubahan, Jalan Panglima V No. 52, Jakarta Selatan. Belum diketahui apa agenda yang akan dibahas kedua tokoh itu. Sementara kalangan memprediksi, Yusril tengah mengumpulkan dukungan dari sebanyak mungkin tokoh. Dengan demikian, masuk di akal bila dia memilih menemui Rizal Ramli yang terkenal kritis terhadap pemerintahan SBY. Kedua tokoh ini, seperti halnya SBY, juga pernah bertugas di Kabinet Persatuan Nasional yang dipimpin almarhum Gus Dur.

Kita nantikan apa yang akan dibicarakan Yusril dan Rizal Ramli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s