News, Notes

Sedikit Hal tentang Sayeeda Warsi, Menteri Muslim Pertama di Inggris

Namanya Sayeeda Warsi.

Lahir di Dewsbury, Yorkshire tahun 1971 dari keluarga Pakistan yang berimigrasi dari Bawal, Gujar Khan, Pakistan ke Inggris, menteri Muslim pertama di Inggris ini juga merupakan salah seorang ketua Partai Konservatif, partai yang dipimpin Perdana Menteri David Cameron.

Sampai saat ini belum jelas benar apa yang menjadi tanggung jawab Warsi. Begitu sebut salah seorang jurubicara pemerintah seperti dikutip CNN.

Dalam kubu oposisi sebelumnya, Warsi dikenal sebagai figur yang bekerja keras untuk merekatkan masyarakat dalam berbagai aksi sosial.

Sebelum menjadi menteri Muslim pertama, Warsi menjadi Muslim pertama yang duduk di barisan depan kursi di ruang Parlemen pada Juli 2007. Ketika itu usianya baru 36 tahun.

Warsi dikenal sebagai figur yang senang berbicara blak-blakan dan bertipe menyerang. Ia yang memiliki latar belakang sebagai pengacara ini memulai karier politik di tahun 2004. Di tahun itu, dia kalah dari politisi Partai Buruh, Shahid Malik, dalam pemilihan anggota Parlemen Dewsbury, West Yorkshire.

Nama Warsi mulai dikenal publik Inggris setelah ia terlibat dalam perdebat sengit dengan pemimpin Partai Nasional Inggris, Nick Griffin, bulan Oktober tahun lalu.

Dalam sebuah program BBC, Warsi menyebut Griffin sebagai manusia palsu yang menghina Islam dan juga Kristen.

“Di sini Tuan Griffin menyerukan ektremisme atas nama Kristen,” ujarnya keras.

Sebulan kemudian, Warsi diserang oleh sekelompok orang yang melemparkan telur ke arahnya di Luton, London. Demonstran mengecam Warsi yang menurut mereka keluar dari batas-batas aturan Islam.

Warsi juga pernah ikut dalam pembebasan seorang guru Inggris, Gillian Gibson, yang ditahan otoritas Sudan karena memperbolehkan murid memberikan nama Muhammad untuk boneka mereka. Bersama Lord Nazir Ahmed, Warsi terbang ke Sudan untuk ikut menegosiasikan pembebasan itu.

Standard

4 thoughts on “Sedikit Hal tentang Sayeeda Warsi, Menteri Muslim Pertama di Inggris

  1. Sebagai seorang MUSLIMAH yang mengimpletasikan bahwa “ISLAM adalah RAHMATTANIL ALAMIEN”, maka, Sayeeda Warsi harus benar-benar bekerja keras dan harus mempunyai militansi tinggi di Negara yang penganut ISLAM hanya merupakan golongan minoritas, dengan apa yang dilakukan oleh Sayeeda Warsi, jelas mendapat tantangan yang keras dari golongan lain sekaligus juga mendapatkan tantangan yang keras dari golongan ISLAM aliran keras, sehingga dalam kurun waktu belasan tahun Sayeeda Warsi mengalami kecaman-kecaman yang luar biasa . . lepas jadi Menteri yang kurang berperan dalam pengambilan keputusan atau menteri yang berperan “yang jelas Sayeeda Warsi menjadi salah satu Menteri di Inggris merupakan bentuk pengakuan Pemerintahan Inggris terhadap kebenaran ISLAM”

  2. hadiah says:

    Saya kira pemerintahan Inggris atau Europa yang menerima atau mengangkat Sayeeda Warsi sebagai menteri bukan berarti Islam itu benar atau salah, tetapi figuur Warsi yang bisa menerima atau memperjuangkan missi orang Inggris tau Europa itu sendiri..Disini kita terlalu terjebak kedalam kasanah keagamaan. Padahal orang europa tidak melihat agama orang tersebut tetapi mereka melihat kamampuan orang bisa atau tidak hidup bersama dng manusia didunia ini, chususnya di Europa.Mungkin Europa nanti menemukan ratusan juta manusia seperti Warsi, Itu maunya kita dan seluruh Europa menjadi Islam dan mungkin memakan waktu ribuan tahun lagi.Dan kita tidak mengalami atau menemuinya jaman itu. Ah ini utopie bukan ?

  3. baguslah akhirnya ada juga muslimah yang bisa menduduki kursi di UK, setidaknya ini menjadi satu sangkalan dari spekulasi Huntington bahwa Barat dan Islam bisa duduk bersama untuk kepentingan bersama…

    dan lagi, jangan kita lupakan juga Mbak Sri Mulyani…

  4. Ki Ageng says:

    Ini hanya strategi ‘Imaging’ Inggris (barat), supaya mereka bisa dianggap telah bisa menerima Islam, berlaku baik dan adil terhadap dunia Islam. Tetapi sejatinya tidak, hanya kamuflase. Inggris Raya tetap Memusuhi Islam hingga detik ini!

    Ingat sejarah kelam Inggris:
    – Berperan utama dalam pendirian negara Israel dengan mengusir bangsa Palestina dari tanahnya dan tetap mendukung Israel hingga detik ini atas semua tindakan terorismenya.
    – Berperan utama dalam pasukan Nato menginvasi Iraq dan Afghanistan.

    So people, don’t buy UK’s propaganda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s