Cerita di Balik Endorsement Gus Dur untuk Buku “Membongkar Gurita Cikeas”

skandal bailout bail out dana talangan bank century sri mulyani boediono SBY

Advertisements

“Bukankah SBY berkata akan memimpin sendiri pemberantasan korupsi di negeri ini?” begitu endorsement yang diberikan Gus Dur untuk buku “Membongkar Gurita Cikeas” karya George Junus Aditjondro.

Endorsement itu diletakkan di sampul muka, di bawah gurita merah bermahkota ala raja Jawa dan bermata nyalang yang menjadi figur utama, diikuti tulisan “Abdurrahman Wahid, Mantan Presiden Republik Indonesia”.

“Saya mengenal Gus Dur dan sering bekerja sama dengan beliau sejak akhir 1970-an. Gus Dur adalah salah seorang tokoh Islam Indonesia yang menjadi mata rantai penting yang menghubungkan LSM dengan kelompok Islam,” ujar George kepada Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Kamis, 31/12).

Mereka sama-sama aktif di organisasi yang kemudian menjadi INFID atau International NGO Forum on Indonesian Development. Ini adalah sebuah organisasi yang menekan pemerintah Indonesia dalam sejumlah isu yang berkaitan dengan pembangunan dan keadilan serta perlindungan HAM. George dan Gus Dur juga aktif membela masyarakat Kedung Ombo di Sragen, Boyolali dan Grobogan, yang dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka karena kawasan itu hendak dijadikan waduk pada era 1980-an.

“Setelah Gus Dur tidak jadi presiden, kami juga masih bekerja sama menolak PLTN di Jepara. Gus Dur kan sempat mengancam mogok makan bila proyek itu dilanjutkan. Nahdlatul Ulama di Jepara juga sepakat dengan Gus Dur dan mengeluarkan fatwa haram untuk tenaga listrik nuklir. Sikap NU Jepara ini berbeda dengan sikap PB NU.

Ketika sedang mempersiapkan buku “Membongkar Gurita Cikeas”, George mencari cara agar umat Muslim Indonesia termotivasi membaca buku ini.

Akhirnya pilihan jatuh ke Gus Dur.

Adalah pihak penerbit Galang Press yang mendatangi Gus Dur. Mereka memberitahu bahwa penulisnya adalah George Junus Aditjondro, sahabat lama Gus Dur. Lalu, sinopsis pun dibacakan untuk Gus Dur.

“Kami sengaja mencantumkan Gus Dur dalam kapasitas sebagai mantan presiden. Ini kami maksudkan sebagai kritik dari mantan presiden. Gus Dur pun setuju,” demikian GJA.

1 thought on “Cerita di Balik Endorsement Gus Dur untuk Buku “Membongkar Gurita Cikeas””

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s