Notes

Hehehe, Kalau Pidato Nanti Jadi Curhat Lagi

Tanggal 10 Desember setiap tahun diperingati sebagai Hari Hak Azasi Manusia Se-Dunia. Berbeda dengan Hari Anti Korupsi, Presiden SBY tak memberikan sepatah kata pun untuk menyambut peringatan Hari HAM tahun ini.

Apakah gerangan yang terjadi? Apakah Presiden SBY lupa? Atau sebenarnya telah menjadwalkan, tetapi tidak akan menyampaikannya di malam menjelang peringatan Hari HAM? Atau, memang tidak mau?

Kalau tidak mau, mengapa? Apakah karena dinilai kurang prestisius? Atau apakah karena tidak berkaitan dengan kepentingan Presiden SBY untuk menangkis serangan lawan? Atau karena apa?

Yang jelas, saat berita ini diturunkan Presiden SBY sedang berada di Bali untuk menghadiri Bali Democracy Forum yang akan diselenggarakan siang nanti (Kamis, 10/12). Didampingi Ani Yudhoyono, Menteri Perdagangan Mari E. Pangestu, Menteri Perindustrian MS. Hidayat, dan dua Jurubicara Presiden Dino Patti Djalal dan Julian A. Pasha, rombongan SBY tiba di Bali sekitar pukul 15.00 WITA (Rabu, 9/12). Sebelum ke Bali, di Istana Negara, Presiden SBY membuka “Workshop Revitalisasi Industri Pertahanan”.

Kenyataan bahwa SBY tidak atau belum menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari HAM ini dijadikan bahan pembicaraan banyak orang. Tidak hanya dalam pembicaraan langsung, namun juga dalam pembicaraan di dunia maya, misalnya dengan menggunakan Facebook.

Di halaman Facebook, seorang mantan wakil rakyat dari salah satu partai besar menyindir SBY. Di kolom statusnya, sang mantan wakil rakyat itu bertanya: “Kok tidak ada pidato ya, padahal besok (10 Desember) kan Hari Hak Azasi Manusia. Hmm memang citra diri ternyata lebih penting dari HAM.”
Beberapa teman si mantan anggota Dewan dengan tak kalah tajam ikut menyindir SBY. Ada yang mengatakan: “Itulah masalahnya punya pemimpin yang lebih mementingkan pencitraan. Akibatnya arogan dan bisa-bisa diktator.” Ada juga yang berkata: “Hehehe kalau pidato, nanti jadi curhat lagi.”

Seorang komentator lainnya berkata: “Nanti kang, kalo ada Hari Pencitraan Nasional, pasti pidatonya tiga jam.”

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s