Rizal Ramli dan Prabowo, Duet?

rr-bowo

DUET Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla dipandang sudah klop dan berkelanjutan. Kini ada wacana lain yang bisa maju ke Pemilihan Presiden: duet Prabowo Subianto-Rizal Ramli. Bagaimana kemungkinan mosaik politiknya?

Analisa Herdi Sahrasad, dikutip dari inilah.com.

Para analis melihat duet SBY-JK bakal dilanjutkan dan relatif kuat. Analis melihat cukup sulit menandingi duet SBY-JK. Apalagi, Partai Demokrat dan Partai Golkar, pendulum utama mereka, meraup suara terhitung dominan pada Pemilu 2009.

Salah satu alternatif lawannya yang digadang-gadang sejumlah partai adalah duet Prabowo-Rizal Ramli. Duet ini disebut-sebut sebagai salah satu alternatif dari Blok Megawati-Gerindra dan Blok Perubahan.

“Sebagai suatu opsi politik, duel SBY-JK versus Prabowo-RR akan menjadi pertarungan seimbang,” kata Umar S Bakry MA, Direktur Lembaga Survei nasional.

Prabowo memang membutuhkan pasangan untuk memperjelas gagasan pembangunan ekonomi kerakyatan yang diusungnya. Dan, teknokrat ekonomi Rizal Ramli bisa cocok untuk berduet. Munculnya pasangan Prabowo-Rizal ini menjadi alternatif dari nama sebelumnya yang sudah ramai dibicarakan yakni Prabowo-Sultan Hamengku Buwono X.

Sejumlah analis politik mengingatkan bahwa jika Prabowo berduet dengan Sultan Hamengku Buwono X maka akan terjadi ‘inses politik’ karena sama-sama dari Jawa. Duet ini bisa saja mengalami nasib seperti Amien Rais-Siswono Yudhohusodo pada Pemilu Presiden 2004: tak laku!

Gagasan Permadi dari Gerindra untuk mengajukan duet Prabowo-Sultan bakal membuat nasib Prabowo bisa seperti Amien Rais-Siswono yang elektabilitasnya tidak meluas. Isu Jawa-luar Jawa seringkali amat sensitif di era globalisasi dewasa ini, dimana etnisitas dan lokalitas politik kian menguat.

Pertanyaannya, langkah mana yang akan diambil PDIP pimpinan Megawati-Taufik Kiemas dalam menghadapi Pilpres 2009? Mengajukan Prabowo-Sultan atau Prabowo-Rizal Ramli, masih belum bisa dipastikan.

Tapi, ada skenario yang muncul, kalau PDIP mengusung Sri Sultan HB X dengan Prabowo Subianto, maka yang terjadi, ruang SBY-JK untuk menang jauh terbuka.

Kita masih menanti pilihan Megawati apakah duet Prabowo-RR atau Prabowo-Sultan untuk berhadapan dengan SBY-JK yang kian kuat bakal melenggang ke bursa pilpres 2009.

Published by

TeguhTimur

Born in Medan, lives in Jakarta, loves Indonesia.

2 thoughts on “Rizal Ramli dan Prabowo, Duet?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s