Notes

Cerita Lama tentang Identitas dari Helen Ong

AH, cerita ini kedengaran tidak asing sepertinya.

Seorang keturunan Tionghoa (atau kalau mau boleh pakai istilah keturunan Cina, suku mata sipit hehehe, atau apalah – I don’t care), lahir dan besar di Indonesia, mengabdikan diri untuk Indonesia tapi di Indonesia oleh orang-orang tertentu di bilang Cina, Cina.

(Ah, jangan panggil aku Cina, kayak sinetron ya? hehehe…)

Sementara kalau di Cina dibilang orang asing karena ga bisa bahasa Cina sama sekali. Bisanya cuman “Ni Hao Ma?” dan “Hao Che”…

Identitas itu penting, aku rasa, karena setiap manusia pasti punya naluri untuk mencari identitas dirinya. Buktinya kalau ada anak yang diadopsi, sebaik apapun keluarga angkatnya pasti suatu hari nanti dia akan kepingin juga cari tahu siapa orang tua kandungnya (menurut cerita sih… ).

Tapi engga peduli apa pun skenarionya, menurut saya identitas berdasarkan pengakuan masyarakat ini engga perlu dipaksakan. Kalo orang Melayu bilang, “Dibikin senang saja …”

Artinya jangan dibuat ribet.

Kalo orang mau menerima dan mengakui kita, ya diterima dan disyukuri. Tapi kalau engga, juga engga apa-apa. Toh itu hak mereka juga.

Saya dibesarkan di lingkungan yang sangat “menjunjung tinggi” arti perbedaan suku, ras dan agama. Jadi saya tahu betul gimana rasanya berada di sana. Tapi bagaimana pun juga, semuanya kembali kepada diri kita masing-masing karena identitas itu ada dalam diri kita dan tergantung bagaimana kita melihat diri kita sendiri.

Saya percaya kalau kita tetap melakukan yang baik, pasti mata dunia juga akan terbuka juga dan akhirnya berbalik menerima kita.

Kalau pun mereka tetep “menjunjung tinggi” perbedaan-perbedaan tersebut dan engga mau menerima kita, yaaah, toh kita tetap bisa puas dengan menjadi warga negara dunia alias people of the world.

Engga harus menjadi bagian dari satu negara untuk memiliki identitas karena identitas itu lahir dari dalam setiap diri kita, bukan dari orang pandangan orang lain.

Wasalam,
Helen Ong

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s