Barack Obama, News

Obama Kunjungi Irak Diam-diam

obama naouri al maliki

“ANDA telah memberikan kesempatan kepada Irak untuk berdiri di atas kaki mereka sendiri. Itu adalah prestasi yang luar biasa.”

Begitu kata Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama di depan tentara AS di Baghdad, Irak, hari Selasa. Kunjungan ini tidak diumumkan sebelumnya. Ini adalah kunjungan ketiga Obama ke Irak dan kunjungan pertama sejak dia menjadi presiden AS.

Sebanyak 4.265 tentara Amerika Serikat tewas sejak negara itu menyerang Irak bulan Maret 2003. Pemerintahan George W. Bush ketika itu berkeyakinan bahwa Irak tengah mengembangkan senjata pemusnah massal. Walau tanpa restu PBB, Amerika Serikat dan sekutu utamanya, Inggris, tetap melancarkan serangan ke Baghdad dan menggulingkan pemerintahan Saddam Hussein.

Di depan tentara AS, Obama yang ikut mengecam serangan itu mengatakan sudah tiba saatnya bagi rakyat Irak untuk mengambil tanggung jawab .

“Ini adalah saatnya kita menyerahkan kekuasaan kepada rakyat Irak,” ujar Obama yang telah memutuskan mengurangi jumlah pasukan AS di Irak dan memindahkannya ke Afghanistan.

Dalam kunjungan itu Obama juga bertemu dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki.

Mengenai pertemuannya dengan Nouri al-Maliki, Obama mengatakan dirinya mendorong agar pemimpin Irak segera menyatukan semua kekuatan politik yang ada, termasuk melibatkan kaum Sunni dalam pemerintahan dan pasukan keamanan.

Rencana kunjungan ke Irak ini, seperti dilaporkan Associated Press memang dirahasiakan. Begitu keluar dari Air Force One Obama langsung dikawal dengan ketat oleh tentara AS.

Pesawat yang membawa Obama mendarat hanya beberapa jam setelah sebua bom mobil meledak di salah satu pemukiman Syiah di Baghdad.

Di bandara Obama disambut Jenderal Ray Odierno, komandan pasukan AS di Irak, sebelum berangkat menuju Pangkalan Victory, pusat komando pasukan Amerika Serikat di Irak.

Jurubicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan Obama sengaja memilih Irak selain karena dekat dengan Turki yang dikunjungi Obama setelah berkeliling Eropa, juga karena saat ini pemerintahannya tengah mengambil solusi politik untuk menyelesaikan pendudukan AS di Irak.

Dalam pemerintahannya yang berusia belasan minggu, Obama telah mengambil keputusan untuk menarik pasukan AS dalam 19 bulan. Sebanyak 50 ribu tentara AS akan tetap disiagakan di Irak untuk mencegah aksi terorisme.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s