Barack Obama

Obama: Amerika Tak Akan Perangi Islam

AMERIKA Serikat (AS) tidak sedang berperang dengan Islam. Demikian disampaikan Presiden AS Barack Obama dalam kunjungan kenegaraannya ke Turki.

Dikutip dari detik.

Dalam pidatonya di parlemen Turki, Obama menyebut Turki sebagai sekutu penting AS. Obama juga menyerukan ikatan yang lebih luas antara AS dan dunia Islam.

“Biar saya katakan ini sejelas mungkin,” tutur Obama seperti dilansir News.com.au, Selasa (7/4/2009).

“AS tidak sedang dan tidak akan pernah berperang dengan Islam. Bahkan, kemitraan kami dengan dunia muslim adalah penting dalam menghalau ideologi terpinggir yang ditolak orang-orang dari semua keyakinan,” tegas Obama.

“Kami akan mendengarkan dengan seksama, menjembatani kesalahpahaman… Kami akan menghormati, bahkan ketika kami tidak setuju,” tutur Obama.

Dikatakan Obama, hubungan AS dan Turki yang mayoritas penduduknya Islam, telah membuat negara “lebih aman”. Dan aliansi itu, ujar Obama, bisa digunakan untuk menjembatani perbedaan agama dan budaya antara Barat dan muslim.

Obama juga menyinggung pengalamannya tinggal di Indonesia.

“AS telah diperkaya dengan warga muslim Amerika. Banyak warga Amerika lainnya memiliki orang-orang muslim di keluarga mereka atau pernah tinggal di negara mayoritas muslim. Saya tahu ini karena saya salah satu dari mereka,” tandasnya.

Dalam pidatonya itu, Obama menjanjikan program-program tertentu di bidang perdagangan, pendidikan dan layanan kesehatan di dunia muslim.

Standard

One thought on “Obama: Amerika Tak Akan Perangi Islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s