Wartawan Rakyat Merdeka Tulis Kata Pengantar Buku Ibu Obama

ann-dunham

WARTAWAN Rakyat Merdeka Teguh Santosa mendapat kehormatan dari keluarga Barack Obama untuk menuliskan kata pengantar pada buku yang diangkat dari disertasi ibunda Obama, Dr. Stanley Ann Dunham-Soetoro.

Dikutip dari myRMnews.

Dengan ketebalan lebih dari 1.000 halaman dan dibagi dalam tiga volume, disertasi yang diselesaikan Ann Dunham tahun 1992 itu diberi judul Peasant Blacksmithing in Indonesia: Surviving and Thriving Against all Odds.

Ann Dunham menyelesaikan pendidikan master dan doktoralnya di University of Hawaii at Manoa (UHM). Ia bergabung dengan universitas itu sesaat setelah kedua orangtuanya pindah ke Hawaii di tahun 1960, atau setahun setelah Hawaii resmi menjadi negara bagian ke-50 Amerika Serikat.

Di kampus UHM jugalah Ann Dunham bertemu dengan Barack Hussein Obama Senior, ayah kandung Barack Obama. Mereka menikah Februari 1961 di Pulau Maui, Hawaii. Bulan Agustus 1961 Obama Junior lahir di Honolulu, Hawaii. Namun pernikahan itu tidak berlangsung lama. Mereka berpisah di tahun 1964 setelah Obama Senior memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke Harvard.

Tahun 1967 Ann Dunham menikah dengan pria Indonesia, Lolo Soetoro. Di tahun itu juga ia berangkat ke Jakarta membawa Obama Junior. Ann Dunham jelas jatuh cinta pada Indonesia. Dia memutuskan untuk bekerja dan melakukan penelitian di Indonesia. Dia memulai kariernya sebagai asisten direktur Lembaga Indonesia Amerika di Jakarta antara 1968 hingga 1969. Lalu antara Januari 1970 hingga Agustus 1972 ia menjadi salah seorang direktur Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LPPM).

Tahun 1973 Ann Dunham pulang ke Hawaii bersama Maya, anaknya dari Lolo Soetoro yang lahir di bulan Agustus 1971, untuk menyelesaikan pendidikan master di jurusan antropologi UHM. Tahun 1977 dia kembali ke Jakarta dan bekerja sebagai instruktur di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan setahun kemudian menjadi konsultan di kantor International Labor Organization (ILO) di Jakarta. Antara Oktober 1978 hingga Desember 1980, Ann Dunham menjadi konsultan pembangunan pedesaan USAID di Departemen Perindustrian. Di masa ini, Ann Dunham sering mengunjungi desa-desa terpencil di pedalaman Jawa Tengah untuk membantu kelompok perempuan miskin yang ditemuinya disana.

Selesai dengan USAID, antara Januari 1981 hingga November 1984 Ann Dunham menjadi supervisor program pemberdayaan perempuan dalam pembangunan di kantor Ford Foundation Asia Tenggara di Jakarta. Dia juga pernah bekerja sebagai konsultan mikrokredit untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Bulan November lalu, menyusul kemenangan Obama dalam pemilihan presiden Amerika Serikat, penerbit Mizan menerbitkan dua dari sepuluh bab disertasi itu dengan judul “Pendekar-pendekar Besi Nusantara: Kajian Antorpologi tentang Pandai Besi Tradisional di Indonesia”.

Selain Teguh, ketua komite penguji disertasi Ann Dunham, Profesor Alice Dewey, juga ikut menuliskan kata pengantar untuk buku tersebut.

Menurut Teguh yang kini sedang menyelesaikan pendidikannya di jurusan ilmu politik University of Hawaii at Manoa (UHM), proses penerbitan buku itu dimulai hampir setahun lalu. Awalnya, Profesor Dewey yang banyak bercerita mengenai disertasi ibu Obama, dan keinginan ibu Obama sebelum meninggal dunia agar disertasi itu diterbitkan di Indonesia dalam bahasa Indonesia.

Dalam sebuah pertemuan, Maya Soetoro yang juga meraih gelar doktor dari UHM menyetujui penerbitan disertasi ibunya ke dalam bahasa Indonesia.

Saat ini menurut Teguh, ia dan Profesor Dewey sedang berupaya agar bab-bab lain dalam disertasi itu juga dapat diterbitkan di dalam bahasa Indonesia.

“(Ann Dunham) bukan sekadar perempuan yang melahirkan dan membesarkan Obama. Lebih dari itu, Ann Dunham adalah teman diskusi yang turut membentuk pemahaman Obama mengenai realita dunia di luar Amerika Serikat. Membuat Obama mengerti dan menyadari bahwa berbagai perbedaan yang ada di muka bumi ini, sesuatu yang fitrah dan given, mestilah dijembatani dengan dialog, bukan dengan mesin perang,” demikian Teguh dalam kata pengantarnya.

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s