Penasihat Republik Mimpi Kunjungi Rumah Nenek Obama

DR. Effendy Gazali yang di layar kaca dikenal sebagai Dik Pendi sang penasihat presiden Republik Mimpi, berencana menyambangi kampung halaman Barack Obama, Hawaii.

maya-dan-alice22Kunjungan pakar komunikasi politik Universitas Indonesia itu dimaksudkan untuk mengetahui sejarah dan setting sosial yang ikut membesarkan dan membentuk karakter Obama yang telah terpilih secara meyakinkan sebagai presiden Amerika Serikat.

Effendy dan rombongan yang sejak awal bulan ini telah berada di mainland Amerika Serikat akan mengunjungi rumah nenek Obama, Madelyn Lee Payne Dunham, di kawasan Makiki, di persimpangan Jalan Beretania dan Jalan Punahou. Di apartemen inilah, antara lain, Obama dibesarkan kakek dan neneknya.

Madeyn Dunham yang sejak beberapa tahun terakhir mengidap osteoporosis meninggal dunia sehari sebelum pemilihan presiden Amerika digelar. Dia adalah wanita yang ikut membesarkan Obama, saat Obama menyelesaikan pendidikannya di Punahou School antara 1971 hingga 1979.

Foto: Maya dan Prof. Alice Dewey saat kampanye Barack Obama di kampus University of Hawaii at Manoa, bulan Februari lalu.

Selain berkunjung ke apartemen nenek Obama, Effendy Gazali juga berkeinginan bertemu Maya Soetoro-Ng, adik Obama.

Namun informasi yang diperoleh menyebutkan pertemuan itu sulit untuk dilakukan. Maya Soetoro-Ng sampai berita ini diturunkan masih enggan untuk memberikan pernyatan kepada media massa. Informasi yang diperoleh myRMnews menyebutkan Maya masih merasa berduka atas kematian nenek mereka.

Dia bersama suaminya, Konrad Ng, dan anak mereka, Suhaila, berencana akan menghabiskan akhir pekan di North Shore.

Dalam kunjungan ke Hawaii ini, Effendy juga akan bertemu dengan Prof. Alice Dewey dari jurusan antropologi University of Hawaii at Manoa (UHM), yang merupakan salah seorang teman dekat almarhumah Ann Stanley Dunham, ibunda Obama.

Prof. Alice Dewey yang juga salah seorang penstudi Indonesia di Hawaii merupakan ketua komite penguji disertasi Ann Dunham tahun 1992 silam.

Di tahun 1980an, Ann Dunham dan Maya Soetoro sempat tinggal beberapa bulan lamanya di rumah Prof. Alice Dewey di kawasan Manoa Valley.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s