Chatroom

Taufik Hidayat, Lontong, dan “Nasionalisme”

Muka tim Piala Thomas tuan rumah diselamatkan Simon Santoso. Tunggal terakhir Indonesia ini mengalahkan tunggal Thailand, Pakkawat Vilailak dengan dua set langsung 21-11 dan 21-9. Di bawah ini adalah pembicaraan penuh caci-maki dengan seorang jurnalis “koran besar” yang meliput pertandingan itu.

Berita kemenangan Simon klik disini. Cerita lain di chatroom klik ini.

You currently appear offline to jan_daperste

teguh_timur
masih percaya sama taufik hidayat?

jan_daperste
taufik was the most talented player ever borned on earth
cuma
kelakuan dia memang sangat menyebalkan
memuakkan
kadang setengah menjijikkan
bikin kita teriak anjing tiap kali dia asal mengembalikan bola
tapi ya itu dia
ga ada pemain dengan bakat seperti taufik

teguh_timur
jangan mengada2. sesungguhnya kenapa kita seperti “rindu tapi benci” pada taufik adalah karena “substansi” yang dia wakili, yakni “kebanggan” akan “perasaan” sebagai sebuah “bangsa” yang sedang terpuruk

jan_daperste
udah guh

teguh_timur
dengan demikian, maka selamatkan saja substansinya yang penuh tanda kutip itu

jan_daperste
ga sah ngomong nasionalisme

teguh_timur
ini bukan soal nasionalisme
perhatikan tanda kutip yang aku berikan untuk kata dan idiom itu

jan_daperste
ini murni sport
olahraga
bukan soal benci atau rindu dia menang

teguh_timur
aku sarankan, mulai dari sekarang berilah liputan yang besar untuk simon santoso

jan_daperste
jadi jangan terlalu rumit analisamu

teguh_timur
biar semangatnya terus terpacu

jan_daperste
susah kalau lu ga pernah liputan olahraga

teguh_timur
biar dia menang terus
kadang2 mengambl jarak itu bagus

jan_daperste
ya memang begitu

teguh_timur
jangan dikit2 si taufik didewakan (tanpa tanda kutip)

jan_daperste
fyi
taufik itu disegani kawan dan lawan karena bakat alamnya itu

teguh_timur
kagak ada bakat alam si taufik itu. seperti nasionalisme, bakat alam si taufik itu juga imajinatif, diciptakan oleh orang2 seperti mu yang gampang mendewakan’

jan_daperste
jadi bukan cuma gw yang notabene sama-sama pake kaos bergambar burung garuda di dada
hahahahahahahahahahaha

teguh_timur
jelas2 lontong

jan_daperste
enggak ada yang mendewakan dia
guh….
di olahraga harus diakui ada orang yang memang berbakat
nadia comaneci itu bukan karena latihannya lebih dari yang lain

teguh_timur
orang indonesia gampang takluk sama yang extravagan, ganteng, pesta pesta

jan_daperste
maka dia dapat nilai 10

teguh_timur
kita lagi ngomongin si taufik coi

jan_daperste
ini orang rumania yang dah jadi warga as lho guh
kita ngomong dalam konteks sport ya
lewis hamilton baru nyetir f1 tuh tahun lalu

teguh_timur
iya, ini 100 persen olah raga, dan cara manusia melihatnya

jan_daperste
tapi lu liat sendiri
paling jelas ya lu liat di sepak bola

teguh_timur
ini soal si taufik

jan_daperste
nah orang-orang kayak maradona, taufik, nadia, lewis hamilton
itu bagian dari segelintir orang

teguh_timur
dan manusia “indonesia” yang mendewakannya. keterlaluan

jan_daperste
ibarat serial film holywood
mereka adalah “heroes” di dunia olahraga

teguh_timur
coba dihapus nama taufik. jangan letakkan di sebelah maradona
ter.la.lu.

jan_daperste
bukan mendewakan guh
bedakan dong
mengakui dia punya bakat alam yang enggak pernah dimiliki pemain bulu tangkis mana pun

teguh_timur
orang gak sportif kok dianggap punya talenta di bidang sport

jan_daperste
bahkan sekaliber rudi hartono atau yang yang
lu mau bilang apa kalau maradona masukin bola pake tangan ke gawang peter shilton

teguh_timur
ya gak apa, biarin aja soal gol tangan tuhan itu

jan_daperste
ga sportif tapi punya talenta

teguh_timur
ini soal taufik yang diciptakan media

jan_daperste
fyi guh
banyak media yang ga suka dia

teguh_timur
mulai dari liputan serius yang kau lakukan sampai infotainmen

jan_daperste
jadi lu salah kalau bilang banyak orang mendewakan taufik
taufik itu satu aja kelebihannya
dia pemain berbakat yang bahkan ga perlu dilatih pelatih hebat
buat jadi juara olimpiade
dan menyebalkannya

teguh_timur
bicara soal kelebihan dan kekurangan. taufik ini kekurangannya hanya satu: gak punya kelebihan. standar

jan_daperste
ini yang menyebalkan guh
ini yang menyebalkan guh
gua harus ulang dua kali biar lu ngeh

teguh_timur
tuh, sudah melihatkan emosi

jan_daperste
taufik tahu kalau dia punya bakat besar
jadi ibaratnya, kalau ada cewe cakep terus sadar dia cakep
nah biasanya neh cewe suka jual maha
sama kalau ada cowo ganteng tahu dirinya ganteng
nah kasus taufik
dia tahu dia punya bakat besar
maka dia pilih-pilih aja turnamen mana yang menguntungkan buat dia
maka
jangan lu harap dia bisa menang di turnamen super series (ini kategori paling tinggi dalam seri kejuaraan bulu tangkis dunia) seperti korea terbuka, jepang terbuka, atau bahkan indonesia terbuka
tapi kalau dah olimpiade atau asian games
pasti dia juara
ibaratnya, kalau dia mau juara di satu turnamen, pasti dia juara
itu yang membuat pemain nomor satu dunia dari china, si lin dan kesel banget ama dia
dah tengil
tapi kalahnya cuma di turnamen ecek-ecek
lin dan ga pernah bisa ngalahin dia di turnamen besar kayak asian games atau olimpiade

teguh_timur
itulah lontongnya
terakhir, closing remark lu apa. ini mau gua posting di blog gua

jan_daperste
ya lontongnya cuma dia tahu dia berbakat besar dan ga ada pemain dengan bakat seperti dia di dunia
itu closing remark gw

teguh_timur
ok. gua posting sekarang

jan_daperste
taufik tahu dia punya bakat besar dan ga ada pemain dengan bakat seperti dia
makanya sesuka-suka dia la

teguh_timur
biar dunia tahu si taufik lontong, dan gua gak bicara soal “nasionalisme”

jan_daperste
ya memang ga bicara nasionalisme
makanya lu kalau gw cerita jangan asal main potong aja
dari tadi gw ga nyinggung soal nasionalisme
jadi kayak sekarang
ga sah heran kalau untuk turnamen (yang katanya piala dunianya bulu tangkis), taufik bisa seenaknya saja “mengalahkan” diri dari pemain thailand antah berantah

Standard

5 thoughts on “Taufik Hidayat, Lontong, dan “Nasionalisme”

  1. Wah mau berbicara nasionalisme atau kenyataan?

    Kalo nasionalisme ya mari kita dukung siapa saja, kalo kenyataan Taufik memang payah :))

  2. putra says:

    Dialognya lucu. kayaknya speed tinggi nih, kelihatan saling memotong. tapi teman lamanya mas?

    Ohya, “koran besar” yang dimaksud apa? kok pakai tanda kutip juga? hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s