Wilders: Al Quran Tak Cocok dengan Budaya Belanda

WALAU tak ada bukti konkret, namun pemerintah Belanda telah menaikkan tanda peringatan bahaya terorisme ke tingkat substansial.

Ini adalah level tertinggi kedua dalam sistem peringatan bahaya terorisme di negara kincir angin itu.

BBC melaporkan, peringatan tanda bahaya terorisme itu dinaikkan ke tingkat substansial, antara lain menyusul rencana anggota parlemen Belanda, Geert Wilders, menyiarkan film produksinya yang berjudul “Fitna”.

Film berdurasi 15 menit itu bercerita tentang Al Quran. Menurut Wilders, dia hendak memperlihatkan, betapa Al Quran adalah sumber inspirasi sikap intoleransi, pembunuhan, dan teror.

Kelompok Islam di negeri itu jelas memprotes rencana Wilders yang dianggap sebagai black campaign terhadap ajaran Islam. Beberapa negara Islam, seperti Pakistan dan Iran, juga sudah mengecam rencana ini.

Perdana Menteri Belanda, Jan Peter Balkenende, ikut mengecam rencana Wilders yang juga Ketua Partai Kemerdekaan Belanda. Balkenende mengatakan, penayangan film itu akan memperkeruh keadaan dan mendatangkan bahaya bagi Belanda.

Sebuah harian Belanda yang telah menyaksikan footage “Fitna”, mengatakan, film itu menampilkan gambar-gambar pembunuhan di beberapa negara Islam yang menurut Wilders diinspirasi oleh Al Quran.

Di masa lalu, menurut BBC, Wilders pernah melontarkan gagasan agar Al Quran dilarang beredar di Belanda, dan diperlakukan sama seperti autobiography Adolf Hitler, Mein Kampf.

Menurut Wilders, Al Quran tidak cocok dengan budaya Belanda. Dia juga mengatakan, bahwa kebudayaan Belanda lebih tinggi dari kebudayaan Islam.

Dia pun sempat melontarkan gagasan agar imigran yang berasal dari negara Muslim harus berasimilasi dengan kebudayaan Belanda dengan menanggalkan sisi fasis dan intoleransi yang berasal dari Al Quran.

Sejak tahun 2004, menyusul pembunuhan sutradara Theo Van Gogh, polisi juga telah meningkatkan pengawalan terhadap Wilders yang memang dikenal sebagai tokoh ultra kanan. guh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s