Hujan 24 Jam, Banjir Ancam Honolulu

Hujan nyaris tanpa henti juga mengguyur Honolulu dan sekitarnya sejak Sabtu malam hingga Minggu malam waktu setempat, atau Minggu siang hingga Senin siang WIB (5/10). Dikhawatirkan banjir kembali terjadi seperti tiga tahun lalu.

Saat berita ini diturunkan awan hitam masih bergantung rendah di langit ibukota Hawai itu. Angin bertiup kencang, hujan tetap mengguyur dan sesekali guntur terdengar menggelegar.

Hujan ringan dan angin yang bertiup kencang, seperti juga kemuculan pelangi, memang terbilang sebagai fenomena yang biasa di seluruh Hawaii, terutama di kawasan perbukitan, seperti Manoa. Tetapi umumnya hujan berkatagori seperti itu hanya berlangsung beberapa menit. Setelah hujan reda, biasanya langit kembali tampak biru, dan sinar matahari kembali nyalang. Setelah itu, angin kembali bertiup diikuti oleh hujan ringan. Begitu yang terjadi setiap hari.

Tiga tahun lalu, hujan deras yang turun beberapa hari di Honolulu sempat merendam sebagian kota. Perpusatakaan Hamilton di kompleks University of Hawaii at Manoa (UHM) menjadi salah satu korbannya. Ribuan buku dan dokumen-dokumen penting yang tersimpan di lantai satu perpustakaan itu hancur.

“Semua koleksi di lantai satu itu adalah peta-peta dan naskah tua yang tidak diperbanyak,” kata John F Wilson, salah seorang profesor di jurusan ilmu politik UHM.

Selama satu bulan perpusatakaan ditutup dan direnovasi.

Lucas, mahasiswa asal Timor Leste yang tinggal di Hale Manoa, asrama milik East West Centre di kompleks UHM, mengatakan, banjir yang terjadi di Oktobr 2004 itu juga menyebabkan pemadaman listrik selama berhari-hari.

Sementara itu, petang ini waktu Honolulu, Dinas Cuaca Nasional (The National Weather Service) telah mengumumkan peringatan bahaya banjir di seluruh Pulau Oahu hingga pukul 21.15. Radar Dinas Cuaca Nasional sekitar pukul 18.00 menangkap pergerakan awan dan hujan deras dari Lai eke Barbers Point. Awan bergerak menuju timur dan diperkirakan akan mencapai Oahu saat ini. Juga disebutkan bahwa peringatan akan bahaya banjir kemungkinan akan diperpanjang.

Sementara itu disebutkan bahwa angin kencang di selatan Pulau Oahu telah menimbulkan ombak setinggi 16 kaki. “Ini bukan fenomena yang biasa,” kata John Bravender, meteorologist di Dinas Cuaca Nasional seperti dikutip Honolulu Advertiser.Com.

Juga diperoleh informasi bahwa permukaan air di Ala Wai Canal, saluran air limbah di tengah kota Honolulu, juga mengalami kenaikan hingga nyaris menyentuk bibir jalan. Bila hujan deras tak juga berhenti bisa dipastikan air Ala Wai Canal akan meluap ke jalan.

Tadi siang hujan sempat berhenti sebentar. Serombongan mahasiswa UHM yang berbelanja di kawasan Pecinan atau China Town melaporkan bahwa angin tak bertiup kencang dan hujan hanya turun rintik-rintik ketika itu. Namun setelah pukul 15.00 hujan deras kembali turun.

2 comments

  1. Selamat bertemu lagi kawan. Kali ini di dunia maya, dunia yang menyempitkan ruang, memendekkan jarak. 10 tahun lalu kita sama-sama di Cibiuk, ber-KKN, he he… Wah, Honolulu lagi hujan badai yah. Di Bandung, tepatnya di Baleendah dan Dayeuhkolot, warga juga sedang was-was dilanda banjir. Tiap hari Bandung diguyur hujan, beberapa kali diselingi angin puting beliung. Apa itu kiriman dari Hawaii sana yah?. Aku gawe di Tribun Jabar, punyanya Persda Kompas. Sudah 7 tahun dan masih betah di Bandung, Guh. Mudah-mudahan bisa juga aku ke Honolulu sana. Siapa tahu Jefferson Fellowship meloloskan aku, he he.. Sukses selalu.

  2. Terima kasih telah sudi mampir ke gubuk kami, Mac.

    Kata orang bijak, “kawan lama dilupakan jangan.” Hehehe. Tak terasa memang sudah sepuluh tahun kita KKN di Cibiuk itu. Oalah, maafkan aku karena selama ini episode Cibiuk tak ada dalam grand narrative “kisah hidupku”… Jadi ketika aku menemukan blog mu, susah payah kubangun kembali cerita itu, mengumpulkan remah-remahnya yang berserakan dimana-mana, tersembunyi di tempat yang tersembunyi.

    Datanglah ke Hawaii. Apakah kau sudah mendaftar untuk program itu? Kalau sedang on going, aku doakan agar kau diterima dan bisa ke Hawaii.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s