Amien Bertanya: Apa Nggak Ditertawakan Ayam

Dok. RM.SETELAH Megawati Soekarnoputri, Gus Dur dan Sutiyoso berturut-turut menyatakan siap menjadi calon presiden pada Pilpres 2009 mendatang, akhirnya Amien Rais buka mulut. Amien Rais, mantan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) dan mantan ketua MPR yang kandas dalam putaran pertama Pilpres 2004 lalu mengatakan dirinya merasa aneh melihat deklarasi kesiapan beberapa tokoh menjadi calon presiden.

Amien yang berbicara Minggu malam (7/10) di rumah Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir memang tak menyebut nama. Tapi patutlah diduga bahwa rasa herannya itu dialamatkan kepada Mega, Gus Dur dan SBY, serta mungkin juga dialamatkan Akbar Tandjung yang menyesalkan penghapusan konvensi capres di Partai Golkar.

“Apa nggak malah ditertawakan ayam ya,” kata Amien yang memang biasa berkata ceplas ceplos.

Nah, mengenai apakah dia juga akan kembali mengikuti pemilihan presiden, Amien hanya mengatakan dirinya tidak mau berandai-andai. “Itu masih menunggu tanggal mainnya,” ujar Amien. Dia juga mengatakan dirinya tunduk pada keputusan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir yang duduk di sebelahnya.

Pada bagian lain, seperti dikutip detik.com, Amien juga menyinggung hasil survei yang menyebut bahwa tingkat kepuasaan publik terhadap pemerintahan SBY turun. Kata Amien, hal itu mesti dijadikan cambuk bagi SBY agar bekerja lebih keras. Dia berpesan agar SBY mendengarkan suara rakyat.

“Kemudian ubah (suara rakyat itu) menjadi langkah-langkah kebijakan yang lebih konkret yang riil. Kata kuncinya adalah untuk rakyat, demi rakyat, jangan untuk konglomerat,” ujar Amien sambil menambahkan, namun begitu terserah pada SBY apakah mau menggunakan hasil survei itu sebagai cambuk, atau tidak.

“Apakah hasil ini membuat cambuk bagi dia untuk lebih kerja keras atau berleha-leha seperti sekarang.” Dia menyebut bahwa selama tiga tahun terakhir angka pengangguran masih tinggi, jumlah penduduk miskin pun begitu. Demikian juga dengan kerusakan ekologi yang semakin parah.

One comment

  1. Saya sendiri sbg Pengagum sosok Pak Amien Rais lbh sepakat beliau tdk perlu maju. Selain mslh umur yg telah mencapai 65 thn, saya lebih senang Pak Amien menjadi “penyentil telinga” pemerintah yg nakal spt saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s