Damaskus

Usai shalat Maghrib, mereka mendengarkan ceritaku ttg kota itu: Damaskus.

Hal pertama yg aku ceritakan adalah makam Nabi Yahya di dalam Masjid Umayyad. Sebelum Al Walid bin Abdul Malik dari Bani Ummayah menduduki Damaskus (706 M), bangunan itu adalah basilika utk menghormati Nabi Yahya yg dalam tradisi kristiani dikenal sebagai John the Baptist. Sebelumnya lagi, bangunan itu adalah kuil Romawi utk menyembah Dewa Yupiter.

Nabi Yahya adalah anak dari Nabi Zakaria yg lahir di saat kedua orang tuanya sudah sangat sepuh. Dalam riwayat populer dia disebutkan meninggal dunia dibunuh oleh Herodes, penguasa Romawi di Yudaea yg meliputi Palestina, Lebanon, dan sebagian Suriah kini.

Kuceritakan juga ruangan di bawah tanah Masjid Umayyad yg di zaman Yazid bin Muawiyah sempat dijadikan tempat utk menawan keluarga Imam Hussain yg dikalahkan dalam pertempuran di Karbala. Kepala Hussain disimpan di salah satu dinding rubanah itu.

Juga tentang salah satu gerbang atau bab di Damaskus Tua, Bab Syarqi, dgn Menara Baido di mulutnya, juga Jalan Lurus yg bila disusuri akan membawa kita ke Masjid Muayyad dan Pasar Hamidiyah di sebelahnya.

Di masa mudanya, Nabi Muhammad berdagang hingga ke kota Damaskus atau Syam ini.

Tak jauh dari Masjid Muayyad masih dapat disaksikan reruntuhan bangunan era Romawi. Juga tak jauh dari masjid itu terdapat makam Shalahudin Al Ayyubi, penguasa Mesir dan salah seorang pahlawan besar dalam sejarah perkembangan Islam.

Juga kuceritakan ttg makam anak Nabi Adam, Habil, di sebuah bukit di pinggir Damaskus. Sayangnya, salju tebal menutupi kawasan itu ketika aku berkunjung di bulan Februari dan Maret 2003, membuatku tak bisa memasuki komplek pemakaman. Aku hanya bisa berfoto di papan yg mengindikasikan makam Habil.

Di ujung cerita, seperti biasa ada quiz yg disambut Farah, Timur, dan Tafta dgn gembira.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s