SBY Akan Tumbang Karena Pengkhianatan!

Sejarah mengajarkan bahwa kejatuhan sebuah rezim selalu melibatkan pengkhianatan dari dalam lingkaran kekuasaan.

Itu yang dialami Gaius Julius Caesar yang dibantai oleh orang-orang terdekatnya termasuk Brutus. Itu juga yang dialami penguasa-penguasa Indonesia sejak masa pra-kemerdekaan hingga sekarang.

Demikian disampaikan salah seorang mantan aktivis 77/78, Dodi Rudianto, dalam acara halal bi halal Angkatan 77/78 yang diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, Sabtu pagi (17/9). Hadir puluhan aktivis angkatan 77/78 dan 98 dari Bandung dan Jakarta.

“Semua rezim jatuh oleh orang sekitarnya. Itu yang dialami Bung Karno yang dikhianati orang dalam, juga Soeharto yang dikhianati sejumlah menteri dan Harmoko. SBY juga akan jatuh oleh orang dalam,” ujar Dodi.

Tapi, sambungnya, tetap dibutuhkan faktor eksternal karena orang-orang di sekitar pusat kekuasaan biasanya ragu-ragu untuk memulai pengkhianatan.

“Jadi harus dicari dulu pengkhianat-pengkhianat di lingkaran SBY,” sambungnya.

Sementara aktivis angkatan 98, Firman Tendry dari Jakarta, mengatakan, 13 tahun reformasi gagal karena cita-cita dan gerakan tidak sinkron.

“Ada yang salah dalam 13 tahun reformasi. Lebih dari setengah masa reformasi dikuasai SBY. Kesalahan ini karena tidak sinkron antara cita-cita dan gerakan,” ujar dia lagi.

Firman Tendry tidak habis pikir mengapa masih ada yang mengkritik Soeharto karena menafsirkan Pancasila dengan cara yang salah, tetapi membiarkan rezim reformasi di era SBY lebih salah lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s