Inilah Penjelasan Utuh Yusril tentang Konsultasi SBY bila Boediono Ditangkap

Yusril Ihza Mahendra mungkin sedang menggali dukungan dari mana-mana, termasuk dari kelompok yang menduga (karena melihat tanda-tanda) pihak Istana terlibat dalam megaskandal Bank Century senilai Rp 6,7 triliun.

Tetapi, apapun maksud Yusril, informasi yang disampaikannya pekan lalu dalam sebuah diskusi di Doekoen Coffee, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, patutlah dipertimbangkan sebagai semacam novum atau bukti baru.

Dari penjelasan Yusril, dapat disimpulkan bahwa Presiden SBY telah mengetahui potensi pelanggaran hukum di balik keputusan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menggelontorkan bailout untuk Bank Century dalam rapat dinihari 21 November 2008 lalu.

KSSK yang diketuai Menteri Keuangan (kala itu) Sri Mulyani Indrawati, menyatakan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik, dan karenanya pantas menerima dana talangan sebesar Rp 632 miliar untuk mendongkrak rasio kecukupan modal. Usul itu tadinya disampaikan satu-satunya anggota KSSK, Gubernur BI (kala itu) Boediono yang lebih dahulu menetapkan Bank Century sebagai bank gagal yang ditengarai berdampak sistemik.

Usul Boediono ini sempat ditentang oleh dan dipertanyakan dipertanyakan sejumlah pejabat otoritas keuangan di Indonesia dalam rapat konsultasi yang digelar sebelum Rapat KSSK.

Cerita Menkumham yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Sisminbakum tersebut disampaikan untuk menjelaskan riwayat penggembosan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dan Yusril mengatakan sudah lama ia melihat tanda-tanda itu.

Ceritanya, demikian Yusril, berawal dari bulan Ramadhan seusai Pilpres 2009. Ketika itu, kepada Yusril yang ahli hukum tatanegara SBY bertanya: sekiranya Boediono ditangkap, apakah dirinya akan tetap dilantik menjadi presiden atau tidak.

“Saya bilang tidak bisa. Presiden dan wakil presiden harus diambil sumpah secara bersamaan. Kalau gitu kita harus ulur waktu. Tapi mengulur waktu juga tidak menyelesaikan masalah,” ujar Yusril di Doekoen Coffee mengulangi jawabannya.

“Saya tanya kenapa ada pertanyaan kalau Pak Boediono tidak dilantik. Ternyata kaitannya dengan kasus Century,” sambungnya.

Menurut Yusril, itu adalah saat yang dilematis. Apabila presiden dan wakil presiden tidak dilantik maka negara ini akan mengalami vacuum of power atau kekosongan kekuasaan. Dilema ini, sebutnya lagi, adalah kelemahan sistem politik yang dibangun di era reformasi. Konstitusi diamandemen sedemikian rupa sehingga MPR tidak dapat menunjuk pejabat presiden dan tidak dapat memperpanjang jabatan presiden.

Yusril juga mengatakan bahwa skandal dana talangan Bank Century dimulai dari pembuatan produk hukum yang mencengangkan. Yang dimaksudnya adalah pembuatan Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) 4/2008 tentang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK).

Di dalam pasal 20 Perppu JPSK itu disebutkan bahwa Menteri Keuangan dan Gubernur BI dan/atau pejabat lain yang mengambil keputusan yang didasarkan pada aturan di dalam Perppu itu tidak dapat dijerat hukum.

Menurut Yusril, pasal itu terbilang aneh dan menimbulkan pertanyaan.

Dia juga mengenang, saat itu Ketua KPK Antasari Azhar mulai sibuk mengusut kasus korupsi dalam pengadaan IT Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sementara skandal dana talangan Bank Century diusut oleh dua pimpinan KPK lainnya, Bibit Samat Rianto dan Chandra M. Hamzah.

Selebihnya, “saya kira sudah jadi pengetahuan kita semua,” demikian Yusril.

Advertisements

7 thoughts on “Inilah Penjelasan Utuh Yusril tentang Konsultasi SBY bila Boediono Ditangkap”

  1. pak Teguh, kalau sy boleh bertanya…. setelah sekian lama tak ada berita centurygate, tiba2 muncul berita yg memuat pernyataan Yusril, jika itu betul, jelas sangat bermakna dan PUNYA NILAI HISTORIS…. sy sangat antusias dgn berita2 terkait centurygate tetapi kenapa koq hanya RMOL saja yg beritakan Yusril n centurygate??? media2 pers lain, cetak ataupun media TV, tidak ada satupun yg beritakan pernyataan Yusril ttg centurygate??? ada apa ya pak teguh??? apa media pers sudah tidak peduli lagi dgn centurygate??? atau centurygate sdh tidak ‘seksi’ lagi setelah berita video porno ariel??? atau media pers sdh ‘melempem’ setelah acara temu wartawan dan ‘berolah-raga ria’ di cikeas??? atau nilai kebenaran pernyataan Yusril diragukan??? atau bahkan mungkin Yusril tdk pernah membuat pernyataan itu???

    pak teguh mohon maaf dgn pertanyaan terakhir walaupun sebenarnya sy ‘agak’ yakin dgn berita itu krn disebutkan kapan dan di mana Yusril membuat pernyataan, tentunya banyak saksi… sy penasaran sekali ada apa dgn media pers??? kenapa hanya RMOL dan pak teguh yg beritakan ini???

    terima kasih, salam

    1. Pak Rizal yang baik,
      Terima kasih atas komentar dan pertanyaan Bapak. Saya juga tak tahu apa yang sedang terjadi dengan kita, media kita, bangsa kita.

      Yang jelas, Yusril memang menyampaikan pernyataan itu. Saya masih menyimpan pernyataan utuh Yusril, dari awal dia bicara sampai selesai. Dia tidak hanya membicarakan konsultasi politik itu. Ada hal-hal lain, yang menurutnya memiliki benang merah dengan pelemahan institusi hukum di negara kita.

      Untuk sementara, ini yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi terima kasih.

      1. Terima kasih banyak pak teguh.

        Setelah PG menegaskan posisinya di setgab, tidak ada harapan lagi centurygate akan terungkap. Terlepas dari posisi Yusril yg terjepit kasus, pernyataan Yusril memberikan ‘second wind’ untuk bongkar lagi centurygate. eeh malah media tidak respon sehingga berita berlalu ‘as the wind goes’. MEDIA ADALAH BENTENG TERAKHIR UNTUK KEBENARAN. Saya rasa SUDAH TIDAK ADA HARAPAN LAGI BILA MEDIA TIDAK MAU BERPERAN DALAM MEMBONGKAR CENTURYGATE. LENGKAP SUDAH; PUNYA MATA TAPI TAK MELIHAT, PUNYA TELINGA TAPI TAK MENDENGAR, PUNYA HATI TAPI TAK BERPERASAAN. BANGSA INI AKAN TERPURUK HINGGA KE TITIK NADIR…hancur….kemudian punah… kalaupun tidak punah akan menjadi ‘budak penguasa’ yg hina

        MEDIA JELAS MENENTUKAN SEJARAH BANGSA INI.

        salam

  2. Pak Teguh, AKHIRNYA DETIKCOM JUGA MAU BERITAKAN CENTURY GATE PADA 16/7/2010

    http://www.detiknews.com/read/2010/07/16/193054/1401032/10/yusril-janji-bongkar-rahasia-century-setelah-sisminbakum-selesai

    Yusril mengaku tahu banyak hal tentang rahasia kasus Century yang belum diungkap Pansus Angket. “Suatu saat juga akan saya buka. Itu salahnya Pansus dulu kenapa tidak memanggil Saya dulu. Kalau dipanggil akan Saya buka semua,” kata dia.

    Ia menambahkan, usai kasus Century kasus apapun akan diangkat untuk
    “Saya menganalisis, pasca-Century apapun akan di-blow up untuk mengalihkan perhatian orang,” kata dia.

  3. Pak Teguh, dalam cuplikan berita Metro TV pagi ini, Yusril mengakui bahwa, jauh hari sebelum pelantikan capres-cawapres terpilih, ia diminta sby untuk memberikan konsultasi berkaitan dengan keterlibatan salah seorang calon pada kasus century.

    Saya jadi yakin dengan pak Teguh perihal Yusril dan Century-gate.

    Matur Nuwun

  4. Kemarin saya hadir dalam pembicaraan antara Yusril dan Rizal Ramli.
    Menurut Yusril, ada kasus yang lebih ditakuti SBY daripada Centurygate. Kasus apa itu?

    Seorang teman yang ikut menyaksikan pertemuan itu nyeletuk: Yusril kan bekas carik, dan bekas carik biasanya tahu semua rahasia lurah.

    Wallahualam.

    Ini antara lain berita dari pertemuan itu:

    http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=54
    http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=55
    http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=63

  5. sekarang kita sama tahu kenapa Busyro bisa jadi ketua KPK hasil voting. Dan kenapa PG memaksa voting. Centurygate tampaknya tak akan pernah terbongkar, saat ini isu sedang digiring agar kpk menangani gayus 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s