Barack Obama, News

Hanya 54 Persen yang Puas pada Obama

Setahun setelah menang dalam pemilihan presiden, hanya sekitar 54 persen rakyat Amerika Serikat yang menyatakan puas dengan sepak terjang Barack Hussein Obama di Gedung Putih.

Ini adalah hasil survei tentang dukungan masyarakat AS terhadap pemerintahan Obama yang diselenggarakanCNN/Opinion Research Corporation yang dirilis hari Selasa waktu AS atau Rabu waktu Indonesia (4/11).

“Rating dukungan Obama sebesar 54 persen hampir sama dengan 53 persen yang dia kantongi saat menang dalam pilpres tahun lalu,” ujar Direktur Polling CNN Keating Holland.

“Dan hampir untuk semua kategori demografi persentase yang mendukung Obama hari ini antara dua hingga tiga poin dari persentase yang memilihnya tahun 2008 lalu. Ceritanya akan lain ketika kami mengalihkan ke ideologi. Rating dukungannya di kalangan liberal tujuh poin lebih tinggi dari tahun lalu. Tetapi di kalangan konservatif, dukungan untuk Obama turun sekitar 10 persen,” ujar Holland lagi.

Menurut survei itu, dukungan untuk Obama masih berada di atas 50 persen meskipun kebanyakan masyarakat AS tidak setuju dengan cara Obama menangani sejumlah isu, seperti perbaikan ekonomi, jaminan kesehatan, Afghanistan, Irak, pengangguran, imigran ilegal, dan defisit keuangan federal.

Hal ini terjadi karena responden masih berharap pada niat baik Obama menjalankan pemerintahannya.

“Enam dari 10 mengatakan Obama menginspirasi rasa percaya diri mereka. Enam dari 10 menyebut Obama sebagai pemimpin yang kuat yang jujur dan dapat dipercaya. Sebesar 63 persen menilai dia bukan politisi yang biasa. Lebih dari setengah memberikan dua jempol untuk 11 dari 12 karakteristik personal yang ditanyakan,” jelas Holland lagi seperti dikutip CNN.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s