News

Jelas Sudah, Blackwater Tak Kantongi Kontrak Formal dalam Operasi Menghabisi Pemimpin Al Qaeda

Pejabat Central Intelligence Agency (CIA) mengakui bahwa tidak ada perjanjian formal yang mengikat dinas rahasia Amerika itu dengan perusahaan penyedia jasa keamanan partikelir Blackwater USA dalam operasi mencari dan membunuh gembong Al Qaeda.

Hal inilah yang mendorong Leon E. Panetta, direktur CIA yang ditunjuk Barack Obama menggantikan direktur sebelumnya menggelar rapat mendadak dengan Kongres bulan Juni lalu. Dalam rapat itu, dia membeberkan semua keterlibatan Blackwater USA yang bermarkas di Karolina Utara dan belakangan ini mengubah nama menjadi Xe Service. Menurut laporan Panetta, Blackwaters setidaknya telah “membantu” CIA tanpa kontrak yang jelas selama tujuh tahun terakhir.

Selama masa itu pula kerap terjadi berbagai penyimpangan dalam penanganan operasi intelijen. Eksekutif Blackwaters dikenal agresif dalam menerapkan taktik mereka di Irak. Sementara itu, walaupun CIA telah menghabiskan beberapa juta dolar AS, namun operasi membongkar jaringan teroris di sejumlah negara tak dapat dikatakan sukses.

The New York Times melaporkan masih belum jelas benar peranan apa yang dimainkan Blackwater. Ada yang mengatakan Blackwater dilibatkan untuk ikut menangkap pentolan Al Qaeda di garis depan, ada juga yang mengatakan Blackwater hanya digunakan untuk melatih dan mempersiapkan agen-agen CIA dan tentara AS.

Namun yang jelas, tidak ada kontrak formal antara CIA dan Blackwater. Kerjasama kedua lembaga itu sejauh ini hanya merupakan bagian dari kesepakatan individual petinggi CIA dan Blackwater.

Standard

One thought on “Jelas Sudah, Blackwater Tak Kantongi Kontrak Formal dalam Operasi Menghabisi Pemimpin Al Qaeda

  1. Mas Teguh, semua ini hanya rekayasa penguasa dunia! Indonesia yang dikenal sebagai Swarna Dipa adalah sasaran dari Amerika melalui CIA, Mossad, M16 dsb. Karena Indonesia terkenal dengan Sumber Daya Alam nya sangat kaya, yang sebentar lagi mereka akan menguasai’. Tetapi maaf’, tidak semudah itu karena masih ada orang2 di balik tirai yang mengcounter semua itu. Silahkan saja’ kalau bisa.

    Salam,

    Imansyah Rukka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s