Buntut Pidato TV Poll ala SBY

AJI Jakarta Minta Pemilik Media Hormati Independensi Ruang Redaksi

Penayangan pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di sejumlah stasiun televisi nasional pada Kamis, 16 April 2009, memicu kontroversi. Penayangan secara utuh pidato sepanjang 23 menit itu diduga terjadi atas tekanan pemilik media televisi.

Verifikasi yang dilakukan AJI Jakarta menemukan setidaknya ada indikasi kuat telah terjadi penekanan terhadap produser program berita di sejumlah stasiun televisi oleh pemilik media, untuk menayangkan secara bulat-bulat –tanpa editing– keseluruhan pidato Presiden yang berisi tanggapan atas tuduhan kecurangan pemilihan umum 9 April lalu itu.

AJI Jakarta berpandangan meskipun isi pidato Kepala Negara tersebut memang bernilai berita dan layak untuk ditayangkan, keputusan atas dimuat tidaknya sebuah peristiwa berita hendaknya menjadi wewenang penuh dari redaksi media.

Tidak ada satupun kepentingan politik dan ekonomi yang berhak ikut campur dalam proses keredaksian, sekalipun kepentingan itu berasal dari pemilik media itu sendiri.

Terhadap kasus ini, AJI Jakarta menyatakan:
1. Meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menelusuri dugaan
intervensi pemilik media ke ruang redaksi sehubungan dengan penayangan rekaman pidato Presiden Yudhoyono tersebut. Sesuai UU Penyiaran, KPI memiliki kewajiban untuk menjaga agar frekuensi sebagai ranah publik tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi sekelompok orang.

2. Mengingatkan agar setiap media menjaga kesucian ruang redaksi dari intervensi kepentingan politik dan ekonomi dari manapun. Hanya kepentingan publiklah yang seyogyanya menjadi panduan dalam penentuan kebijakan redaksi media.

3. Meminta agar pemimpin redaksi media massa di Jakarta, khususnya pemimpin redaksi program berita di stasiun televisi, bersih dari konflik kepentingan politik dan bisnis medianya.

AJI Jakarta akan terus memantau kasus-kasus pelanggaran serupa di masa depan.

Jakarta, 23 April 2009

Aditya Wardhana (Koordinator Divisi Advokasi)
Wahyu Dhyatmika (Ketua AJI Jakarta)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi: Aditya Wardhana (08125245478)

One thought on “Buntut Pidato TV Poll ala SBY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s