Saling Menzalimi, SBY dan JK untuk Sementara Beti

Siapa yang menzalimi siapa? 

Itulah tema poling yang digelar RMonlinesejak beberapa hari lalu. 

Apakah Presiden SBY yang menzalimi Wapres JK sehingga sang wapres merasa perlu mengibarkan bendera perlawanan. Atau sebaliknya, JK yang menzalimi SBY karena dengan mengibarkan bendera perlawanan menjelang pemilihan umum membuat konsentrasi Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) semakin buyar. 

Beberapa kalangan pun memperkirakan semakin mendekati hari pemilihan umum, terutama pemilihan presiden bulan Juli nanti, semakin banyak menteri yang akan angkat koper meninggalkan kabinet. Untuk apa bertahan di atas perahu retak, begitu kira-kira perumpaan yang dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan KIB saat ini. 

Jadi, siapa yang menzalimi siapa? 

Dari beberapa kalangan yang dekat dengan JK diperoleh informasi bahwa selama ini JK merasa dipandang sebelah mata, dianggap remeh dan seringkali diabaikan. Namun di sisi lain pekerjaan yang sukes dilakukan oleh JK seringkali diklaim sebagai pekerjaan SBY seorang diri dan mengabaikan peranan JK sama sekali. 

Intinya, sang JK, begitu kabarnya, sudah bosan diabaikan dan diremehkan. Dari cerita ini, kita bisa menyimpulkan bahwa JK lah yang tampaknya dizalimi. 

Namun SBY sama sekali tidak bereaksi menyikapi kibaran bendera perlawanan JK dan Partai Golkar. Reaksi keras JK dan Partai Golkar yang dipimpin JK sama sekali tidak dikomentari. Hal ini justru memberi kesan bahwa SBY lah yang lagi-lagi dizalimi. Bila dulu dizalimi Megawati Soekarnoputri, kini dizalimi teman sendiri. 

Anda, pembaca budiman, tentu punya cara pandang sendiri mengenai hal ini. Sampai pagi hari ini (Sabtu, 28/2) untuk sementara poling memperlihatkan sebesar 39,7 persen percaya bahwa SBY yang dizalimi JK, dan 37,0 persen mengatakan JK dizalimi SBY. Adapun 21,3 persen pembaca kami yang mengikuti poling ini memilih ragu-ragu. Untuk sementara, dalam hal zalim-menzalimi ini SBY dan JK beti alias beda tipis. 

Walau tidak dikerjakan dengan mengikuti prinsip akademik tertentu, namun kami berharap poling ini dapat memberikan gambaran peta opini pembaca RMonline mengenai perkembangan tertakhir di atas panggung politik Indonesia menjelang rangkaian pemiu. 

Nah, Anda yang belum memberikan pilihan, silakan tentukan pilihan Anda. Siapa yang menzalimi siapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s