Barack Obama, News

Clinton dan Mafia Berkeley Kuasai Gedung Putih

Barack Obama dan Hillary Clinton

TAK ada satu menit pun yang akan terbuang sia-sia untuk mengatasi krisis ekonomi yang tengah melanda Amerika Serikat.

Begitu kata presiden terpilih Amerika Serikat Barack Obama dalam pernyataan yang disampaikannya dari kantor transisi pemerintahan di Chicago, Illinois, hari Senin waktu Amerika (24/11) atau Selasa dinihari waktu Indonesia (25/11).

“Kita tidak bisa membangkikan Wall Street tanpa membangkitkan Main Street,” kata Obama.

Dalam kesempatan itu Obama mengumumkan beberapa pos penting dalam tim ekonomi pemerintahannya. Pos-pos penting ekonomi ini juga kelihatannya merupakan hasil kompromi antara Obama dengan kubu Hillary Clinton.

Dia menunjuk presiden Federal Reserve di New York Tim Geithner yang sejak awal tahun ini ikut terlibat dalam proses penyelamatan Wall Street, sebagai menteri keuangan.

Lalu menteri keuangan di era Clinton, Larry Summers, ditunjuk Obama sebaga ketua Dewan Ekonomi Nasional. Antara 1991 sampai 1993 Summers yang sebelumnya mengajar di fakultas ekonomi Harvard menjadi ketua ekonom World Bank.

Selain itu profesor ekonomi dari University of California-Berkeley, Christina Romer, dipercaya Obama menduduki kursi ketua Dewan Penasihat Ekonomi Presiden.

Dua pejabat lain yang juga disebutkan dalam pengumuman ini adalah Melody Barnes sebagai direktur Dewan Kebijakan Domestik dan Heather Higginbottom sebagai deputi direktur Dewan Kebijakan Domestik.

Obama juga mengatakan bahwa dia dan George W. Bush yang akan digantikannya bersatu dalam upaya memperbaiki keadaan yang sudah carut marut ini.

“Komitmen saya adalah melakukan apapun yang dibutuhkan. Presiden Bush telah memperlihatkan indikasi bahwa dia menggunakan pendekatan yang sama, sikap yang sama,” ujar Obama lagi.

Pernyataan Obama ini disampaikannya beberapa jam setelah pemerintah Amerika Serikat mengumumkan paket ekonomi dalam skala raksasa untuk menyelematkaan Citigroup. Saat mengumumkan paket penyelamatan itu Bush mengatakan dia telah berbicara dengan Obama.

Hari Sabtu lalu, Obama mengatakan dirinya telah menyiapkan rencana penyelamatan ekonomi, salah satunya adalah dengan menciptakan 2,5 juta lapangan kerja baru sampai tahun 2011. Detail dari rencana ini masih dikerjakan tim ekonomi Obama, dan diharapkan selesai sebelum dia dilantik sebagai presiden tanggal 20 Januari tahun depan.

Dalam kampanye yang lalu Obama sempat menawarkan paket senilai 175 miliar dolar AS untuk menstimulasi ekonomi selama dua tahun per periode. Namun beberapa waktu terakhir ini, kalangan penasihat ekonomi Obama mengatakan, kelihatannya nilai paket ekonomi itu harus diperbesar.

Obama juga diperkirakan akan menunjuk Gubernur New Mexico Bill Richardson sebagai menteri perdagangan. Richardson juga merupakan salah seorang mantan lawannya dalam primary election Partai Demokrat.

Sementara pengumuman mengenai posisi menteri luar negeri yang akan diduduki Hillary Clinton akan disampaikan setelah Thanksgiving.

Dengan demikian, kabinet Obama akan diwarnai mantan-mantan lawan politiknya. Joe Biden sebagai wakil presiden, Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri, dan Bill Richardson sebagai menteri perdagangan. Dari ketiga mantan lawan Obama ini, tampaknya Clinton yang lebih mendominasi. Beberapa anggota tim ekonomi Obama adalah orang-orang kepercayaan Clinton.

Standard

2 thoughts on “Clinton dan Mafia Berkeley Kuasai Gedung Putih

  1. kmerin kebetulan nonton ulasan pakar di TV, krisis sekarang ini lebih di sebabkan oleh krisis kepercayaan.. tanpa kepercayaan orang enggan ber investasi, otomatis harga stock jatuh.. dan bermula dari perusahaan brother dinyatakan bangkrut padaha dapet sertifikat kinerja(lupa apa).. menurut saya tidak peduli siapa orangnya jika membawa kepada kebaikan ya oke-oke aja, tapi klo mau bikin tambah terpuruk wah itu baru kacau..

    Menurut saya lagi nich, suka tidak suka mereka-mereka itu adalah orang-orang yang cerdas dan elit di negara mereka jadi merupakan hal-hal wajar sebuah negara menggunkan orang-orang terbaik di negaranya untuk mengatasi masalah negara.. Salam kenal.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s