Obama Harus Berdamai dengan Pendeta Kulit Hitam

BARACK Obama harus segera “berdamai” dengan Gereja Trinity United di Chicago, tempat dimana ia menjadi jemaat dalam 20 tahun terakhir.

Bila ia terlambat mengambil sikap, imej Obama di mata jemaat gereja itu bisa jatuh.

Seperti diketahui beberapa hari terakhir ini mantan pastor gereja itu, Jeremiah Wright, dikritik banyak orang, terutama lawan Obama.

Dalam sebuah kebaktian di bulan Desember lalu, pendeta yang punya hubungan begitu dekat dengan Obama ini sempat menyerang Hillary Clinton yang menjadi saingan terkuat Obama dalam pemilihan presiden Amerika Serikat di kubu Partai Demokrat.

Menurut Wright, langkah Hillary ke Gedung Putih lebih ringan, karena dia bukan keturunan kulit hitam.

Barack Obama yang menggambarkan hubungannya dengan Wright seperti hubungan antara keponakan dan paman juga ikut mengkritik.

Sebut Obama, dirinya mengecam pernyataan yang tendensius mengenai ras dan warna kulit. Obama menyebut pernyataan Wright itu sebagai sesuatu yang provokatif dan berbahaya (inflammatory and appalling).

Obama kelihatannya mencoba untuk konsisten. Sebab sebelum kasus Wright ini, Obama juga mengkritik pernyataan yang disampaikan penasihat Hillary, Geraldine Feraro yang menyebut Obama diuntungkan oleh warna kulitnya.

Namun konsistensi Obama itu tidak mudah diterima oleh jemaat dan pengurus Gereja Trinity United

Wright yang sudah pensiun dari posisi gereja Trinity United bulan Januari lalu mengatakan serangan yang diarahkan kepada dirinya adalah pembunuhan karakter.

Gereja Trinity United juga membela Wright.

“Dia memberikan khutbah dalam sebuah kebaktian untuk kaum tertindas di Amerika dan seluruh dunia,” demikian pihak gereja dalam sebuah pernyataan yang dikutip CNN.

Serangan terhadap Wright, kata pemimpin Gereja Trinity United saat ini, Otis Moss III, merupakan serangan terhadap Gereja Afro-Amerika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s