Wanita Muslim Tertua Tinggal di Israel

MARIAM Amash namanya. Wanita muslim yang tinggal di tanah Palestina yang diduduki Israel ini mengatakan dirinya lahir 120 tahun lalu.

Kalaulah betul demikian, maka Mariam bukan hanya wanita muslim tertua, tetapi juga manusia tertua yang masih hidup di muka dunia.

The Guinness Book of Records yang merekam hal-hal “ter” dan “paling” di muka bumi saat ini mencatat bahwa manusia tertua yang masih hidup adalah Edna Parker. Warga Shelbyville, Indiana, Amerika Serikat ini berusia 114 tahun.

Tetapi Mariam yang tinggal di Jisr az-Zarqa sebelah utara Israel mengatakan “saingannya” itu masih lebih muda dari dirinya.

“Ya, saya adalah manusia tertua di muka dunia,” katanya kepada BBC. Anggota keluarga Mariam berkumpul di sekitarnya ketika ia menyampaikan hal ini.

Walau sudah super-sepuh, namun Mariam masih bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan normal. Dia nyaris belum membutuhkan bantuan orang lain.

“Saya makan, minum, dan mandi. Saya harap untuk bisa hidup sepuluh tahun lagi,” ujarnya mantap.

Mariam punya sepuluh anak, 120 cucu, 250 cicit, dan 30 anak-cicit. Begitu keterangan salah seorang kerabatnya.

Keberadaan Mariam sebagai manusia tertua yang masih hidup di muka bumi diketahui ketika baru-baru ini ia mendaftarkan diri untuk memperoleh kartu identitas Israel.

Menurut pihak Israel, mereka mengeluarkan catatan usia di kartu identitas berdasarkan catatan pemerintahan Turki yang di masa itu masih menguasai kawasan yang sekarang diduduki Israel.

Mariam adalah keturuan suku Badui. Menurut dia, rahasia hidup awet muda adalah memakan makanan yang sehat. Masih kata Mariam, dia makan sayur-sayuran dalam jumlah yang banyak.

“Generasi sekarang banyak minum arak,” ujarnya.

Sebagai seorang Muslim yang taat, Mariam telah beberapa kali menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah. Terakhir ia mengunjungi Kabah di tahun 1990.

Seorang cucu Mariam, Masjid Amash yang berusia 46 tahun, mengatakan neneknya ini masih menjalankan ibadah shalat lima kali sehari.

“Setelah shalat dia akan berjalan mengunjungi keluarga. Dan dia ingat satu persatu nama mereka,” kata Majid.

Tetapi untuk peristiwa-peristiwa di masa yang begitu lampau, daya ingat Mariam sudah agak menurun, demikian Madjid.

6 comments

  1. Hemmm. Ayo jangan suka mengkonsumsi makanan dengan kadar kolestrol tinggi, biar bisa hidup seribu tahun lagi *kata Chairil Anwar* hehehe. Btw, sudah bakar kolestrol berapa hari ini? hehhe

  2. subhanaallah…………saya pengin banget jumpa sama ibu maryam
    mudah-mudahan sehat selalu ya bu?selamat menjalankan ibadah puasa moga puasanya diterima Allah Swt……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s