Demo Raksasa

0215
DIPERKIRAKAN tidak kurang dari sepuluh ribu rakyat Syria, kemarin, menggelar demonstrasi menentang Amerika dan sekutunya yang sampai hari ini masih ngotot mau menyerang Irak.

Sejak pukul 10.00 waktu Damaskus, rakyat Syria berkumpul di depan stasiun kereta Al Hijaz. Dua jam kemudian, jumlah demonstran bertambah. Ruas Jalan Bor Said dipenuh oleh manusia yang menyemut. Dari Al Hijaz, demonstran bergerak menuju gedung Parlemen di Jalan Al Saleyah. Di depan gedung parlemen demonstran berhenti. Ketua Komite Konfrontasi dengan Amerika dan Israel Nazah Al Ahas berpidato. “Kehancuran bangsa Arab disebabkan ulah Amerika dan kroninya yang membabi buta dan tamak,” katanya disambut tepuk tangan demonstran.

Demonstrasi tersebut digalang oleh kelompok yang menamakan dirinya The Syrian Arab Popular Committee for Supporting the Intifada and Resisting the Zionist Project. Tidak tanggung-tanggung, mereka mengundang semua partai politik, ormas, organisasi, perserikatan, kelompok agama untuk bergabung dengan mereka. Undangan itu mereka muat dalam berbagai koran lokal di Damaskus.

Demonstran mengibarkan bendera Irak, Palestina dan Syria, disamping ratusan bendera kelompok-kelompok peserta demonstrasi.

Beberapa spanduk yang dibawa demonstran bertuliskan, “No War Against Iraq”, “Save the Children of Iraq”, “Bush-race, No War for Oil”. Sebuah spanduk bertuliskan “Stop Bush’s Work” dibakar di depan kantor Gubernur Damaskus.

Seorang demonstran mengenakan jubah hitam dan topeng hantu serta memakai topi bercorak bendera Amerika ala Paman Sam. Seorang demonstran lainnya membawa gambar patung Liberty memegang senjata, bukan obor.

Seperti rakyat Syria, di New York, di depan sidang Dewan Keamanan PBB hari Jumat lalu (14/2), Menteri Luar Negeri Syria Farouq Al Shara, juga berteriak lantang. Kenapa Irak yang dikecam sebagai penjahat kelas dunia. Kenapa bukan Isral yang jelas-jelas merusak ketentraman dan perdamaian di kawasan Timur Tengah dengan terus menerus membantai warga Palestina yang tak berdosa dan tak bersenjata itu, katanya. Padahal pembantaian demi pembantaian di Palestina dilakukan Israel secara terbuka. Pembantaian itu malah disiarkan oleh jaringan media raksasa milik Amerika ke seluruh penjuru dunia.

Pidato Shara itu disampaikan setelah Ketua Tim Inspeksi Senjata PBB Hans Blix dan Ketua International Atomic Energy Agency (IEAE) Mohammad El Baredei memberi laporan.

“Israel terus melakukan pencaplokan atas wilayah Libanon, Palestina dan Syria untuk membangun pemukiman warga mereka dan mengancam negara tetangga. Israel juga terus mengembangkan senjata pemusnah massa dan senjata nuklir dan tidak seperti negara-negara di kawasan Timur Tengah, Israel menolak segala upaya pengawasan terhadap senjata-senjata mereka,” kata Shara lagi.

Resolusi nomor 1441 yang dikeluarkan PBB bulan November tahun lalu digunakan Amerika sebagai alasan menyerang Irak. Nah, agar tahu saja, kata Shara, “Isral telah melanggar lebih dari 500 resolusi PBB, termasuk 31 diantaranya dikeluarkan oleh Dewan Keamanan PBB.” Bukan main. Yang lebih gila lagi, sampai kini Amerika justru memberi dukungan terhadap pelanggaran resolusi-resolusi tersebut.

Sudah tentu dukungan mengalir terus menerus, tanpa henti, untuk bangsa Irak. Selesai shalat Jumat (14/2), misalnya, tidak kurang dari 15 ribu orang Palestina menggelar demonstrasi di kamp pengungsi Jabalya, Jalur Gaza. “Dari Jalur Gaza sampai Jenin, kami semua adalah martir,” teriak para demonstran. Mereka mengibarkan bendera Palestina dan Irak. Sementara bendera Amerika dan Israel dibakar.

Pemimpin spritual kelompok radikal anti Israel, Hamas, Sheikh Ahmad Yassin yang hadir dalam demonstrasi itu dengan gagah berani berteriak, “Kami bangsa Palestina, berdiri di belakangmu dengan semangat menyala. Seperti kami terus berjuang membebaskan tanah air kami dari Israel.”

Seperti diberitakan Syria Times, Yassin meminta agar Presiden Irak Saddam Hussein menghadapi Amerika Cs dengan gagah berani. Tidak perlu takut menghadapi penjahat, katanya.[t]

One thought on “Demo Raksasa”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s