Mengapa Osama bin Laden Tidak Berperang di Palestina

1024
Charged de Affairs of Islamic State of Afghanistan in Tashkent Uzbekistan,

Hasan Saad

PERANG melawan terorisme internasional yang digembar-gemborkan Amerika berubah menjadi perang terhadap pemerintahan Taliban di Afghanistan. Apa komentar Anda?
Pertama-pertama saya ingin mengatakan tidak ada perbedaan sama sekali antara terorisme dengan Taliban. Maksud saya, Taliban adalah orang-orang yang melakukan aktifitas terorisme. Mereka sendiri adalah terorisme.

Sejak perang melawan terorisme ini dimulai, semua pangkalan terorisme di Afghanistan sudah berhasil dilumpuhkan. Terutama pada saat serangan pertama. Semua pangkalan udara Taliban berhasil dihancurkan. Begitu juga dengan sistem pertahanan mereka.

Hanya bagian tengah Afghanistan, dimana terdapat pusat latihan Al Qaida, yang belum tersentuh, dan sampai sekarang mereka masih melakukan aktifitasnya. Tetapi yang jelas menurut saya, serangan beruntun Amerika ini telah membuat semangat perang pasukan Taliban menjadi begitu lemah.

Siapa yang memilih Anda sebagai Pejabat Duta Besar Afghanistan di Uzbekistan?
Sudah barang tentu yang menunjuk saya bertugas di sini adalah pemerintahan Negara Islam Afghanistan yang dipimpin oleh Professor Rabbani. Dan Anda tahu Professor Rabbani diakui oleh PBB dan semua negara lain di dunia. Kami bukan Taliban. Pemerintah Taliban hanya memiliki satu kedutaan, yakni di Pakistan.

Apakah Anda pikir Osama bin Laden dan Al Qaida adalah otak di balik serangan September Gelap yang menghancurkan Menara WTC dan Gedung Pentagon?
Tentu saja. Saya kira mereka tidak hanya merencanakan serangan 11 September itu. Tanggal 9 September Taliban juga melakukan pembunuhan terhadap Pemimpin Pasukan Afghanistan Ahmad Syah Massoud. Tentu saja sejauh ini masih dilakukan peneiltian dan pencarian data-data mengenai keterlibatan Taliban pada beberapa bagian serangan itu. Yang jelas bahwa bagian dari serangan ini adalah Taliban dan Al Qaida.

Anda terlihat sangat yakin. Pemerintah Amerika saja tidak bisa menemukan bukti yang cukup kuat soal tuduhan mereka atas keterlibatan Osama…
Taliban ini membuat begitu banyak masalah untuk tetangga Afghanistan. Mereka juga memulai bisnis narkotika di Afghanistan. Mereka juga membunuh banyak orang Afghanistan. Taliban juga bertanggung jawab pada pembunuhan masyarakat sipil. Kalau Anda ingat, tahun 1989 Taliban membunuh 50 ribu orang Afghan di Mazar I Sharif.

Tahun lalu mereka juga membunuh ribuan orang dan meledakkan sebuah patung Budha di Bamiyan. Inilah sebenarnya teror yang dilakukan oleh Taliban. Mengapa Osama mempertahankan terorisme seperti ini di Afghanistan. Mengapa dia tidak pergi berperang di Palestina melawan Israel.

Masalahnya sekarang, agenda melawan terorisme yang dikampanyekan ini sudah bergeser menjadi upaya untuk menjatuhkan rejim Taliban dan mencari rejim baru…
Kami memang berniat menjatuhkan Taliban, dan seluruh dunia juga menginginkan hal itu. Rencana kami adalah membangun sebuah pemerintahan di Afghanistan yang dapt diterima oleh seluruh dunia. Kami menginginkan pemerintahan di Afghanistan mewakili semua kelompok di Afghanistan.

Kalau saja Osama dan Taliban memang terlibat dalam serangan di Washington dan New York itu, mengapa orang-orang yang menuduhnya, termasuk Amerika, tidak melakukan operasi intelijen untuk menangkap Osama dan pengikut Al Qaida, lalu membawa mereka ke pengadilan internasional? Mengapa Amerika membom Afghanistan? Mengapa Anda mendukung tindakan keji Amerika itu?
Kami Muslim. Kami berperang melawan Rusia dan mengeluarkan mereka dari Afghanistan selama 15 tahun. Pemimpin kami, Ahmad Syah Massoud dan Professor Rabbani adalah orang yang religius.

Taliban orang Muslim juga, tetapi mereka mengganggu kehidupan orang Islam lainnya. Mereka datang ke Chechnya, ke Igor, ke Kashmir dan mengganggu serta membuat masalah untuk orang Afghanistan. Kalau mereka orang Islam mengapa tidak ke Palestina dan berperang menghadapi Israel.

Apakah Anda pernah bertemu Osama?
Tidak. Saya membenci hal itu. Dan saya juga tidak ingin bertemu dia di masa yang akan datang.

Maksud saya dulu, Anda pernah bertemu dia?
Tidak. Saya tidak kenal dia.

Kita tahu bahwa Taliban terdiri dari orang Pasthun…
Saya mengerti apa yang Anda maksud. Itu tidak benar. Taliban kebanyakan terdiri dari orang Pakistan, beberapa gelintir orang Afghanistan dan terakhir Osama sendiri. Mereka membuat organisasi bernama Taliban. Sementara pemerintahan kami terdiri dari suku Tajik, Pasthun, Uzbek, dan suku lainnya.

Aliansi Utara hendak menggulingkan Taliban dan mengambil alih kekuasaan. Mereka hendak menangkap Mullah Muhammad Umar juga. Lalu, secara terang-terangan Amerika mendukung upaya itu dan mempersenjatai mereka. Apa komentar Anda?
Pemerintahan Negara Islam Afghanistan dan Amerika berperang melawan terorisme di Afghanistan ini sejak tujuh tahun lalu. Amerika datang dengan rencana mereka sendiri. Mereka membenci Osama, mereka membenci Taliban. Silakan saja. Mereka mendukung rencana kami. Kami katakan jangan membunuh orang sipil dan menghancurkan fasilitas publik. Yang diserang seharusnya adalah fasilitas militer Osama.

Tapi dalam kenyataannya banyak fasilitas publik dan orang sipil yang menjadi sasaran bom Amerika…
Kita harus mengatakan kepada orang-orang ini untuk tidak membunuh orang sipil Afghanistan. Kalau mereka menyerang fasilitas militer, kami mendukungnya.

Menurut Anda bagaimana Aliansi Utara bisa menjatuhkan Taliban?
Kami harap segera. Amerika melanjutkan programnya. Dan kami jugat tetap dengan rencana kami, menghentikan Taliban dan juga Pakistan. Kami akan membentuk pemerintahan baru melalui sebuah pemilihan umum. Membiarkan masyarakat Afghanistan menentukan sendiri pemerintahannya.

Kalau saja Taliban jatuh, siapa yang memerintah?
Kami membangun hubungan orang-orang di Afghanistan. Dan sedang berusaha untuk menemukan formula yang baik tentang model pemerintahan di masa datang. Sebuah pemerintahan yang diterima seluruh orang Afghanistan dan dunia.

Anda punya prediksi?
Saat ini sebuah delegasi dari Afghanistan sedang mempersiapkan hal itu. Mereka menuju Istanbul dan berencana untuk melakukan pembicaraan dengan pendukung Zahir Syah. Kami akan membentuk sebuah Dewan Syura Wahdatin. Dewan Syura ini yang akan mengambil alih Afghanistan segera dan menyelenggarakan pemilihan umum.

Menurut Anda, Zahir Syah akan kembali mengambil alih kekuasaan?
Ide besarnya adalah menduduki Afghanistan dulu. Baru setelah itu Dewan Syura menyelenggarakan pemilihan umum dan menentukan siapa yang memerintah, Zahir Syah atau seseorang yang lain.

Apakah Rabbani juga akan mengambil kekuasaan kembali?
Saat ini pun kekuasaan ada di tangannya. Tetapi yang jelas Dewan Syura yang akan mengambil alih dan menentukan apakah Rabbani melanjutkan pemerintahannya atau memilih pemerintahan baru.[t]

Advertisements

2 thoughts on “Mengapa Osama bin Laden Tidak Berperang di Palestina”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s