Membongkar “Sumpah Pocong” Habib Rizieq

APAKAH Habib Rizieq Shihab, Ketua Front Pembela Islam (FPI), menantang Gus Dur melakukan sumpah pocong untuk membuktikan siapa yang benar diantara mereka: Habib Rizieq yang meminta agar Ahmadiyah dibubarkan, atau Gus Dur yang membela Ahmadiyah.

Berita ini juga dimuat di www.myrmnews.com.

Cerita tentang Habib Rizieq menantang sumpah pocong berkembang kemarin siang (Selasa, 10/6) setelah Habib Rizieq bertemu dengan beberapa habib dan ulama pendukungnya di ruang tahanan Mapolda Metro Jaya.

Dalam pertemuan itu, Habib Rizieq antara lain menyampaikan keputusannya mencabut Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang sudah ditandatanganinya. Dia juga memprotes penahanan atas dirinya yang dinilai tidak berdasar, dan semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya yang dinilai mengada-ada. Hal-hal di atas disampaikan Habib Rizieq secara tertulis-tangan dan diserahkan kepada para penjenguknya.

Hal lain yang dikatakan Habib Rizieq adalah keinginannya mengajak Gus Dur ber-mubahalah. Di satu sisi Gus Dur bersama istri dan anak-anaknya, dan di sisi lain Habib Rizieq bersama istri dan anak-anaknya.

Nah, kata mubahalah inilah yang diartikan oleh sebagian orang, termasuk beberapa tamu yang mengunjunginya, sebagai ajakan sumpah pocong. Dalam pembicaraan sehari-hari di tengah masyarakat, kata ini memang kerap diartikan sebagai sumpah pocong.

Benarkah mubahalah sama dengan sumpah pocong?

Mubahalah, dalam beberapa literatur diartikan sebagai ujian kebenaran melalui doa. Ia merupakan satu dari kaedah hukum yang disebut dalam Quran. Kaedah lain adalah qisas atau hukuman balasan sama, ta’zir, atau budi bicara hakim mengikut dua prinsip universal hukuman, diat atau bayaran ganti-rugi, li’an atau sumpah laknat, dan kaffarah atau penebusan dosa.

Salah satu ayat dalam Al Quran yang menyebut soal mubahalah ini adalah ayat 61 Surat Al Imran, yang berbunyi, ”Siapa yang membantahmu tentang kisah ‘Isa sesudah datang ilmu, maka katakanlah: “Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita ber-mubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.”

Kata mubahalah dalam ayat ini lebih tepat bila diartikan menguji kebenaran dan berharap petunjuk dari Allah SWT atas persoalan-persoalan pelik yang tak mudah dipecahkan. Termasuk, dalam ayat itu, berkaitan dengan Nabi Isa AS.

Entah mengapa, menurut penstudi Islam Muhammad Rusmadi, di kalangan masyarakat Islam Jawa Timur, kata mubahalah diartikan sebagai sumpah pocong. Padahal, kata pemimpin redaksi Tabloid Haji yang juga pimpinan Majelis Taklim dan Dzikir Pengantin Sakaratul Maut itu, minimal kata mubahalah dapat diartikan dengan ”perang doa.”

Dalam mubahalah, pihak-pihak yang berbeda pendapat, bertemu di satu tempat dan saling memanjatkan doa kepada Allah agar ”menimpakan laknat kepada salah satu dari dua pihak yang berdusta.”

Sementara dalam praktik mubahalah yang dikembangkan sementara kalangan masyarakat Islam di Jawa, pihak-pihak yang berbeda pendapat dikafani, umumnya di dalam masjid dan disaksikan jamaah, lantas bersumpah bahwa mereka tidak berdusta.

”Itu mungkin pengaruh dari keyakinan yang lebih dahulu ada dan berkembang di kalangan masyarakat lokal,” kata Rusmadi kepada myRMnews, Rabu malam (11/6).

Demikianlah, Habib Rizieq tak menyampaikan ajakan sumpah pocong kepada Gus Dur. Dia hanya mengajak Gus Dur ber-mubahalah mengenai status Ahmadiyah. Adalah pemaknaan secara awam bahwa mubahalah sama dengan sumpah pocong, yang kemudian melahirkan cerita tentang Habib Rizieq menantang Gus Dur sumpah pocong.

Wallahualam bi sawab.

About these ads

81 thoughts on “Membongkar “Sumpah Pocong” Habib Rizieq

  1. habib rizieq itu sebenarnya sudah dewasa belum sih? pake acara ngajakin sumpah pocong segala, lagian tuh orang yang ada diotaknya cuma kekerasan doang. apakah memerangi kezaliman harus dengan kekerasan? bukankah dalam islam kita boleh melakukan kekerasan kalo kita memang di kerasi.
    lagian massa FPI mau aja ngikutin orang yang plin-plan kaya habib rizieq uang menarik kembali BAP padahal dia sendiri yang sudah nanda tanganin.
    mendingan habib rizieq suruh cuci kaki, minum, susu, terus tidur dah. soalnya otaknya kaya bocah

      • setuju bro,saya jg ga rela kalo habib rizieq di bilang blm dewasa alias kekanak2an.
        Tapi saya akan sangat setuju kalo habib rizieq dapat gelatr HABIB SABLENG.
        Setuju….?
        tekan angka 1 bro.

        HIDUP GUS DUR

    • gw jg setuju habib sableng ..?? emang bener ahmadiyah itu sesat tp tidak dengan brutal dan anarkis menangani hal2 yg di luar islam…
      itu sama aja merusak nama islam dan nabinya..! seolah2 islam kejam keji!! gma orang non muslim simpati dan terharu melihat ajaran islam , kalou rata2 kekerasan di islam,apalagi teroris aja udah bwa nama islam ga baik ini mau nambah lagi nama islam jadi jelek d mata non muslim,

      • goblok lu smua
        lu tw spa tuh habib rizieq kn? Dy tuh zuriah’a Rasullullah
        klo ngomong jgn sembrangan
        terkutuk lu yg udh brani menghina zuriyah Rasullullah

      • Muhaimin..
        orang masuk islam bukan karena simpati.. tapi karena hidayah dari Alloh SWT. lu bilang mau nambah lagi nama islam jadi jelek di mata non muslim?.. yang nilai baik atau buruk itu Alloh SWT bukan orang non muslim.. orang non muslim itu yang bakal kekal di Neraka.. apa perlu kita meminta penilaian dari orang2 ahli neraka…
        kalo emang loe ga ngerti agama.. pake lah sedikit logika.. biar masuk akal.. zehahahaha… nama muhaimin.. tapi pengen dinilai ama orang non muslim.. riya loe..

    • Woi buat rakyat indonesia baca dulu artikelnya yang jelas habib rizieq tdk mengajak sumpah pocong tp,”bermubahalah” antum ngerti islam gak sih? antum Jangan asal sembarangan kalo ngomong di pikir dulu untuk menegakkan amar ma’ruf nahyi munkar ada caranya jadi gak sembarangan NGAJI YANG BENER jangan cuma dapat info dari media televisi BANYAK PENYESATAN OPINI antum kalo menghina FPI & Habib Rizieq antum berdosa taubat sama Alloh SWT banyak para ulama di FPI Al-ulama waratsatul anbiyaa ulama itu warisannya para nabi. Kalo antum gak sadar & gak bertaubat2 masih seenaknya aja ngejelekin & menghina ulama siap2 adzab Alloh sangat amat pedih. Naudzubillah min dzalik.

  2. saya rasa, apa yang dilakukanoleh habib itu adalah puncak dari perbedaan pendapat dengan gusdur. tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini gusdur lah yang selalu membuat ‘masalah’ dengan mainstream kaum muslimin pada umumnya.

    dengan mubahalah itu, nanti akan menjadi nyata siapa yang benar dan siapa yang salah,dihadapan allah, karena allah sendiri yang memutuskan.

    kalau dulu rosul muhammad mengajak mubahalah dengan pendeta yahudi untuk mengetahui keyakinan mana yang salah,apa yang dibawa muhammad atau yahudi

    demiian juga sekarang, keyakinana ala habib atau gusdur yang benar. dan kita harus jujur, siapa saja nanti yang ‘kalah’, apara pengikutnya pun harus mengakui dan meninggalkannya dan mengikuti kebenaran.

    dan yang lebih penting, ini sekaligus jawaban dari habib, ‘ini’ adalah bukan cara kkerasan yang selama ini dituduhkan kepadanya.

  3. Memang menurut pemahaman saya selama ini, pak GUR DUS (eh… kebalik, gus dur) kadangkali menjadi akar permasalahan dari beberapa kasus. Beliau ini sering melontarkan pemikiran-pemikiran dan pendapat yang tidak sejalan dengan orang kebanyakan (baca: normal).
    Sebetulnya dia dapat dijadikan panutan dan dijadikan sebagai guru bangsa, sesuai dengan kapasitasnya yaitu sebagai tokoh besar. Bahkan bagi pengkut fanatiknya, beliau ini dijului sebagai wali (setidaknya oleh istrinya sendiri). Tapi justru kadang-kadang (baca : sering), bukanya menjadi guru yang dapat merangkul semua muridnya, malah justru berusaha supaya diantara muridnya terjadi perbedaan pendapat dan berkelahi. Contoh kongkrit dengan lingkup yang lebih kecil, beliau sebagai pendiri dan tokoh di PKB. Pada partai itu selalu terjadi konflik yang disebabkan dan sengaja diciptakan oleh sang ‘guru ‘ ini.
    Gimana mau jadi guru bangsa, bahkan jadi guru PKB saja sering bikin ‘devide et impera’ dan politik belah bambu.
    Belum lagi dalam mengurus partai, sang guru ini terkesan nepotan, bayangkan petinggi-petinggi di partai itu pasti ada hubungan kekeluargaan dengannya, kebanyakan dari mereka adalah keponakannya.

    Maaf, komentar saya bukannya mengenai habib rizik, tapi mengenai gus dur. semoga dapat mencerahkan khususnya yang selama ini cinta mati terhadap gusdur (pejah gesang nderek gusdur).

  4. Org yg prcya gusdur tergolong org2 munafik,,ulama macam ap gusdur,,!Eh pembela gusdur yg bnci Hb Riziq.Sya bri tau y.Memg btl Islam tak melajarkan kekerasan contoh rosul memg bnr beliau px akhlak,beliau dludahi sm seorang kafir beliau sabar krna it hal pribadi namun kalau ada yg menghina Islam atau melecehkan islam Rasul pun siap berperang krna Islam Punya Allah..!

    • Sedangkan Org2 yg prcya terhadap hasutan HABIB RIZIEQ tergolong org2 murtad,,habib macam apa RIZIEQ?,,!Eh pembela RIZIEQ yg bnci GUS DUR.Sya bri tau ya..
      kok mau sih sampean di apusi Hb rizieq?

      • mamen… dari segi apa loe bilang murtad kami orang yang percaya ama Habib Riziq…
        bisa dijelaskan?.. jangan cuman ngomong doang tapi tanpa bukti..

      • hey bung….
        jangan asal bilang kalo followers habib Rizieq itu Murtad…
        coba anda jelaskan kalo kata2 anda itu memang benar…
        BODOH sekali anda…

    • maaf saya ingin komentar sedikit!
      mnurut saya mereka ber-2 sama2 gx ada bagusnya, hb riziq sring mlakukn kekersan dan prnah ingin mlawan pancasila, gusdur juga mngajarkan warga’a k aliran sesat…
      jd intinya islam yg mreka anut semua’a sesat sangt munafik n fanatik,,

      (islam milik allah??)
      kenpa rasul membla islam, apkah allah sndiri kurang kuat untuk mngatasi itu semua???

  5. yang salah itu aparat Pemerintah,..mereka itu semua banci,.mata duitan….kalau mereka mau bekerja dengan benar membrantas yang salah tentu saja orang2 habib riziq (FPI) tidak perlu susah payah turun untuk membubarkan ahmadiah,menutup tempat2 maksiat di bulan puasa dan lain sebagainya…bener nggak?,,Nah kalo Gusdur itu nggak usah diomongi lagi, dia memang selalu merasa yang paling benar, jelas-jelas Agama Islam di lecehkan,…kalau jaman nabi Muhammad dulu yg ngaku2 nabi besoknya tinggal nama kali…Nah skarang ahmadiyah ngaku2 ada nabi selain Muhammad dan mereka ngaku Islam pula…Kita bakar aja mereka Bro….

  6. mungkin ada teman – teman yang belum tahu kalau FPI itu melakukan sesuatu topengnya agama yaitu Islam namun dibalik itu semuanya adalah semata – mata demi uang, dimana Islam dijadikan senjata.
    Contoh kasus: beberapa tahun yang lalu di suatu universitas swasta di daerah Grogol Jakarta barat ada mahasiswa yang punya masalah dengan anggota FPI. Kemudian FPI mendatangi kampus tersebut, singkat certia semuanya selesai damai namun buka dari kesadaran tapi dengan memberikan uang. Mungkin mahasiswa yang angkatan 98 keatas tahu kejadian tersebut. Justru terkadang FPI memalukan Islam itu sendiri (sepertinya kiblat mereka dalah kekerasan)

      • eh..rizky, lu ngomong2 ttg agama, emang lu tau apa ttg agama lu… baca tu quran dan hadist… semuanya tentang perang lah…
        FPI tidak memalukan islam itu sendiri tetapi FPI adalah islam sebenarnya. gw bisa simpulkan, islam = kekerasan, peperangan, yang semua nya itu dari setan. gw ga takut ama owlohh lu. karena owlohh lu itu setan dan iblis. sekali lg baca tu quran dan hadish lu.

      • dodor boleh gua tau agama loe apa.. islam, kristen, hindu atau budha.. atau mungkin ahmadinjing.. biar gua bisa mendebat loe..

      • Dodor,,,
        JANGAN asal ngomong lu..
        Allah tulisannya Allah, bukan Owlohh… KAU pikir bisa dirubah2 nama Allah..
        BAGUS2 kAU NGOMONG TAI

  7. Sejak kehadirannya (tahun 1889), Ahmadiyah ditentang oleh sebagian besar ulama, mullah mainstream, mereka men-cap Ahmadiyah sebagai bukan Islam, bahkan di-cap kafir, sesat dan menyesatkan. Secara umum, mereka yang memusuhi Ahmadiyah itu tidak mengemukakan dalil dan hujah dari Alqur-aan dan Hadits Nabi Muhammad saw. Sebaliknya, Ahmadiyah dalam dakwahnya selalu menampilkan dalil dan bukti dari Alqur-aan dan Hadits, bahwa dia, Ahmadiyah itu adalah Muslim dan tidak menyimpang sedikit pun dari ajaran Islam. Dalam hal ini Ahmadiyah bukan saja menampilkan bukti-bukti tetapi siap diuji secara adil dan dengan itikad yang baik serta secara tulus ikhlas akan membuktikan di hadapan khalayak bahwa dia, Ahmadiyah itu tidak menyimpang sejengkal pun dari ajaran Alqur-aan dan Hadits.
    Sebagai contohnya, ulama di Indonesia pun mengeluarkan fatwa men-cap Ahmadiyah sesat dan menyesatkan, tetapi fatwa tersebut tidak didukung dan tidak didasarkan pada dalil-dalil dan bukti menurut Alqur-aan dan Hadits. Lebih jauh lagi Ahmadiyah dituduh “meresahkan masyarakat” dan di-diskreditkan serta dipojokkan dari segala penjuru, ini pun tanpa dalil dan bukti serta fakta. Karena pada fakta kenyataannya dalam sejarah, Ahmadiyah itu tidak pernah melakukan sesuatu yang melawan hukum, tidak pernah merugikan pihak mana pun, Ahmadiyah tidak pernah mengambil hak-hak dari orang lain, apalagi untuk merugikan umat Islam.
    Dalam menghadapi semua permusuhan itu Ahmadiyah selalu bersikap sabar dan tawakal, pasrah kepada Allah Yang Maha Esa, yang meyakini bahwa Ahmadiyah ini adalah didirikan dengan petunjuk dan dukungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga meyakini bahwa kebenaran ini tidak dapat dipadamkan oleh kekuatan duniawi apa pun, di mana sejarah akan membuktikan bahwa Ahmadiyah akan terus maju dan senantiasa akan berada di atas, insya Allah. Begitulah ceritera riwayat dari Jama’at-jama’at Ilahi itu di masa lalu dan di sepanjang masa. Para wali, orang-orang suci, Imam-imam Madzhab seperti Abu Hanifah, Ahmad bin Hanbal dan para sahabat, semuanya tidak lepas dari tuduhan pahit seperti itu.
    Untuk melihat dan menguji kebenarannya Ahmadiyah itu tidaklah sulit, asalkan dilihat dengan hati dan kaca-mata yang bersih dan tetap berpegang pada tali Allah, selalu mengikuti nasihat Nabi Muhammad Rasulullah saw., untuk tidak meninggalkan Alqur-aan dan Sunnah Rasul. Tetapi tidak menilai Ahmadiyah itu dengan secara terburu-buru, belum apa-apa dengan hati yang sentiment sudah menanam rasa antipati lebih dahulu. Namun demikian, kalau di satu pihak Ahmadiyah itu dimusuhi dan dianggap merusak agama yang seolah-olah kehadirannya itu bertujuan untuk menghancurkan Islam –naudzu billahi min dzalik- maka tidak semuanya manusia di dunia ini berpikiran keruh dan berkaca mata kabur. Mereka manusia-manusia yang bersifat adil dan mau melihat Ahmadiyah itu dari sumbernya yang asli, apakah dengan mempelajari buku-buku dan literaturnya langsung, ataukah melihat dari tayangan MTA – Muslim Television Ahmadiyya – Internasional, atau membuka internet dan web-site tentang Ahmadiyah – http://www.alislam. org; http://www.ahmadiyy a.or.id., dll. atau bahkan dengan melalui mimpi-mimpi yang benar, ada ratusan ribu orang dalam satu tahunnya, orang-orang yang dengan hati yang ikhlas dan penuh rasa syukur mereka minta bai’at dan masuk ke dalam Jama’at Ahmadiyah. Dalam perayaan seabad Khilafat Ahmadiyah 1908-2008, ada 350.000 orang lebih, yang masuk dan ikut ke dalam Jama’at Ahmadiyah selama satu tahun terakhir ini, ada ratusan buah mesjid yang dibangun dan/atau yang diserahkan kepada Jama’at Ahmadiyah oleh warga dan ulama mereka yang sudah bai’at itu; Mesjid di Calgary, Canada adalah satu mesjid yang baru selesai dibangun dengan biaya Can$15 juta. Mereka ini adalah orang-orang yang sudah menyadari dan mengakui bahwa Ahmadiyah itu adalah benar-benar membela dan mendukung Islam, bahkan berjuang mati-matian untuk meng-Islamkan seluruh dunia, agar seluruh umat manusia berada di bawah bendera dan standard Nabi Muhammad, Rasulullah s.a.w. Demikianlah Ahmadiyah sekarang sudah berada di 189 negara di dunia dengan jumlah anggotanya hampir 200 juta orang.
    Beberapa rujukan dari Kitab Suci Alqur-aan Allah SWT berfirman dalam Surah Yaa Siin:
    Yaa hasratan ‘alaa ‘ibaadi maa yaa tiihim mir rasuulin illa kaanuu bihii yastahzi’uun. (36:30)
    Ah, sayang bagi hamba-hamba- Ku! Tidak pernah datang kepada mereka seorang Rasul, melainkan mereka senantiasa mencemoohkannya.
    Innamaa tundziru manit taba’adz dzikra wa khasyiyar rahmaana bil ghaibi fa basysyirhu bi
    maghfiratinw wa ajrin kariim (36:11)
    Engkau hanya dapat menasihati orang yang mengikuti Pemberi peringatan dan yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah dalam keadaan tidak tampak, maka berilah dia khabar suka tentang ampunan dan ganjaran yang mulia.
    Di berbagai tempat di dalam Kitab Suci Alqur-aan, Allah Taala telah menerangkan tentang kehebatannya dari Sifat Dia Yang Ar-Rahmaan. Tentang arti dari Ar-Rahmaan itu adalah penyayang, pemurah, kasih sayang yang sedemikian, yang dilimpahkan, diberikan sebagai suatu kedermawanan dan kebaikan hati. Karena sifat-Nya inilah Dia itu, dengan tanpa membeda-bedakan apa agamanya atau suku bangsanya yaitu kepada setiap orang itu apakah ia termasuk pada suku bangsa apa saja, termasuk pada agama apa pun, Allah Taala itu melimpahkan kebaikan berdasarkan dari sifat-Nya ini, di mana setiap benda dan mahluk yang hidup semuanya memperoleh kebaikan ini. Allah Sendiri menyediakan kepada semua mahluk yang hidup apa saja yang mereka perlukan. Allah Taala menyediakan semuanya itu dengan tanpa diminta, dan tanpa usahanya dari pihak mereka. Kebaikan dari Tuhan ini yang Dia telah menerangkan dengan jelasnya bahwa keperluan dari semua mahluk hidup itu apa pun yang diperlukannya sesuai keadaan alamiahnya, Allah Taala menyediakan semuanya itu, baik keperluan yang bersifat duniawi dan jasmaninya maupun untuk keperluan spritualnya.
    Kualitas Ar-Rahmaan dari Tuhan dalam kategori kebaikan kedua di mana kita dapat mengatakan tentang kedermawanan- Nya yang bersifat umum lainnya yakni rabbul’alamiin. Di dalam Surah Al-Faatihah disebutkan juga terminology dari Ar-Rahmaan, nama ar-Rahmaan di dalam Kitab Suci Alqur-aan adalah dikarenakan Dia itu telah menyediakan bagi setiap mahluk yang hidup dalam bentuk dan bagaimana pun rupanya apa yang hidup ini, kemampuan dan kekuatan apa pun yang diperlukan dan bentuk bagaimana pun yang diperlukan serta apa saja yang diperlukannya, Allah Taala menyediakannya untuknya. Kemudian untuk kehidupannya dan kelanjutan hidupnya mereka pun mempunyainya, disediakan oleh-Nya untuk burung-burung sesuai apa yang diperlukannya dan hewan ternak apa yang diperlukannya serta untuk manusia sesuai dengan apa yang diperlukannya. Bukan saja itu, bahwa ribuan tahun sebelumnya penciptaan dari mereka ini, dikarenakan oleh sifat Rahmaan-Nya itu Dia telah menciptakan bintang planet dan cakrawala cosmos.
    Jadi, ini membuktikan bahwa sifat Rahmaan dari Tuhan itu tidaklah tergantung pada usaha-usaha orang, tetapi hal itu adalah semata-mata kemurahan yang dasar pondasinya sudah diletakkan sebelumnya penciptaan dari benda-benda tersebut. Tetapi orang, manusia itu mendapatkan bagian terbesar dari karunia sifat Allah Yang Rahmaan itu karena segala sesuatu benda lainnya itu mengorbankan dan mendedikasikan dirinya untuk keperluan manusia-manusia. Oleh karena itu kepada orang sudah diingatkan bahwa Tuhannya itu adalah Tuhan Yang Rahmaan. Ini adalah satu kebaikan besar bahwa seorang manusia itu yang kepadanya telah diberikan kesadaran dan intelligent, yang disebut sebagai mahluk yang paling tinggi kedudukannya, paling istimewa, paling tinggi di antara semua ciptaan itu. Oleh karena itu seyogianya orang ini haruslah bersyukur kepada Tuhan dan menyembah kepada-Nya. Tetapi pada kenyataannya mayoritas terbesar dari orang-orang itu berjalan pada arah jurusan yang berlawanan. Kebanyakan dari mereka tidak mengingat dan mengenal kepada Tuhan mereka. Mereka itu memang mengambil manfaat dari kebaikan dan kedermawan-Nya Tuhan, tetapi mereka, orang ini melupakan Dia. Dengan sifatnya Yang Rahmaan-Nya itu, Allah Taala mengutus Nabi ke dunia, yang memberikan kabar suka kepada orang-orang dan untuk memperingatkan kepada mereka. Nabi juga membimbing orang-orang ini dengan petunjuk yang diterima dari Tuhan, yaitu untuk melakukan amal baik, tetapi kebanyakan dari orang-orang itu tidak membuat dirinya bersedia untuk mengadakan reformasi. Para Nabi Allah ini merasakan kekhawatirannya akan apa yang terjadi pada orang-orang ini, dan Nabi ini merasa sangat-sangat khawatir. Kekawatiran mendalam seperti yang dirasakan oleh Y.M. Nabi Muhammad Rasulullah s.a.w. dalam Islam itu sehingga Allah Taala harus memfirmankan:
    Fa la’allaka baakhi’un nafsaka ‘alaa aatsaarihim il lam yu’minuu bi haadzal hadiitsi asafaa
    Surah Al Kahfi (1 ayat 6 :
    Maka boleh jadi engkau itu membinasakan dirimu karena merasa sangat berdukacita atas kelakuan mereka yang menyimpang, jika mereka itu tidak beriman pada jalan/keterangan dari Alqur-aan ini.
    Dan
    La’allakaa baakhi’un nafsaka allaa yakuunuu mu’miniin. Surah Asy-Syu’araa’ (26) ayat 3:
    Boleh jadi engkau (Nabi Allah) karena berdukacita itu sampai hendak membinasakan dirimu karena mereka itu tidak mau beriman.
    Tanggal 27 Mei 1908 merupakan hari bersejarah ketika Allah s.w.t. menganugrahkan kepada Jama’at Ahmadiyah yang didirikan oleh Al-Masih Yang Dijanjikan sebuah karunia berupa sistem Khilafat yang akan menjadi sarana pencapaian kemenangan dan keberhasilan bagi kejayaan Islam. Hari ini ganjaran Ilahi tersebut telah berusia 100 tahun. Tuhan menjadi saksi di mana kita dengan sujud syukur mengakui kalau setiap hari dari masa 100 tahun itu menjadi bukti bagaimana Khilafat Ahmadiyah telah menjadikan Islam cemerlang dan jaya secara global sehingga keseluruhannya bisa dianggap sebagai suatu mukjizat hidup yang berkesinambungan.
    Berkat Khilafat Ahmadiyah, kisah kemenangan Islam yang menyejukkan dan menggugah hati demikian agungnya sehingga pena sulit mencatatnya dan kata-kata terasa kelu mengukirnya. Sesungguhnya benih khidmat dan pengembangan Islam yang ditanam oleh tangan suci Masih Mau’ud a.s. sekarang ini telah berkembang menjadi sebuah pohon besar dalam naungan Khilafat Ahmadiyah. Seperti juga Kalimah Shahadat, akar pohon ini tertanam kuat di segala penjuru dunia dan dahan-dahannya mengisi alam semesta. Pembentukan missi di luar India bermula dalam era Khilafat Ahmadiyah dan sekarang berkat rahmat Allah s.w.t. di 190 negeri telah terbentuk Jama’at Ahmadiyah. Konvoi yang dimulai dengan 40 orang penganut, sekarang telah mencapai hampir 200 juta orang dan masih meningkat terus. Suara yang dikumandangkan dari kota kecil Qadian sekarang telah bergema di seluruh pelosok dunia. Allah s.w.t. meridhai suara ini dengan kebesaran dan penerimaan manusia dimana karena melihat kejernihan dan manfaatnya maka para intelektual di penjuru dunia terjauh pun mau mendengarkannya dengan tekun dan mengakui kebenarannya.
    Sungguh, dalam naungan Khilafat, gerakan Jama’at Ahmadiyah bisa mencapai keberhasilan global dimana tidak ada bagian dari dunia ini yang kalis dari berkatnya. Kita bisa mengatakan secara harfiah tanpa ada yang bisa menyangkal bahwa matahari tidak pernah terbenam di dunia lingkungan Ahmadiyah. Adalah suatu kenyataan bahwa pada setiap saat dan di setiap tempat, Allah s.w.t. menyinarkan matahari pertolongan- Nya dan kemenangan terus menerus bersinar di dunia Ahmadiyah dan dalam naungan keberhasilan Ilahi ini maka fajar kemenangan global dari Islam telah bertambah cerah dari waktu ke waktu.
    Bersamaan dengan pengembangan jaringan sentra-sentra penyebaran Islam di bawah bmbingan Khilafat Ahmadiyah, publikasi dari literatur dalam berbagai bahasa di dunia sudah menjadi suatu keberhasilan tersendiri. Di bidang literatur yang paling menonjol adalah terjemah kitab suci Alqur-aan. Apakah bukan suatu mukjizat bahwa dalam waktu beberapa tahun dari masa Khilafat Ahmadiyah keempat, Jama’at ini telah sanggup mempersembahkan terjemah Al-Quran dalam bahasa-bahasa dunia dua kali lebih banyak dari jumlah yang dilakukan umat Muslim lainnya selama 300 tahun yang silam? Berbagai pilihan ayat Al-Quran, Hadith dan nukilan tulisan Masih Maud a.s. telah diterbitkan dalam lebih dari seratus bahasa. Literatur Islam dipublikasikan dan diedarkan dalam jumlah luar biasa banyaknya. Skema `ekshibisi buku’ yang ekstensif mempunyai peran penting dalam penyebaran Islam.
    Kemashuran Jama’at Ahmadiyah antara lain dikenal melalui pembangunan mesjid-mesjid di seluruh pelosok dunia. Komunitas ini telah membangun ribuan mesjid. Aplikasi dari ajaran Islam dalam bentuk pendirian lembaga pendidikan dan kesehatan di Afrika Timur dan Barat berikut jasa pelayanan masyarakat yang diberikan telah memenangkan hati orang-orang di daerah itu kepada Islam. Di zaman penjarahan dan perampokan di daerah tersebut seperti sekarang ini, Jama’at Ahmadiyah berkesempatan memberikan kepada mereka akomodasi bagi para yatim dan janda melalui proyek perumahan `Baiyut-ul Hamd.’
    Jama’at Ahmadiyah selalu memegang peran teladan dan terdepan dalam upaya pertahanan kehormatan dan nama baik Islam. Sepanjang menyangkut pengurbanan bagi kejayaan dan kemajuan Islam, setiap bagian dari masa sejarah Jama’at ini penuh dengan segala peristiwa yang menggugah hati.
    Jama’at ini benar-benar memberikan pengurbanan nyawa, waktu dan kehormatan bagi penyebaran Islam, dimana semua pengurbanan itu telah mengingatkan kita pada ingatan tentang para Sahabat di masa lalu. Siapa yang tidak mencintai nyawanya sendiri? Mengabdikan nyawa yang demikian berharga ini bagi kejayaan Islam, mempersembahkan anak-anak yang belum dilahirkan sebagai wakaf bagi pengembangan Islam, hijrah dari negeri sendiri dalam rangka penyebaran agama dan ada yang sampai harus menyerahkan nyawa dan terkubur di tanah asing, digebuki sampai mati karena berani mengucapkan Kalimah Tayyibah, mengenakan belenggu dan menciuminya dengan kasih, dipenjarakan karena kecintaan kepada Islam serta menghabiskan umur bertahun-tahun dalam sel penjara yang gelap, memikul derita dan menyerahkan nyawa dan dengan itu menulis kisah pengabdian dengan darahnya sendiri, semua ini merupakan manifestasi dari bentuk pengabdian tersebut.
    Singkat kata, tidak ada cabang apa pun di jalan menuju kemajuan Islam dimana Jama’at Ahmadiyah tidak ikut berperan. Di semua tahapan dari jalan itu akan selalu ditemui jejak kaki semangat para Ahmadi yang memandang Islam sebagai suatu hal yang lebih berharga dari nyawanya sendiri. Allah s.w.t. berkenan mengaruniakan kehormatan dan privilege ini kepada para Ahmadi karena pada saat ini di muka bumi ini hanya mereka itu saja komunitas yang memiliki fondasi yang amat kuat berkat naungan seorang Imam mulia yang dipatuhi sepenuhnya.
    Ini adalah satu-satunya Jama’at yang mendapat bantuan Tuhan karena diberkati dengan Khilafat, dimana mereka memahami benar kapan saatnya bangkit karena suara pemimpin ruhani mereka dan kapan saatnya duduk dalam perintahnya. Sesungguhnya inilah komunitas dimana kecintaan seorang Imam bagi anggota Jama’atnya lebih besar dari kecintaan ibu mereka sendiri. Semua anggota Jama’at menghormati Imam mereka. Berkat dari Khilafat yang terpusat di satu tangan telah menghasilkan mukjizat ini dimana puluhan juta Ahmadi telah memberikan kinerja luhur dalam pelayanan dan penyebaran Islam, dimana umat lainnya yang menyebut dirinya Muslim tidak sanggup melakukannya. Yang menjadi dasar dari semua itu tidak lain adalah karena Allah s.w.t. berkenan menganugrahkan berkat Khilafat kepada Jama’at Ahmadiyah. Adalah suatu kenyataan bahwa kesempatan untuk berjuang dan berkurban demi Islam juga erat berkaitan dengan Khilafat.
    Hadhrat Khalifatul Masih II menyatakan bahwa: `Perhatikanlah, kita telah menyebarkan Islam ke seluruh pelosok dunia, tetapi apakah kalian pernah merenungkan bagaimana penyebaran itu bisa terjadi? Disini ada sebuah sentra dimana mereka yang mencintai Islam dalam hatinya bisa berkumpul dan secara bersama berjuang demi kejayaan dan kebangkitan kembali Islam. Kelihatannya hanya segelintir manusia namun nyatanya mereka memiliki kekuatan luar biasa, dimana mereka berhasil melaksanakan tugas-tugas besar yang signifikan. Sebagaimana juga air hujan turun dari langit dalam bentuk tetesan-tetesan, dan tetesan itu menjadi kucuran yang kemudian menjadi sungai, begitu pula kita memperoleh peningkatan dalam kekuatan dan kehormatan. Dasar pertimbangan dari semua itu hanya karena Allah s.w.t. telah menganugrahkan kepada kalian berkat Khilafat.’
    Beliau juga menyatakan: `Islam tidak akan mungkin berkembang kecuali dengan adanya Khilafat. Sepanjang sejarahnya Islam maju karena Khilafat dan di masa depan pun juga akan maju melalui sarana ini.’
    Selama masa Khilafat kedua muncul gangguan di mana Kelompok Ahrar secara nasional mulai menggerakan upaya eliminasi Jama’at. Guncangan karena pemisahan India – Pakistan telah memaksa Jama’at hijrah dari sentra permanennya dan mendirikan sentra baru di Rabwah. Komunitas ini baru saja menjejakkan
    kaki ketika pada tahun 1953 muncul pergolakan nasional menentang Jama’at. Partai Haqiqat Pasand memanfaatkan situasi itu dan secara internal mencoba memecah belah dan menyesatkan komunitas. Semua kegalauan itu muncul silih berganti, namun setiap kali berbenturan dengan batu karang yang bernama Khilafat, semuanya pecah berantakan. Kelompok Ahrar limbung dan rencana kotor para munafik pun dimusnahkan.
    Tangan Tuhan yang Maha Perkasa telah memberikan kemenangan dan kemajuan kepada Islam melalui Khilafat. Dalam era Khilafat ketiga dalam kegalauan tahun 1974, kembali para musuh mencoba dengan segala daya untuk memusnahkan komunitas ini, tetapi sebagaimana biasanya mereka pun gagal dan dipermalukan. Banyak sekali para Ahmadi yang beruntung menjadi sahid, harta benda mereka dijarah, rumah mereka dibakar namun tidak ada yang mampu merampas keteguhan hati mereka atau menghapus senyum dari wajah mereka.
    Di awal masa Khilafat keempat, musuh-musuh Jama’at karena terpana melihat personalitas karismatik dari Khalifah saat itu, lalu meningkatkan usaha perlawanan mereka sampai ke puncaknya dalam bentuk diterbitkannya ordonansi XX/1984 yang mengkafirkan Jama’at Ahmadiyah. Akibat dari ini adalah hilangnya nyawa beberapa orang saleh yang disahidkan serta masih banyak lagi tawanan di jalan Allah yang terkurung dalam kegelapan sel penjara. Namun Tuhan menjadi saksi bahwa matahari kemenangan yang muncul di ufuk Ahmadiyah telah memeterai upaya para musuh itu dengan kegagalan. Allah yang Maha Kuasa telah meniup lenyap mereka yang demikian nekadnya berusaha memupus Jama’at. Dimana sekarang keberadaan tirani yang menganggap dirinya demikian kuasa yang mengatakan bahwa para Ahmadi akan dibuat menjadi pengemis dengan mangkuk mengemisnya? Kemanakah perginya tirani yang mengikuti jejak Firaun yang telah menyatakan akan memupus kanker yang katanya bernama Jama’at Ahmadiyah itu?
    Perhatikan bagaimana Tuhan kita telah memusnahkan musuh-musuh Islam ini dari muka bumi. Doa dari para pemuka kebenaran, para Khalifah Ahmadiyah telah menghancurkan keangkuhan tirani itu. Yang satu bisa dilihat tergantung mati di tiang gantungan, Juli 1979, sedangkan yang lainnya tubuhnya lumat menjadi debu yang tersebar di padang pasir dalam pesawat canggih Hercules Pak-One, Rabu, 17-8-1988. Demikian itulah selalu nasib dari para musuh Jama’at di setiap masa dan takdir masa depan mereka juga tidak akan jauh berbeda. Kemenangan satu per satu telah menunggu Jama’at Ahmadiyah di bawah berkat naungan dari Khilafat dan para musuh kita ditakdirkan untuk selalu gagal.
    Dengarkan wujud yang bicaranya ditopang oleh Tuhan, wujud yang dilindungi oleh-Nya, wujud yang dipilih sebagai penjaga bahtera Islam serta imam dari para mukminin zaman ini. Dengar dan perhatikan apa yang dikatakannya. Imam kita yang tercinta, Hadhrat Khalifatul Masih IV berkata: `Kita akan menghadapi berbagai perlawanan pasti di masa depan, tidak ada keraguan mengenai hal itu sama sekali karena sudah menjadi takdir dari Jama’at bahwa kita semua akan menghadapi berbagai kesulitan untuk bisa menapaki tingkat-tingkat kemajuan. Adalah kesulitan-kesulitan tersebut yang akan menjadi pelengkap Jama’at sepanjang umurnya. Setelah perlawanan yang sekarang, akan ada lagi perlawanan yang lebih dahsyat dimana aku melihat bahwa masalahnya tidak lagi berkaitan dengan hanya satu atau dua pemerintahan saja. Banyak pemerintahan kuat akan bergabung merencanakan pemusnahan Jama’at ini. Tambah besar konspirasinya akan tambah besar pula tingkat kegagalan mereka.
    Para Khalifah yang terdahulu telah memberikan semangat kepada para Khalifah masa depan dan memberitahukan kepada mereka agar menempatkan keyakinan mereka kepada Tuhan semata serta tidak usah takut kepada semua musuh. Demi Allah, para Khalifah di masa depan pun akan selalu tetap berani dan bersabar serta bersiteguh seperti yang telah aku lakukan dan tidak akan merasa takut kepada kekuatan apa pun di dunia ini. Tuhan yang telah memupus para musuh rendahan di masa lalu, juga akan menghancurkan kekuasaan yang lebih besar dan lebih kuat serta akan menghapuskan mereka dari muka bumi.
    Jama’at Ahmadiyah sendiri tetap akan menapaki setingkat demi setingkat jenjang ke arah kemenangan. Tidak ada kekuatan dunia yang akan mampu merubah takdir ini dengan cara apa pun. Insya Allah.
    Sesuai dengan janji Tuhan, diletakkan kembali fondasi bagi kebangkitan kembali Islam di akhir zaman melalui seorang mujadid Ilahi. Allah s.w.t. telah mengutus Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad a.s. dari Qadian sebagai Manifestasi Kedua dari sosok Hadhrat Rasulullah s.a.w. dan menetapkannya sebagai Imam Mahdi dan Al-Masih Yang Dijanjikan, yang tujuan kedatangannya adalah untuk membangkitkan kembali Islam, menegakkan syariah dan menyelesaikan tugas penyebaran Islam sampai pada tahap kemenangannya. Semua para wali, orang-orang suci dan penafsir Al-Quran sepakat berkaitan dengan ayat: `Dia-lah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar supaya Dia memenangkannya atas agama-agama lain seluruhnya walau pun orang-orang musyrik tidak menyukai hal itu.’, bahwa kemenangan Islam di atas semua agama lainnya akan dimanifestasikan dalam segala kecemerlangannya dalam masa Imam Zaman ini.
    Surat At-Taubah -9- ayat 32:
    Huwal ladzii arsala rasuulahuu bil hudaa wa diinil haqqi li yuzh-hirahuu ‘alad diini kullihii wa lau karihal musyrikuun.
    Dia-lah yang mengirimkan Rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang hak supaya Dia meng-unggulkannya (menjadikannya agama yang hak ini dominant) di atas semua agama, walaupun orang yang musyrik tidak menyukainya.

  8. cm mo koment tentang Rakyat indonesia yang mengomentar habib Riziq………………………………………
    Cm mo bilang Makana NGAJI……………………
    klo mo Islam lebih dalam………………………..
    pke Habib Riziq dicemoh mohinn…………………..

      • memang islam menyukai perdamaian..
        trus loe bisa jelasin ga kenapa pada zaman Rosul, Rosul pernah berperang, di al qur’an dan hadits pun menjelaskan tentang perang.. loe bisa jelasin ga…
        zehahahhahaa…

      • buat laskar fpi : woi bener lu pake nama “laskar fpi”? jangan2 lu bukan laskar fpi jangan asal sembarangan kalo ngomong makanya lu NGAJI yang bener. Gue yakin LU PASTI BUKAN LASKAR FPI lu harusnya yang di ajari ngaji. JANGAN MEMECAH BELAH UMAT ISLAM.

  9. kita jg asal menyalahkan tp kita harus objektif dlm meliat masalah dan membantu apa yg diperjuangkan oleh FPI krn sy yakin dan sy bisa menjamin bahwa perjuan habib dan teman teaman fpi untu kebaikan bangsa

      • q heran apa hubungannya NKRI sama ptilaku hedonisme orang indinesia ya, kok klo ada orang negur bangsanya untuk tdk bermksiat sama Allah djadikan mengancam NKRI, sy kira semua agama dan kebudayaan rdk se 7 dgn hedonisme…. atau rakyat kta lupa malna pancasila sila ke 1? BC KITAB SUCINYA MASING2, PELACURAN, GAUL BEBAS, N KONCO2NYA KAGAK DIRIDHOIN sm smua kitab…..kg masih benci sm orang yg ingin mencegah kerusakan… klo gt ya udah rusak aja…mau hamil duluan, mabok2an, trlanjang ala playboy atau nudis d pasar2,jd nabi br ataupun berjamah dg segala pendapat2 nyeleneh….silakan…monggo lakonE, wong HR kalian tdk akan tenang dengan apa yang namanya KEBEBASAN

      • yang namanya laskar fpi itu siapa ya, kalo kamu aja cuman bisa menghujat ulama…trus apa kamu itu lebih baik dari yang kamu hujat………tolong kalo berkomentar yang rasional dan mendidik. Kalo kamu aja cuman bisa menjelek2kan para ulama….saya yakin kamu itu cuman islam KTP. sy dari tadi baca coment2 kamu kok bernada profokasi ya…….I love you Gusdur, I love you Habib….

  10. seorang habib harusnya bisa lebih arif berjiwa tulus ga kayak bos preman g2 emang lu sape dan catatan penting jangan mengatas namakan agama untuk kelakuan preman kya g2 kasian yang jadi korban..bwat aparat jangan takut nd harus lebih tegas lg klo perlu bubarkan saja …hidup INDONESIA

  11. gusdur lebih menghargai umat lain (pluralisme), dan habib risieq tidak pernah menghargai umat lain!
    apa bedanya dengan yahudi, yang menganggap kaumnya paling suci….hargailah mereka yang punya kepercayaan masing….
    kalian yang menghujat yahudi, tidak beda prinsipnya edengan yahudi…..

    • umat muslim yg menghargai umat lain (selain islam) sama dengan menghargai kemurtadan.
      jika anda muslim dan tidak menganggap islam suci maka anda telah lepas dari iman dan islam alias murtad sejak April 30, 2010 at 3:12 pm.
      tetapi jika anda non-muslim, yah terserah anda mau bilang apa juga, soalnya pada hakikatnya semua agama selain islam adalah sama aja..sama-sama ngaco!

      di akhir zaman ini Islam sudah tinggal namanya saja, jadi wajar saja jika seorang Habib Rizieq dicemooh toh muslim2nya juga pada bodoh..tidak brbeda sprti prjuangan Rasul Saw dahulu, bukan hanya dicemooh oleh kafirin bahkan oleh muslim pun dicemooh.

      Apakah kalian tidak pada tahu apa itu makna gelar habib? Dan bagaimana kedudukan habib dimata islam? jika tidak tahu berarti anda BODOH!

      • “Umat muslim yg menghargai umat lain (selain islam) sama dengan menghargai kemurtadan”

        Menghargai dalam hal apa maksudnya nih Bos???
        Klo gw bilang gini gimana, banyak koq umat muslim yg bekerja diperusahaan milik umat non muslim, klo gitu suruh dong mereka pada resign dari perusahaan itu..terus lo yg biayain hidup mereka jangan menghujat-hujat agamanya dan orangnya tapi soal kerjaanya mau…

        Bukankah habib itu manusia juga bos???

    • mana bukti Habib Riziq tidak pernah menghargai umat lain.. mana buktinya..
      toh di al qur’an juga sudah tertulis lakum dinukum waliadin..

  12. yang jelas kita bisa lihat yang mendukung rizieq adalah orang2 yang menginginkan Indonesia bersih dari maksiat , sedangkan mereka yang mendukung “gusdur” adlah para pencinta maksiat…wkkkkkkkkk…

    • iya, orang yang mendukung Habib Rizieq adalah mereka yang mendukung Indonesia jauh dari kemaksiatan dan kemungkaran.
      Dan mereka yg mencemooh Habib dan perjuangannya adalah yang mendukung kemaksiatan, doyan mabok..doyan kebebasan..HAM..HAM..HAM..katanyaa.
      Jgn salahin kami kalo ntar ada misionaris atau siapapun itu yg berani melecehkan ISLAM dgn membuat ajaran sesat ada yang mokad, itu kan hak kalian berbuat kayak gitu dengan perlindungan dari HAM..jadi kami mau pake dalil HAM untuk kebebasan membacok org2 kayak gitu..

  13. UDAH SURUH AJA SI “BRISIEK” DAN KONCO2X PERGI JIHAD KE PALESTINA ITUNG2 NGURANG2X IN PERUSUH

    PS: 1. OH YA BAWA JUGA SKALIAN SI AKI2X “ABU BAKAR BAASHIEEET” MAYAN JADI SASARAN PELURU PERTAMA ISRAEL WEKEKKEKE…
    2. ORANG2X YANG BERJIHAD OTOMATIS DICABUT KE WNI AN NYA SO KALO MAMPUS TANGGUNG SENDIRI….
    3.ONGKOS DITANGGUNG SENDIRI DUOONK MASA PEMERINTAH LAGEEE YANG NGASIH….

    • mas suhartoBLOWJOB, apa gk malu membuat coment kayak gitu…bagaimana bila anak ato istri kamu baca…ato orang tua kamu baca…apa pantes. kamu juga menghujat namanya….tolong ya coment juga dicatat sama Allah, ……..

  14. FPI goblok,tau ga sih kalau Tuhan ga perlu di bela.lha wong kamu aja takut mati koq mau perang mlulu…hidup gus dur akan ku teruskan perjuanganmu

    • mas ibnu, malu ah sama coment kamu…kata2kamu kasar….yang membela Allah ya orang islam…..kata2 kamu gk mendidik, kata2 kamu gk mencerminkan orang islam, kata2 kamu sering sy denger di pasar…..sumpah mas.

  15. Serem banget sich!yang lebih serem lagi donk gambar-gambar biar orang pada takut.apa;lagi cerita-cerita tentang pocongnya,yang lebih serem lg ya,,,,,,,……..thx

    • mas Naufal, kalo kamu mau tahu…fir’aun juga gk pernah dipenjara, tapi ternyata dia musuh allah juga kan….gk semua orang yang dipenjara itu bersalah ya…pahami itu kalo mau coment…yo’ pada coment yang mendidik

  16. Gusdur prnh brkata:
    1. Al-qur’an adalah kitab suci paling porno sedunia.
    2. Semua agama itu sama, syurga mempunyai bnyk pintu dan smua agama bisa memasukinya.
    3. Sebaiknya Assalammu’alaikm dihapus saja dan di ganti dengan ucapan slamat pagi atau yg lainnya.
    4. Gusdur pernah mendapat penghargaan dari yahudi.
    5. Sampai mati pun saya akan membela ahmadiyah.
    6. Waktu sedang rame-ramenya inul daratista di kecam dan di cekal bnyk pihak, gusdur bilang ‘teruskan saja nul jgn takut, kalo perlu nanti saya turunkan smua BANSER utk membelamu’

    Masih pantaskah gusdur di sebut sebagai ulama? Masih pantaskah gusdur disebut sebagai orang islam? Jika anda orang islam, pikirkanlah..

  17. “Kenapa jaman sekarang sesama umat islam gampang diadu domba dan gampang dihasut, yang Halal jadi haram dan yg haram jadi Halal. Ulama tidak dihormati tidak dipanuti, dijauhi, dicemoohkan.
    Seandainya Nabi Muhammad SAW yg kita cintai ada pasti beliau malu, sedih dan menitikkan air mata, melihat umatnya terpecah belah. kita harusnya instropeksi dan menahan diri semuanya.

  18. gua sukaaaaa banget ni sm yg bginian..pecah belah..manusia emang bego..panteslah klo neraka dihuni manusia sm jin..makasih banyak sobatku dajjall..misimu suksesssssss..aaahahahahahahaha

    • habib ulama itu pembela islam , yang benar kenapa di bubarkan? seharusnya pemeritahan yang ga adil dan banyak korupsinya yang di bubarkan , kasian masyarakat! dan yang menghina agama yang diperingatkan. trimkasih

  19. Subhanallah…Tak cukupkah air mata dan darah mengalir di negeri ini?haruskah terlarut pada sebuah nafsu dan amarah?membela kelompok satu dengan yang lain?Allah SWT Maha Mengetahui apa yang kita kerjakan, DIA tidak pernah tidur…Apakah kita selalu menuntut Keadilan?Adilkah kita dengan diri kita?Ya, Allah Yang Maha Suci…jadikanlah kami semua umatMu yang selalu bersabar menyikapi ujian dariMu, Jadikanlah para pemimpin negeri ini menjadi pemimpin yang bijaksana….Ya Allah SWT, Ampunilah dosa-dosa kami semua….Tiada daya dan upaya, Engkalaulah pemilik kerajaan langit dan bumi…Ya Allah terima kasih telah Kau berikan kami perbedaan pendapat sehingga kami bisa mengevaluasi diri kami semua….Amin.

  20. berjuang mencari ridho Allah bukan mencari ridho manusia terlebih ridhonya kafir. Maju terus ulama2 pejuang . sebagaimana ulama dulu,imam bonjol,diponegoro,sentot ali basa, teuku umar,tuan haji dan banyak yg lain. engkau sekalian adalah pewaris Anbiya. jangan hiraukan bau busuk mulut sundal anjing kumpeni penjilat yg mengidolakan bule2 kufar.

  21. Hay.. Hay.. Hay.. Yg blom dewasa itu bkan mereka ber’2.. Tp kalianlah yg belum dewasa.. Kalian jgn sok ngerti ngomongin mereka,, kl emang kalian manusia yg ber adab n ber agama.. 1 hal yg harus kalian tau.. Jgn pernah ikut campur kl g tau urusannya.. Sekalipun kalian tau g usah pke ikut campur kl kalian g punya urusan sm mereka.. Kalian itu harusnya cukup tau ajah.. G perlu mencibir or menghina mereka..!! Hay hay ingat.. Kalian bukan tuhan.. Kalian itu bukan apa2.. Di mata tuhan kalian itu g ada apa2 nya.. So.. Yg lebih mengerti, lebih tau, n lebih paham itu.. Allah S.W.T ialah tuhan dr segala tuhan.. Tiada tuhan selain allah.. Dy maha segalanya.. Inget itu kawan..!!! Berfikirlah selagi kalian dikasih fikiran..!! Renungkanlah selagi kalian bs merenungkan itu smua..!! Jgn terlambat sebelum allah mengambil nyawa kalian.. N kalian tidak bisa mempertanggung jawabkan perbuatan n perkataan kalian di akhirat nanti.. Naudzubillah..

  22. haha.. orang orang non muslim pasti pada ngakak liat komentar2 ini..
    ada yang sok paling bnr ampek nyatain kalo ada yg murtad.gara2 koment yg dia gak setuju..lucu..
    ada yang bilang lu tau apa tentang agama..laah..emang dia bnr???arogansi,fanatisme..ribut sesama agama…weh
    tinggal disulut aja ni.perang deh antar ISLam…
    kalo gw si menjalankan rukun Islam aja dengan baik.. gitu aja kok repot

  23. Sst ! Jgn menghina Gusdur Alm. Kasihan, katanya di Iskam tdk blh menghina org yg meninggal? Kok pada menghujat? Kalau Gusdur meninggal, meninggalkan nama baik. Kalau ketua Gangster yg ktnya keturunan Nabi, kalau meninggal akan meninggalkan kenangan mencekam krn ulahnya yg membuat rusak Gereja tempat yg katanya maksiat (tp versi si Sorban itu tuh) ojo nesu wong kenyataan kok. Sana tobat dulu dan buang semua koleksi majalah video pornonya duluan. Biar olllohnya meridoi.

  24. Salah satu tujuan diturunkannya agama ke muka bumi adalah untuk mengatur kehidupan agar tidak rusak binasa semuanya, selain itu Islam adalah sebagai rahmat bagi seluruh alam. Betulkah kita tidak pernah berbuat kerusakan dan sudah ikut menebarkan rahmat di bumi alam yang disana-sini sudah rusak seperti sekarang ini ?. Kalau belum marilah kita berusaha mulai saat ini .

  25. Sudahlah, sudahi kesalah pahaman. Kalian semua benar, tinggal bagaimana mengaplikasikan kebenaran itu dengan cara-cara yang santun dan bermartabat. Belajarlah pada sosok Rabiah al-Adawiyah, yang menumpahkan seluruh cintanya hanya untuk Allah. Karena saking cintanya kepada Allah, ia tidak membenci syetan sekalipun, karena syetan juga ciptaan Allah. Tentang Ahmadiyah, kita hanya menyerukan, mengajak, dialog, diskusi dan berdebat dengan mengedepankan argumen al-qur’an dan hadits tanpa melibatkan nafsu madzmumah. Setelah itu, biarkan Allah memberikan penilaian, hidayah atau apalah namanya. Karena hanya Allah yang berhak memberikan hidayah atau menyesatkannya sekalipun. Umat Islam bersatulah, masih ada masalah besar yang m embutuhkan tenaga dan pemikiran kita. Umat yang tertinggal, miskin dan kumuh adalah problem besar yang harus dicarikan solusinya. Wallahu a’lam bishowab.

  26. bismillahirrahmanirrahim..
    maaf untuk yang telah mencaci habib rizieq ,apa kalian telah mengetahui apa alasan mengapa beliau berlaku seperti itu ?
    apa kalian membennarkan maksiat dan kemungkaran berada dimana”? apakah keadilan di Indonesia sudah berjalan dengan baik dan sudah ditegakkan oleh para pemerintah? apakah syari’at hukum agama Islam yang benar sudah diterapkan di Indonesia ini? kalau kita membiarkan ada hal yang dapat meenimbulkan kemudhratan yang besar bagi agama ,kita sebagai umat Islam harus peka untuk menghilangkan kemudharatan tersebut. seseorang apalagi ulama dan orang dewasa ,mereka sebelum bertindak akan memikirkan dampak dan manffat dari perbuatannya.
    sebelum habib melakukan seperti itu, beliau sudah memperingatkan terlebih dahulu kepada aparat kepolisian ,sudah mmemusyawarhkan terlebih dahulu namun tidak ada respon yang baik sekalipun. seperti hal nya di masyrakat sekarang ini, maksiat dimana” di daerah lingkungan masyrkat, apakah kita sanggup menerima azab Allah yang akan diturunkan di dalam daerah tersebut, baik yang melakukan maksiat ataupun yang tidak ..maka nya kita sebagai umat Muslim harus saling mengingatkan dan harus ada pemimpin yang tegas dalam menegakkan syari’at Islam .di dalam Syari’at Islam sudah mencakup semua aspek dalam kehidupan ,baik bermasyrakat,beragama, berkeluarga,dll. semoga kita semua mendapat ampunan dari Allah SWT. dan semoga Allah mengampuni dosa-dosa orang” yang telah menghina agama islam,para ulama,habaib dan memberikan mereka hidayah dan hati yang bersih. Kita sebelum menilai seseorang harus bisa mempelajari dan menilai dari berbagai aspek,jngan diliat dari hal yang jelek nya saja ,lihat dari hal yang baiknya juga, apakah itu semua lebih mengandung kebaikan atau kejelkan. apakah smua tindakan yang dilakukan merupakan kebaikan atau bhkan kjelekan?. jngan melihat ssuatu dari satu keadaan .barangsiapa yang menolong agama ALLAH,niscaya Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. semoga ini menjadi pelajaran untuk kita semua.
    Trimakasih Wassalamu’alaikum.

  27. klo anubg@ agama telah di besarkan maka ia akan menjadi anjingyang sangat berbahaya…
    ya habibi riziq bin muhamaad shahab jika perjuanganmu tlah mendapatkan bayak hujatan dan hinaan oleh mereka kaum munafikin, enyah nanti siapa lagi yang akan membela agama Rasulllullah ini,ya rabb panjangkan dan Berkahkanlah umur Al Habib Riziq Bin Muhammad ashahab,krna jika meningaalnya Beliau adlah merupakan meningalnya Agama Suci Baginda Nabi.
    sudah jelaslah ia yang selalu mereka bela GUsdur tlah engkau Hinakan Dan engkau berikan kenyaataan atas satu Bukti, yaitu Makamnya Yang telah Beberapa Kali Amblas,,,
    ahsantum..Ahsantum ya Habibana Riziq….
    Cukupalah Laknatmu ya Rabb Bagi Mereka yang Menghina Pejuang Agama kekasihmu SayiduNa Musyafa’…
    Dan janglah kalian nanti Mengharapkan perjumpaan dengan datuknya Nabi Muhammad SAW terlebih lagfi syafaatnya, untuk kalian yang telah Menghina Para Dzuriahnya Rasulullas saw apalagi yang telah berani secara terang@an menghina dan menentangnya..
    Sudah cukup kedunian Membutakan hati Kalian sampai Para Mujahidpun Kalian Hina.
    sunnguh Binasalah orang2 yang telah Menyakiti Ulama para Pewaris dan cucu Nabi Muhammad saw.
    Entah Bencana apalagi yang akakn diturunkan kBumi wabil khusu Negara ini atas perbuatan Kalian Orang2 Munafikin.
    Sholu alaa Muhammad Ya Habib Riziq Ana Sangat Mencintaimu.
    Min Hamba Yang Dhaif

  28. Pada seluruh masyarakat indonesia, kalaulah daerah anda ingin aman, damai dan tidak ada kekerasan maka seluruh masyarakat untuk bergerak menolak masuknya FPI di daerah-daerah, karena selama ini FPI sumber kekerasan yang mengatasnamakan agama…TOLAK FPI (FRONT PREMAN INDONESIA) TOLAK KETUA PREMAN HABIB RIZIQ

  29. Sang Andhika mengomentari status HABIB RIZIEQ FPI: “assalamualikum..ga ada alasan untuk tidak secepatnya bubarin FPI…kalo pembububaran FPI berpotensi menimbulkan maslah baru…lbih parah lagi tidak dibubarin makin menambah banyak masalah…selamatkan negri ini dari budaya kekerasan dan pemaksaan…fpi hnya merusak citra islam dan bangsa indoneia aj..Islam bukan milik fpi…Islam trlalu jauh dari apa yg dikoar koarkan fpi..fpi sudah membentur benturkan maslah agama dengan sosial masyrakat,, keyakinan/keimananan itu untuk diamalkan dijalani sbagai bentuk keharmonisan hubungan hamba Dengan Sang Khaliq…(hablum minallah)…dengan sbenar2 menghamba dan mengabdi…yaitu mnjalankan syariat yg nyata dan meyempurnakan dengan hakikat yg bathin dalm hati..bkan memaksakan yg lain meyakini…apalagi merusak….yg tidak perna diajarkan Kanjeng Rosullullah SAW.,, dan para Waliyullah di indonesia dan tanh jawa….kenapa tidak ambil pelajaran dari cara mereka,,, yg santun, lemah lembut., penyayang pd sesama meski berbeda,, lalu menjaga hubungan antar sosial (hablum minnnas) dengan keharmonisan dalm perbedaan..bukankah isalm itu rahmatan lil alamin… , anehnya banyak generasi kita yg terpikat sepak terjang fpi yg frontal dan brutal…yg sering mengunakan kekeraasn,,….yg snagt bertentangan dengan dg ap yg dijarkan Rosulullah SAW dan sari islam itu sndri,,, fpi sudah jauh meyimpang dari apa yg mereka gembar gemborkan.., mengatasnamkan islam tp merusak islam…bahkan sepak tejangnya sdah masuk rana politik…anehnya fpi sendiri ga tau apa memamang pura2 ga tau batas batas yg harus dilewati…..kalo memamg demi menegakkan amar makruf nahi mungkar bantu itu masih banyak para kaum duafa, para anjal, dll,,, itu lebih nyata,,, drpada selalu gembar gembor demi menegakan syriat dengan paksaan dan kekerasan,,, bkan malah merecoki orng krja dan merusak ketentraman…(kekrasan hanya ada dalm peperangan.)….kalo jihad fisik disana dipalestina,, bkn disini tempatnya..kalo disin jihad itu memerangi hawanafsu yg ad dalm diri,,, bukan malh mengumbar nafsu dgn mengtasnamakan jihad dalm islam….memberantas kemungkaran diatas kemungkaran….nonsen..”,,,belajar lg apa itu ISLAM yg R A H M A T A N LIL ALAMIN,,,& apa itu makna BISMILLAHIROHMANIRROHIM….

  30. kalau menurut saya.
    dari semua komentar itu yang benar adalah yang tidak menyalahkan satu sama lain. artinya perbedaan dalam pendapat pasti ada. yang penting hargai pendapat oranglain, g usah mengumpat2 seperti itu, kaya’ DPR aja.

  31. ahmad: makam gus dur memang amblas.. tapi disitu di perlihatkan jika kain kafan gus dur masih utuh dan bersih.. padahal sudah satu tahun beliau di kubur.
    ;
    all:
    bukan tentang siapa yang lebih benar.
    gus dur udah meninggal, dan yang berkunjung ke makam beliau bs mencapai 2000 peziarah dalam sehari.
    nahhh… tinggal nunggu aja matinya habib riziq nanti seperti apa.
    (yah.. bukan berarti berdoa suapaya habib riziq cepet mati, tapi hanya ingin tau hasil tantangan mubahalah sang habib)
    toh, bangsa ini nanti juga akan membuktikan sendiri..

  32. FPI merusak nama baik Islam, FPI hanya mencari celah2 untuk menjual agama yg berujung setoran uang. Menjijikan sekali, dari tampangnya aja kliatan kg ada bersih2nya tuh mata dan wajah…..penuh kelicikan dan kebringasan!
    Brani ga kalian melawan koruptor2…..jng cuma bisanya nyerang yg lemah doang klo mo bicara kebenaran !!!!!!

  33. riziq tu hidup bergelimang harta, mobilnya aja mewah2, eropa punya lagi…. dari mana ente dpt duit? dari meresin umat ente ape dapet setoran proyek kerusuhan ?
    Haram tuh…hidup mewah dari ngejual agama, kerja yang bener dong, Nabi saja dapat rezekinya dr berdagang, bukan dari jual agama ……….Habib Al Munafik bin Biadab wassalam….

    • Bisa kasih bukti ? Kerjaan kamu dan ortumu apa ? Halal nggak ? Jangan asal ngomong, yg justru menjadikan halal darahmu !!!

  34. astagpirulloh…..

    pada Sadar Napa loh……
    biar loh pada koman komen s buanyak mungkin,
    APA koman komen loh ngaruh buat mereka

    loh pada kna pengaruh syetan

    mending loh pada panjatin do’a sama ALLAH

    biar mslah mereka di kasih Jalan kluar yg baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s