Masih Ada yang Percaya Barack Obama Orang Islam

“APA agama Barack Obama?” tanya reporter CNN Jeanne Moos kepada sekelompok pemuda Amerika yang berkumpul di pinggiran sebuah jalan di pusat kota New York.

“Islam,” jawab salah seorang diantara anak muda itu sambil tertawa di antara teman-temannya.

Begitu kata “Islam” terdengar, wajah anak muda itu langsung disilang merah, tanda jawabannya salah.

Tetapi remaja perempuan itu tidak sendirian. Beberapa orang lain yang diwawancarai Moos secara acak juga mengatakan mereka yakin Obama beragama Islam.

Sepasang laki-laki dan perempuan berbeda pendapat. Menurut si laki-laki, Obama beragama Kristen. Wanita di sebelahnya langsung membantah. “Islam,” katanya.

Moose lalu mengajukan pertanyaan, “Mengapa menurut Anda dia beragama Islam?”

“Karena itu yang dikatakan orang,” jawab si perempuan.

Seorang wanita paruh baya, dengan yakin mengatakan, “Dia (Obama) adalah seorang Kristen dari Ayah yang beragama Islam.”

Agama Barack Obama memang masih jadi perdebatan di sementara warga Amerika. Survei yang dilakukan NBC News/Wall Street Journal Polls, seperti dikutip CNN, menyebutkan sebesar 13 persen responden percaya bahwa Obama beragama Islam. Itu sebabnya, CNN merasa perlu ikut latah untuk menanyakan hal ini kepada orang-orang yang melintas di kawasan Time Square. Tayangan CNN itu masih dapat disaksikan di CNN.Com.

Dalam footage sebuah program komedi-politik bertajuk The Colbert Report yang ikut ditayangkan CNN, si pembawa acara sambil berteriak mengatakan, “Obama is a secret Moslem.”

Program komedi-politik lainnya, Real Time with Bill Maher juga menyinggung-nyinggung apa agama Obama sebenarnya.

Si pemandu acara ini, Bill Maher, bertanya, “Apakah Obama beragama Islam?” Maher menjawab sendiri pertanyaan itu. “No, he isn’t,” dengan nada yang meragukan.

CNN juga menayangkan footage program talk show terkenal 60 Minutes yang diputar CBS. Dalam episode itu Hillary Clinton hadir sebagai nara sumber. Si pemandu acara bertanya kepada Hillary yang merupakan saingan terkuat Barack Obama.

“Anda tidak percaya Obama beragama Islam?”

Hillary yang tampaknya tidak menyangka akan mendapatkan pertanyaan itu, menjawab, “Tidak ada yang dapat dijadikan sebagai alasan untuk itu (Obama beragama Islam), sejauh yang saya tahu.”

Nada suara Hillary juga menyimpan keraguan, atau setidaknya disengaja untuk menimbulkan keraguan di kalangan pemirsa.

Seorang laki-laki lain yang ditanya CNN mengatakan, “Dia (Obama) mengatakan dia orang Katholik. Tetapi menurut saya dia orang Islam.”

Pertanyaan yang diajukan berikutnya adalah, kalau Obama tidak beragama Islam, mengapa masih ada orang yang menganggap dia beragama Islam?

“Karena 85 persen orang Amerika suka mengabaikan,” ujar seorang laki-laki.

“Kebodohan (stupidity),” jawab seorang laki-laki paruh baya.

“Mereka tidak membaca,” kata seorang perempuan.

“Karena orang Amerika memakan fast food,” jawab laki-laki lain.

“Karena kita percaya apa yang kita mau percaya,” begitu jawab seorang wanita paruh baya.

About these ads

73 thoughts on “Masih Ada yang Percaya Barack Obama Orang Islam

  1. Apapun agama Obama semoga Obama bisa jadi Presiden dan dapat merubah attitute orang Amerika yang terkenal dengan arogansinya itu. Bisa2 tercetus rekor dunia baru nih, presiden amerika bukan “real american”…

  2. Kalau tidak tahu apakah Obama itu kresten atau islam, tanyakan lah pada beliau? apa jawabannya. atau gampang tinggal lihat saja di kantor catatan sipil amerika. gitu aja kok repot. nha.. ini ni yang kurang dilengkapkan pada tulisan tersebut. setelah dia mimpin, kita tak tau bgmana keberpihakan dari kepemimpinannya

  3. bagus banget artikelnya. kalau pembaca malah bertanya kesimpulan tentang agama Barack Obama, mereka salah. artikel ini justru memberikan sudut pandangan terhadap opini masyarakat amerika.
    saya justru tertawa setelah membaca tulisan ini. ternyata orang amerika ………

  4. Obama itu Krsiten, hanya karena dia dari Partai Demokrat, saya doakan dia tidak jadi. Doaku Untuk Mc Cain dan Sarah Palin. Republik party lebih imani dibanding Demokrat. Obama sabar dulu ya… mentang2 kamu pernah di Indonesia jadi di bela banyak orang Indo.. God Bless Mc Cain.

  5. Apa agama Obama? Auu..Akh..Gelap. Biar jd urusan org aMERICA. Tidak usah jauh2, yg deket kita saja. Apa ‘paduka yang mulya’ bungkarno benar-benar Islam? Tidak perlu dibahas, wong agama itu urusan manusia dng Tuhan. Tuhan saja tidak pernah memaksa manusia untuk beriman, kenapa kita memaksakan ketauhidan kepada orang lain? Serahkan saja semua kepada Tuhan. Sekarang katanya jaman ‘demokrasi’. Iya toh? Begitu saja kok, mlorottt….

  6. Ndak penting tau agama orang laen. Politik ya politik, agama ya agama.. Runyam kalo dicampur aduk. Bisa2 terjadi diskriminasi. Kecuali kalau memang di negara agama seperti Vatican, Arab, dst yang memang dijalankan atas dasar hukum agama. Apapun agama, ras, dan sukunya, yang penting pemimpin tersebut demokratis dan tidak memihak. Go Obama! Visimu luar biasa! Tapi orang Indonesia jangan GR, biarpun pak Barrack pernah tinggal di sini, ndak ada bedanya kalo dia jadi presiden.

  7. hahaha…
    orang amerika itu bodoh yah,hal sepele tapi mereka ndak tau!!pada jarang nonton news kalee..kalau ada berita skandal baru mereka mau nonton.

  8. paraghh hare gene msi blon tao agama nya obama??ga jelaz lge artikel nya!! ntar lge dah mo pemilu euy!!
    tpi mgkn agama nya kristen/katolik antara itu.. soalny, amerika rada rasisme.. jd rada ga mgkn deh klo dy islam.. paling dah pndh agama kyk kebanyakan artis di indonesia..

  9. obama emang punya agama?! namun aq pikir pake otak yg pentium 3 ,800hz,256mb. bahwa obama itu katolik/kristen.coz kulit obama item namun hatinya putih ,so ga mungkin obama bhng wong,hathnya putih.bye

  10. Asalam alaikum….
    Menurut fakta yang saya tahu dia telah mengakui dirinya adalah seorang Katholik yang mana background bapaknya bukan Islam tetapi Atheis, sedangkan kakeknya memang seorang islam dan neneknya adalah seorang penganut Gnotisme…saya punya bukti untuk itu. ini juga bisa menjadi pelajaran bahwa Indonesia juga harus belajar bahwa agama apapun dia suku apapun dia bisa jadi presiden sekalipun dia berasal dari agama minoritas! karena Katholik dan kulit hitam adalah kulit hitam dia amrik…..enggak percaya! silahkan tanya MR CNN…..

  11. @umi
    agama barack obama kristen. dia bergabung sejak 20 tahun lalu dengan gereja trinity di chicago. dia menyatakan hal itu dalam memoarnya. adiknya maya soetoro-ng juga menegaskan hal itu.

    @semuanya: mahalo… terimakasih sudah mampir.

  12. owh.. jadi gtu ohya bapak kandung obama islam apa kristen? and adik obama maya soetoro agamanya apaan? tolong dibuat berita yang I tanyakan please!!!

  13. apapun agamanya yg pNting visi dan misinya men..iTu aj ko dipersoalkan,ga ad untungnya lg
    kyak ga ad bhasan lain aj yang pnting Peace

  14. @bellaalifya
    menurut informasi yang saya peroleh barack hussein obama senior beragama islam, walau obama dalam bukunya tidak begitu mempertegas. tetapi dia mengakui bahwa kata “barack” berasal dari bahasa arab, “berkah” atau “blessed”.
    sementara adiknya, maya soetoro-ng beragama budha. adapun ibu obama seorang agnostic yang menganggap semua agama memiliki inti ajaran yang sama.

    @christine astri
    benar. saya juga heran, kok bisa2nya masih ada orang meributkan hal ini. ["ingin tahu" dan "meributkan" kelihatan bedanya kan?]
    saya sendiri setuju bila kita tidak mengukur obama, atau siapapun dari embel-embel agama dan sejenisnya.

    seperti kata anda, lebih menarik ngomongin visi dan misi obama.

  15. @semua pengunjung
    tulisan ini saya upload bulan maret 2008.
    please, bila membaca tulisan ini, mohon masuk ke konteks yang melahirkan tulisan ini [yang sesungguhnya berdasarkan berita CNN].

    kalau anda membacanya begitu saja, dan tidak mau tahu dengan tanggal berita ini diupload serta konteksnya ketika ia diupload, bisa jadi anda akan salah paham.

  16. Jgn T’lalu Rpot ngurusiN agaMa Org…
    Yg Perlu di Bahas Skrg,,,, Krisis Ekonomi BukaN Agama….
    Mau dy Kristen Ato Islam Bahkan Komunis gak PentiNg Skrg..
    piKiRin Nasib NegeRi SndRi….
    sadar gak Sich Loe . . !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Loe dPt BanTuan dRi Negeri MereKa . . . orang di negara sana ga repot kayk loe2 smua . . .
    Cape’ deCh . . .!!!!!!!

  17. wow menarik juga tulisan ini
    agama Obama???
    waktu ngebacain tulisan ini Q udah feeling kalau obama itu bukan islam, tapi bukan tidak mungkin kelak muallaf.
    karena menurut Q kalo om obama islam pasti yahudi di SAM sono pada kebakaran jenggot alias …….
    Mudah2an om obama yang bukan yahudi, menjalankan konsep yang bukan dari kaum yahudi!!!!!
    semoga…..

  18. assalamu’alaikum…

    cukup menarik !!
    selagi dia tidak meneruskan invasi ke negara2 Islam, it’s no problem…
    yang saya ketahui, obama adalah seoarang kristen. biar lebih jelas baca Otoboigrafinya aza. “The Audacity of hope : Throughts on recaliming the american dream”

    saya berharap, semoga saja dia dapat “Hidayah” dari Yang Maha Benar…

  19. yg pnting kan obama bisa bls budi sma indonesi krna dya prnah tnggal di indonesia,wlaupun bntar,tp klo udh jdi presiden AS mah kykNya 75% bkl lupa tuh ..

  20. Ternyata ya ya di Amrik lebih rasial dr pd di Indo.
    Agama aja dibahas…..

    Apapun agamanya ……minumnya tetap teh botol Sosro :)

  21. Mengapa Obama dalam kementarnya dia selalu mengatakan dia bukan beragam islam, mengapa dia menolak kalu dirinya diisukan dengan islam….?

    Karena ada sesuatu yang gak beres dengan islam, dika terang-terangan bersabat baik dengan Yahudi, dan Obama dalam kepimimpinannya nanti tetap terkontrol dalam agenda Yahudi untuk mengatur dunia….nah tantangan buat dunia islam nanti.

    Mau tidak mau dunia tetap dalam kekuasan Yahudi hitam Barack Obama….pemimpin dunia ini.

  22. gak usah ditanya ,seandainya dia (Obama)islam pastilah ada maksud tertentu amerika ( yahudi) untuk menghancurkan islam atau stidaknya membuat Islam semakin tersudut dengan segala macam isue ,termasuk isue teroris,lebih bagus kalau dia non muslim ,,jadi lebih jelas alur politiknya,,

  23. Obama adalah moslem, buktinya dia sangat sopan sangat brillian dan menjunjung tingi hukum tuhan yaitu kebijaksanaan. Islam artinya berserah diri pada Tuhan. Soal Tuhan menurut siapa adalah yang paling benar ya Alloh SWT. Hukum islam mampu memahami Tuhaqn yang paling benar seperti dibawakan para nabi mulai nabi Adam dan terakhir adalah Muhammad SAW. siapa yang memahami konsep ini dan tunduk berserah diri, maka dia disebut Muslim (Islam)

  24. ga penting banget sih ngomongin ini????????????
    skarang topiknya dah berubah cuy
    topiknya skarang serangan israel ke palestina
    dasar telmi dalam informasi

  25. orang indonesia memang begini.
    ngurusin masalah agama orang amerika.
    eh, urusin dulu urusan keluargamu bru urusin dunia…

    hahahahhahahaha….

  26. Agama Barack Obama itu Kristen..

    Di pelantikannya, dia memakai Alkitab yang dipakai Abraham Lincoln waktu pelantikannya dulu..
    Dia juga terdaftar sebagai jemaat gereja trinity.

  27. Orang amerika yang katanya maju dalam berdemokrasi anehnya masih mempermasalahkan agama seseorang tentang agamanya padahal sudah jelas Obama bukan muslim . Anehnya juga kalau seseorang beragama islam taat dibilang fundamentalis. Dari sisi bahasa fundamental itu artinya sebenarnya apa ? beragama sebaik-baiknya kan. Sebaliknya …kalau agama lain menjalankan agama sebenar-benarnya dibilang taat. Orang amerika kebanyakan picik, kurang wawasan. Tanya dimana letak Indonesia pasti banyak yang nggak tahu.

  28. ngapain mikirkan agama lae obama…

    yang di pikirkan angka kemiskinan tingginya kkn di indonesia dulu…
    masih banyak kerabat kita yang blm makan…

    biar pun background lae itu indonesia,kristen,atau pun islam,,blm tentu sepenuhnya dia bisa nangani masalah pribadi negara kita….

    jadi buat apa terlalu pusing mikirin agama lae itu

    mauliate..(trimakasih)

  29. waLah, udahLah..
    Lagian sekarang kayaknya masalah sara adalah wacana yang udah gak laku lagi dipasang di pasaran. Ya to?

  30. saya rasa obama punya misi yang kita belu mengetahuinya .mudah2an aja care…ama muslim atau bisa lebih parah lagi….karna dia seorang MURTAD…

  31. aslmk… mdah mdahnan ja obama islam,jadi yang memimpin negara amerika kan agama islam dan dia bisa bantu sdara2 kita di palestina huhk…..gra2 kkejaman israel yangselalu berkuasa maunya ngambil wilayah orang ja.g tau malu bgt y kaum yahudi

  32. daripada urusin agama orang… n ngejudge negara orang…urus aja negara sendiri dulu yang masih sangat jauh dari aman sejahtera dan masih ada rasismenya… j
    jangan apatis, fanatis or munafiklah…

  33. Barrack nama pertama Obama adalah nama Yahudi yang berasal dari ayat “baruch”. Kebanyakan ahli ibadat Yahudi menggunakan nama “baruch”sebagai nama pertama mereka. Bekas perdana menteri Israeliaitu Ehud Barak juga mengambil nama sempena nama “baruch”. Nama kedua Obama juga hampir sama dengan “Ahabah”. Bent Ahabah adalah nama untuk synagogue (satu upacara multilation untuk bayi-bayi Yahudi).

  34. kalo bener nama barrack obama dr kata baruch seperti ehud barrak, jangan jangan dia ada turunan jahudi. Brrrr……kesian deh indonesia…udah dukung2 segitunya ternyata sama aja dgn pendahulunya

  35. Assalamualaikum

    Yang true itu, Obama agamanya apa sih? Islam, Kristen, or Katholik? Yang penting, Obama tidak lagi membantu musuh Islam untuk menghancurkan negara Islam. Example Islam countri, Irak. I hope, Obama lebih baik dari president – president sebelumnya.

  36. Hahaha..! ternyata bukan cuma saya yang percaya jika Obama itu beragama Islam..!!! itu gara-garanya, karena orang amerika menggantung Saddam Hussen maka Tuhan menggantinya dengan “Barac Hussen”.

    Kasusnya sih mirip dengan masuknya Islam di Benua Kanguru (Australia), ternyata Islam disana dipercaya dibawa oleh tentara Spanyol / Portugis ?

  37. Yaelah om mba pelis deh..agama tuh hak pregrogatv tiap org..hak asasi manusia..ngpain jg d gubris?toh yg bakal mempertanggungjawbkan d akhir zaman itu pribadi kita..udahlah jgn bkin panas agama lain..om mba agama pak obama itu katolik bsa dliat d biografinya.jgn jdkan sara buat pecah belah prsatuan..thanx ah..syalum

  38. saya pikir obama itu agamanya islam cuma aja gak pernah kelihatan kl dia sholat, puasa dan pergi haji . jadi anggota suatu gereja kan belum tentu dia beragama di gereja itu kali aja malah disitu dia sholat , kaya bokap gue ikut mendirikan gereja di suatu daerah di jogja trus kl datang waktu sholat , bokap gue malah sembayang di mimbar dlm gereja, ( gereja nya masih tahap pembangunan ), secara fisik obama kelihatan seperti orang nasrani tetapi secara batin atau iman obama adalah seorang muslim bisa dilihat dgn kebijakannya mengadakan buka bersama di gedung putih (sewaktu ramadhan ) dan kebijakan menambah pajak orang amerika yg penghasilannya diatas rata-rata ( mirip dgn konsep zakat maal).
    semoga hati kalian terbuka.wasalam

  39. ORANG – ORANG BODOH

    Kalian – kalian semua sama sekali adalah orang-orang yang tidak berhak untuk menentukan agama orang tanpa ada bukti sedikitpun.
    Facta :
    1. Di America Serikat, tidak ada sejarah dunia yang mencatat bahwa Presiden AS beragama Islam, (dari tahun-ketahun presiden AS tetap beragama Christian).
    2. Seumur-umur, dari Ja-Dul sampai sekarang masalah agama dalam pemerintahan Amerika Serikat tidak pernah di gubris sedikitpun.
    3. Amerika Serikat adalah negara kristen.

    Hal itu sangat jelas dalam menjawab semua keraguan yang mendalam bagi negara Indonesia.
    Bukannya mempersoalkan banyak hal aneh di negeri ini, malah mebahas hal yang tidak begitu penting.

    Indonesia boleh mengatakan apapun, tapi satu yang penting bahwa Negara Indonesia ini tidak akan Maju dan Makmur sampai ke Tingkat G7 kalau Presidennya masih tetap bergama Islam.

    Indonesia adalah negara islam yang tidak pernah menyadari dalam perkembangan dan kemajuan negara ini, tapi sebaliknya. Malah memikirkan hal-hal yang menghancurkan Indonesia. Tidak ada keadilan, dan penegakan hukum

    Banyak orang dilarang untuk memeluk agamanya masing-masing, bahkan dilarang untuk membuat Gereja-geraja.
    Jangankan gereja, papan nama gereja saja sangat sulit mendapatkan izin.

    Apakah itu yang dinamakan keadilan???
    Percaya atau tidak, Indonesia sudah bisa mencapai tingkat G7 kalau Presidennya terganti agamanya menjadi AGAMA KRISTEN.

  40. Dunia semakin tua, manusia semakin menganggap dirinya dan agamanya lah yang benar, tetapi Dia yang datang tidak mendapat tempat di hati manusia, sebaiknya kita kembali ke Asal kita, siapa Allah itu, cari lah jawabanya baik Islam maupun Kristen, siapa Dia Allah itu, dalam Quran ada disebutkan siapa DIA dalam Alkitab juga ada siapa DIA tinggal yakin apa tidak, masalah kekacauan dunia ini sudah tertulis…

  41. Ehhh…, acilo ngilamele kalaw presiden indonesia agama kristen semua rakyatnya makan babi dung’s…, untung 2x Rakyatnya jadi babi..,

  42. kalo memg obama bukan muslim mudah2n aj ada hidayah dari Alloh setidakx bisa memperhatikan umat muslim dunia khsusx saudara kami di palestina…

  43. Waktu mamanya menikah dengan suami kedua (orang Indo), pasti mereka menikah secara islam, otomatis Obama islam juga. Berhubung suaminya seorang Indonesia, Jawa dan Islam, mamanya harus menikah secara Islam. Gak mungkin kan pernikahan di Indonesia tanpa agama. Tetapi setelah bercerai, kembali ke US, kita tidak tahu. Tergantung hati nurani Obama. Yang membingungkan, kenapa Obama tidak terus terang tentang masa lalunya? Kalau pun dia Kristen sekarang, bilang aja kepada media. Daripada semua orang mengira2 kan lebih baik mendengar langsung dari sumbernya.

  44. saya orang malaysia….saya nk tahu sgt2 apa agama obama….yang saya kagum sgt sebb dia boleh cakap indonesia saya pham juga apa yg beliau cakap…

  45. aneh ya padahal udah jelas2 islam itu dihina dina dinegara orang yg pake jilbab ditarik jilbabnya,yang namanya ada bau2 islam langsung divonis teroris,dan ga pernah ada pas iedul fitri diliburkan dihari mereka,, tapi masih aja muslim kita welcome sama mereka,,,sungguh agama yg penuh rahim.dan aku cinta indonesia yg penuh keragaman dan toleransi jgn mau dirusak sama kepentingan politik yg akan merusak kebersamaan kita ini,,,masih berfikiran jadi warga negara lain ?

  46. menurut saya apapun agamanya tidak menjadi masalah yang terpenting adalah apakah seorang pemimpin salah satunya dapat menyatukan visi sehingga perbedaan pada akhirnya menjadi satu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s