“APA agama Barack Obama?” tanya reporter CNN Jeanne Moos kepada sekelompok pemuda Amerika yang berkumpul di pinggiran sebuah jalan di pusat kota New York.

“Islam,” jawab salah seorang diantara anak muda itu sambil tertawa di antara teman-temannya.

Begitu kata “Islam” terdengar, wajah anak muda itu langsung disilang merah, tanda jawabannya salah.

Tetapi remaja perempuan itu tidak sendirian. Beberapa orang lain yang diwawancarai Moos secara acak juga mengatakan mereka yakin Obama beragama Islam.

Sepasang laki-laki dan perempuan berbeda pendapat. Menurut si laki-laki, Obama beragama Kristen. Wanita di sebelahnya langsung membantah. “Islam,” katanya.

Moose lalu mengajukan pertanyaan, “Mengapa menurut Anda dia beragama Islam?”

“Karena itu yang dikatakan orang,” jawab si perempuan.

Seorang wanita paruh baya, dengan yakin mengatakan, “Dia (Obama) adalah seorang Kristen dari Ayah yang beragama Islam.”

Agama Barack Obama memang masih jadi perdebatan di sementara warga Amerika. Survei yang dilakukan NBC News/Wall Street Journal Polls, seperti dikutip CNN, menyebutkan sebesar 13 persen responden percaya bahwa Obama beragama Islam. Itu sebabnya, CNN merasa perlu ikut latah untuk menanyakan hal ini kepada orang-orang yang melintas di kawasan Time Square. Tayangan CNN itu masih dapat disaksikan di CNN.Com.

Dalam footage sebuah program komedi-politik bertajuk The Colbert Report yang ikut ditayangkan CNN, si pembawa acara sambil berteriak mengatakan, “Obama is a secret Moslem.”

Program komedi-politik lainnya, Real Time with Bill Maher juga menyinggung-nyinggung apa agama Obama sebenarnya.

Si pemandu acara ini, Bill Maher, bertanya, “Apakah Obama beragama Islam?” Maher menjawab sendiri pertanyaan itu. “No, he isn’t,” dengan nada yang meragukan.

CNN juga menayangkan footage program talk show terkenal 60 Minutes yang diputar CBS. Dalam episode itu Hillary Clinton hadir sebagai nara sumber. Si pemandu acara bertanya kepada Hillary yang merupakan saingan terkuat Barack Obama.

“Anda tidak percaya Obama beragama Islam?”

Hillary yang tampaknya tidak menyangka akan mendapatkan pertanyaan itu, menjawab, “Tidak ada yang dapat dijadikan sebagai alasan untuk itu (Obama beragama Islam), sejauh yang saya tahu.”

Nada suara Hillary juga menyimpan keraguan, atau setidaknya disengaja untuk menimbulkan keraguan di kalangan pemirsa.

Seorang laki-laki lain yang ditanya CNN mengatakan, “Dia (Obama) mengatakan dia orang Katholik. Tetapi menurut saya dia orang Islam.”

Pertanyaan yang diajukan berikutnya adalah, kalau Obama tidak beragama Islam, mengapa masih ada orang yang menganggap dia beragama Islam?

“Karena 85 persen orang Amerika suka mengabaikan,” ujar seorang laki-laki.

“Kebodohan (stupidity),” jawab seorang laki-laki paruh baya.

“Mereka tidak membaca,” kata seorang perempuan.

“Karena orang Amerika memakan fast food,” jawab laki-laki lain.

“Karena kita percaya apa yang kita mau percaya,” begitu jawab seorang wanita paruh baya.

About these ads