Mengapa Bung Karno Tak Mau Memukul Soeharto

soeharto6

TINDAKAN Soeharto menyelewengkan Surat Perintah 11 Maret 1966 sangat menyakiti perasaan Bung Karno. Sejumlah petinggi militer yang masih setia pada Sukarno ketika itu pun merasa geram. Mereka meminta agar Sukarno bertindak tegas dengan memukul Soeharto dan pasukannya. Tetapi Sukarno menolak.

Sukarno tak mau terjadi huru-hara, apalagi sampai melibatkan tentara. Perang saudara, menurut Sukarno, adalah hal yang ditunggu-tunggu pihak asing—kaum kolonial yang mengincar Indonesia–sejak lama. Begitu perang saudara meletus, pihak asing, terutama Amerika Serikat dan Inggris akan mengirimkan pasukan mereka ke Indonesia dengan alasan menyelamatkan fasilitas negara mereka, mulai dari para diplomat kedutaanbesar sampai perusahaan-perusahaan asing milik mereka.

Note: Foto pinjam dari TIME

Kesaksian mengenai keengganan Sukarno menggunakan cara-cara kekerasan dalam menghadapi manuver Soeharto disampaikan salah seorang menteri Kabinet Dwikora, Muhammad Achadi. Saya bertemu Achadi, mantan menteri transmigrasi dan rektor Universitas Bung Karno itu dua pekan lalu di Jalan Taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat. Achadi bercerita dengan lancar kepada saya dan beberapa teman. Air putih dan pisang rebus menemani pembicaraan kami sore itu.

Komandan Korps Komando (KKO) Letjen Hartono termasuk salah seorang petinggi militer yang menyatakan siap menunggu perintah pukul dari Sukarno. KKO sejak lama memang dikenal sebagai barisan pendukung utama Soekarno. Kalimat Hartono: “hitam kata Bung Karno, hitam kata KKo” yang populer di masa-masa itu masih sering terdengar hingga kini.

Suatu hari di pertengahan Maret 1966, Hartono yang ketika itu menjabat sebagai Menteri/Wakil Panglima Angkatan Laut itu datang ke Istana Merdeka menemui Bung Karno. Ketika itu Achadi sedang memberikan laporan pada Sukarno tentang penahanan beberapa menteri yang dilakukan oleh pasukan yang loyal pada Soeharto.

Mendengar laporan itu, menurut Achadi, Bung Karno berkata (kira-kira), “Kemarin sore Harto datang ke sini. Dia minta izin melakukan pengawalan kepada para menteri yang menurut informasi akan didemo oleh mahasiswa.”

“Tetapi itu bukan pengawalan,” kata Achadi. Untuk membuktikan laporannya, Achadi memerintahkan ajudannya menghubungi menteri penerangan Achmadi. Seperti Achadi, Achmadi juga duduk di Tim Epilog yang bertugas menghentikan ekses buruk pascapembunuhan enam jenderal dan perwira muda Angkatan Darat dinihari 1 Oktober 1965. Soeharto juga berada di dalam tim itu.

Tetapi setelah beberapa kali dicoba, Achmadi tidak dapat dihubungi. Tidak jelas dimana keberadaannya.

Saat itulah Hartono minta izin untuk menghadapi Soeharto dan pasukannya. Tetapi Bung Karno menggelengkan kepala, melarang.

Padahal masih kata Achadi, selain KKO, Panglima Kodam Jaya Amir Machmud, Panglima Kodam Siliwangi Ibrahim Adji, dan beberapa panglima kodam lainnya juga bersedia menghadapi Soeharto.

“Bung Karno tetap menggelengkan kepala. Dia sama sekali tidak mau terjadi pertumpahan darah, dan perang saudara.”

Kalau begitu apa yang harus kami lakukan, tanya Achadi dan Hartono.

Bung Karno memerintahkan Hartono untuk menghalang-halangi upaya Soeharto agar jangan sampai berkembang lebih jauh. “Hanya itu tugasnya, Hartono diminta menjabarkan sendiri. Yang jelas jangan sampai ada perang saudara,” kata Achadi.

Adapun Achadi yang tak bisa kembali ke rumahnya di kawasan Pancoran yang sedang diduduki pasukan Soeharto diperintahkan Bung Karno bermalam di guest house Istana. Bung Karno juga mengatakan akan menggelar rapat kabinet keesokan harinya. Dalam rapat yang juga akan dihadiri Soeharto itu, Achadi diminta untuk menyampaikan laporan tentang penahanan beberapa menteri.

“Kamu berani bicara di depan Soeharto,” tanya Bung Karno pada Achadi.

“Siap,” jawab Achadi.

About these ads

91 thoughts on “Mengapa Bung Karno Tak Mau Memukul Soeharto

  1. wanna ask….in which editon of TIME magazine you got your fotos….? Thank you very much…..can you send me the answer to my e-mail to……? Thanx….because I really need it for the source of my study….
    thank you….appreciate it……cheers…..

    • Apanya yang bagus artikel bohong diatas ??? Bohong kalo Sukarno takut terjadi perang saudara dan Amerika mengirim tentara untuk melindungi perusahaan dan kepentingannya di Indonesia. Waktu G30S PKI itu semua usaha asing sudah dijarah PKI koq, makanya ekonomi RI hancur lebur. Di Indonesia udah enggak ada kepentingan asing.

      Jadi agar kalian semua tahu ya… G30S itu bukan pemberontakan dalam negeri tetapi gerakan tentara Malaysia yang dipersenjatai Amerika dan Inggris dan diberi seragam Cakrabirawa dan Diponegoro. Tugasnya bukan menculik dan membunuh jendral melainkan menculik Sukarno. Barulah jendral2nya dibunuh dihadapan Sukarno dilubang buaya. Makanya Sukarno Shock tidak berani perintah apa2, setelah dia diculik pasukan Malaysia kemudian dioperkan kepada Suharto.

      Jadi Sukarno bukan tidak melawan untuk mencegah perang saudara, melainkan memang sudah tidak mampu melawan lagi. Orang kayak Sukarno itu kejamnya enggak ketulungan, makanya harus di shock terapi.

      Sukarno sudah expired jabatan presiden-nya, karena harusnya dia bikin pemilu baru tapi dia malah mengangkat diri sendiri jadi presiden seumur hidup melalui MPR sementara. Mana bisa MPR yang sementara mengangkat presiden yang tidak sementara.

  2. sesuatu yang luar biasa dari blog ini,bagaimanapun juga ini wajib diketahui oleh masarakat,sukarno memang orang yang berjiwa besar walaupun dia dalam keadaan terjepit tapi dia tak mau negara ini jadi sasaranya.sebuah kisah yang sarat dengan nilai cinta tanah air yang tinggi.

  3. Soekarno pengecut, dengan mengeluarkan janji untuk orang Aceh untuk menjalankan syariat Islam jika tetap mendukung Indonesia yang baru merdeka. Tetapi malah menipu. memang pengecut dan bisa nya menipu.

    • Kamu yang penipu dan pengecut, belajarlah dari sejarah, jangan hanya emosi. Bung Karno tokoh nomor wahid di Indonesia.

  4. soekarno adalah nama lain dari Indonesia. sejak awal aktivitasnya diperuntukkan untuk bangsa dan negaranya.dia negarawan yang sulit dicarri tandingannya, tapi sayang keserakahan soeharto yang menjadikan negara dan bangsanya hanya sekedar sapi perah yang untuk di minum kerabat dan orang dekatnya sajalah yang dapat mengubur Soekarno

  5. jangan kau bilang bung Karno penipu!
    tidak ada pemimpin negeri ini yang lebih besar daripada bung Karno.

    kamu yang bangsat krueng

  6. Bung karno bukannya berjiwa besar dengan tidak “memukul” suharto. Tapi dia memang TIDAK BISA mengalahkan suharto, karna pada saat itu suharto dengan AD nya sudah menempatkan pasukan2nya di tempat2 strategis

    • ada satu brigjen AD yang waktu ditanya.. “siapa yang membunuh ke 6 jenderal dan seorang capten AD menjawab” “tanya Suharto”.. tanyakan kenapa Suharto memerintahkan untuk membunuh Aidit waktu ditangkap?.. jawabannya adalah “untuk menghilangkan jejaknya sendiri.. yang sebenarnya adalah” barisan kedia di jajaran PKI, kalau Aidit meninggal/mati..Lihat film mengenai G30S/PKI.. koq wkt itu beliau sakit?.. apa memang benar sakit atau pura2 sakit?..kalau dia benar2 officer and gentleman, koq negara dalam keadaan darurat gitu, koq malah tiduran?..waktu suharto menelepon Jenderal Sarwo Edhi untuk minta mengerahkan pasukan baret Merah RPKAD, hanya satu pertanyaan dari dari Sarwo Edhi”.. KAMU DIPIHAK SIAPA, PKI ATAU SUKARNO/RI”..Disitu Suharto bohong.. karena dia jawab” di pihak RI/Sukarno..” ternyata belakangan dia menunjukkan taringnya sendiri.. dengan menempatkan Sukarno sebagai tahanan rumah..banyak tipu muslihat Suharto yang mulai terbuka sekarang.. mana itu SUPERSEMAR asli.. kayanya dia sudah bakar untuk menghilangkan jejaknya, sehingga muncul beberapa versi SUPERSEMAR”..JENDERAL Jusuf yang tadinya akan menerbitkan buku mengenai itu dibungkemkan….

  7. salut buat bung karno
    karena tak mau melawan dami saudara sendiri
    walau dia udah tejepit sekali pun
    tp dia akan garang kalau ada bangsa lain yang remehin indonesia
    seperti negara sebelah tu tu

    kapan ya indonesia punya pemimpin seperti bung karno lagi

  8. Waw saya sesungguhnya mencari berita-berita seperti ini, Sudah lama saya mendengar tentang G30SPKI namun yang seperti ini baru saya dengar kali ini. Terus sampai kebenaran jangan sampai kebenaran tertutupi oleh kebohongan terus menerus. Go Freedom or Death.

  9. Bung Karno sama saja dengan Amerika. Di mulutnya saja dia membenci Amerika, tetapi pada kenyataanya dia juga seperti Amerika yang memusuhi Islam.
    A big lier. We owe him this corrupt and degraded country.

      • penghujat bung karno adalah para kafir anah buah soeharto… tempat lo neraka jahanam. bung karno tetap is the best

  10. @mumet
    kelihatannya anda memang sedang mumet.

    yang dibenci oleh sukarno adalah *politik amerika* yang menganggap negara-negara yang baru merdeka di era itu sebagai lahan baru untuk dijajah.

    sukarno memusuhi islam? hehehe, ini lagi. yang “dimusuhi” oleh bung karno adalah *islam yang sontoloyo*, islam yang yang dijadikan pamflet dan banner untuk tujuan politik jangka pendek.

  11. Inilah Bangsaku Indonesia, itulah negeriku Indonesia aku baru berumur satu tahun Soeharto jadi Presiden dan sudah bertatap muka 1994. Aku bangga dengan Soekarno yang berani menyatakan Indonesia merdeka sehingga saya merdeka. Indonesia bangsa majemuk, gaya kedua pemimpin juga majemuk……….hasilnya sekarang kita nikmati. Jangan tertipu lagi, lupaka tipu muslihat untuk bangsa sendiri, biarlah itu bagian dari sejarah negeri ini demi kesejahteraan bangsa Indonesia, Pemilu 2009 diambang pintu pilih pemimpin ke 7 yang berdiri diatas pluralisme bangsa Indonesia. Kata Pepatah Bersatu Kita Teguh bercerai kita rubuh. Sudah 63 tahun Indonesia diakui dunia dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga ke Rote, bersatulah Kita lawan Kemiskinan dan Kebodohan itulah tujuan kita bukan polemik tapi hikmah supaya kita waspada. Kepala Negara kita yang pilih 6 karisma kita lalui Generasi muda harus bangkit dan bersatu hidup Indonesia.

  12. setiap pemimpin mempunyai talenta sendiri dalam memimpin, yang penting bagi bangsa saat ini adalah keutuhan rakyatnya, jadi carilah dan pilihlah pemimpin yang taat dalam agamanya dan selalu menjaga keutuhan, menjamin kemakmuran dan menjalankan amanat rakyatnya.

  13. TEman2 berfikirlah dengan jernih dan Hargailah Perjuangan Soekarno yang telah menghantarkan bangsa ini merdeka, mempunyai nama di seantero dunia dan disegani oleh bangsa2 lain. Bung Karno adalah salah seorang presiden yang berotak dan cerdas. (hal ini hanya Indonesia yang memiliki Putra sang Fajar)

    Memang Pahit dan kelam akhir hidup sang Proklamator dan ini masih menjadi teka-teki sampai saat ini. namun Bung karno sepertinya terkubur revolusinya sendiri. adakah hal ini sekenario Bung Karno karena dia tidak dapat mengusir PKI apa memang Soeharto yang sengaja “KUDETA” terhadap Bung Karno. Namun saya juga masih bingung.

    Menurut Soebandrio : Soeharto waktu itutampil sebagai Penyelamat Bangsa setelah semua orang Soekarnois dan PKI di bredeli dan dibunuh.

    PKI disuruh beraksi dan di habisi sendiri oleh Soeharto dengan ditunggangi CIA. (Baca : Siapa sebenarnya Soeharto).

    Hal ini menjadi tanda tanya kita terhadap Soekarno, yang padahal mampu untuk “Memukul Soeharto” tapi mengapa???

    tolong simak link artikel dibawah ini :

    http://koranrakyat.net/2009/02/07/soeharto-putera-mahkota-soekarno/

    saya juga agak bingung mengenai artikel ini. kalo ada teman-2 yang dapat memperjelas hal ini, mohon diemail ke saya :d_catoer@yahoo.com.

    terima kasih.

  14. soekarno adalah pahlawan bangsa,tonggak kemerdekaan namun
    soeharto pun bersifat demikian,kesalahanya dapat tertutupi oleh jasa jasanya,ke2 orang ini sama2 membuat perubahan yg baik pada bangsa ini

  15. Pada dasarnya Mc memiliki 2 sisi yg sama ibarat siang dan malam sama2 12 jam tdk lebih & tdk kurang tergantung dari sisi mana kita melihatnya, jika satu jari menunjuk ke org lain 3 jari lainnya menunjuk diri kita, hanya satu yang mengadap kebawah yaitu jempol, itulah yg benar, jempol adlah tanda hebat jika kita meihat ke bawah dan menunduk merenung dan berdoa smg tuhan melindungi kita semua…..

  16. buat mumet dan krueng. ya berteriaklah elo2 pada pada soekarno, berteriak sesuka hati kalian lah. paling tidak soekarno mampu menjadi presiden dan membawa kemerdekaan buat indonesia dan sebagaii presiden yang punya otak. daripada kalian bedua kaya cacing kepanasan, apa yang elo berikan buat bangsa indonesia? jasa kalian apa? elo bisa hidup sampe hari ini dan bisa hidup di negara indonesia yang merdeka berkat soekarno juga. kalo omong pake otak dikit bung, 1000 orang macam kalian.. indonesia akan makin terpuruk. berpikir secara realitas lah.. goblok kok dipelihara. dasar dungu.

  17. Bismillahir rahmanir rahim

    Semoga Allah swt senantiasa membimbing kita untuk bisa membuat sejarah kita berdasarkan fakta bukan rekayasa manusia yang jahat. Dan memilih diantara kita pemimpin yang berhati bersih, yang mencintai rakyat, negara Indonesia dan dicintai oleh rakyatnya. Bisa membawa Indonesia kepada Negara adil dan makmur.

    Telah kita ketahui dari sejarah bahwa Bung Karno diberhentikan dari jabatan presiden melalui Tap MPR yang pada waktu itu yang alasan penghentiannya karena Bung Karno terlibat G 30 S/PKI (MPR dipimpin oleh Jend Nasution ).
    Sedangkan Suharto mengatakan bahwa G30S/PKI adalah suatu gera’an kup/kudeta. BK yang menjadi pelopor dan berperan besar dalam mengantarkan Indonesia ke gerbang kemerdekaan Indonesia, terlibat G30SPKI???, artinya Bung Karno mengkudeta pemerintahannya sendiri. Ini sesuatu yang aneh dan lucu.
    Apakah BK yang diakui sebagai salah satu tokoh/pemimpin negara-negara Asia, Afrika, dan negara-negara Amerika Latin yang pernah, atau sedang dijajah mempunyai sifat sekerdil ini???
    Kita lihat dalam buku yang pernah sy baca, bahwa Jenderal Nasution pernah bermaksud buruk pada BK dengan mengarahkan Kanon/Meriam nya ke Istana. Oleh kebesaran jiwa BK kelakuan ini dimaafkan dan Nasution tidak dihukum dan tidak dicopot dari jabatannya di militer dan pemerintahan. Ambil lagi contoh lagi peristiwa pembrontakan PRRI/Permesta yang menyewa pilot Amerika Alan Pope (CIA?) yang telah membunuh 700 rakyat dan menenggelamkan kapal RI, setelah pesawatnya berhasil ditembak jatuh di Ambon, pilotnya tertangkap, BK masih juga bisa memaafkan dan membebaskan pilot ini.
    Ada lagi contoh (dalam buku Manai…) ketika Jenderal Suparjo (yg ktnya terlibat G30S/PKI) meminta ijin Sukarno untuk mengerahkan pasukannya untuk menyerang, oleh BK tidak diijinkan karena BK tidak mau banyak korban.
    Ke 3 contoh diatas melemahkan alibi TAP MPR yang memberhentikan Sukarno dari Presiden, untuk lebih jelasnya bisa di baca dibuku Manai Sophian: Kehormatan bagi yang berhak.
    Kalau di bukunya AM Hanafi, lembaga MPR pada waktu itu yang menolak pidato Nawaksara, sebagian besar anggotanya diganti oleh orang2nya oleh Suharto, sedangkan anggota MPR yang lain yang mau pergi sidang dicegat supaya tidak menghadiri sidang.

    Begitulah sejarah kita, yang berhak menuliskan sejarah adalah pihak yang menang, pihak yang kalah tidak mempunyai hak untuk menulis sejarah, jangan kan menulis sejarah, orang-orang yang menjadi korban setelah kejadian G30SPKI saja mereka dihukum tanpa sidang pengadilan.

    Itulah sejarah kelam Indonesia yang menjadi hutang buat penerusnya untuk dibenahi dan diluruskan, untuk orang2 yang sudah terfitnah bisa direhabilitasi namanya.

    Wass.

  18. Maaf, baru ketemu artikel ini sekarang. Mohon izin ikut komentar. Bung Karno seperti orang lain ada baiknya , ada jeleknya. Demikian juga Suharto, Habibie, Gus Dur, Mega , SBY dll. Jadi tak usahlah kita menyanjung2nya setinggi langit, apalagi sampai berujar pejah gesang nderek dst. Biasa2 saja. Proklamator, iya. Pejuang kemerdekaan, iya. Islam, katanya iya. Suka perempuan, ya jelaslah (sama, saya juga).Pro Komunis, kalau lihat biografinya kayaknya memang iya. Orang hebat di masa perang / perjuangan, belum tentu hebat di masa damai. Semboyan2nya : go to hell with your aid, saya setuju dan suka. Politik Nasakom nya, berarti memelihara anak macan, yang suatu saat akan mencakarnya ( terbukti PKI 2 X bikin gara2, madiun dan G 30 S ). Saya tak suka politik Nasakomnya. Kalau memang dia konsekwen dengan Pancasila yang katanya hasil galiannya, semestinya dia menjadikan negara Indonesia negara yang religius, bukan memberi angin kpd komunis yang tak berTuhan. Seandainya dia memberi angin / pro kpd umat Islam, negeri ini sudah makmur dan aman tenteram dulu2.
    Saya tak mau mengagumi satupun pemimpin duniawi di Indonesia. Saya hanya menghormati dan mengagumi serta tunduk kepada perintah / ajaran nabi Muhammad SAW. Sukarno, Suharto dll itu kecil, kenapa harus dikagumi ? Ada yang bilang , kalau gak ada Sukarno atau Suharto, bagaimana jadinya negeri ini. Lho, kok begitu. Tuhan pasti akan memunculkan orang lain lagi . Begitu cara berpikirnya. Lha sekarang kalau ada pemimpin / capres yang mau ngikuti teladan Sukarno atau Suharto, ya ikuti yang baiknya saja, jangan kejelekan2nya. Saran saya, jadikan negara RI yang ber Pancasila ini negara yang ber KETUHANAN YME, negara yang religius ( bukan negara Islam lho ) , yang moralnya harus mau diatur ( dengan UU yang religius ). Serkarang ini RI terlalu liberal. TV mempertontonkan ketelanjangan, orang bebas semau2nya, kalau diatur katanya melanggar HAM. Maka negara inimakin menujua kehancuran. Lihat saja !!! Wassalam.

  19. @pengamat amatir, rupanya ada kemiripan singgahnya anda dan Rohedi ke website @teguhtimur yang very inspiring ini. Mulanya saya bermaksud memantau mapp artikel Kunci Sains dan Teknologi Ada di Angka Kelahiran RI, salah satu artikel saya di http://rohedi.com, tetapi mohon maaf waktu hendak search via google rohedi lupa judul artikel itu, tapi seingak-nya ada kata kunci sains nya dech. Setelah men-typing keyword “kunci sains”, HaH Rohedi LAboratory bertengger dipuncak the first page. Semangat browsing untuk mencari tahu kunci apa yang harus Rohedi dan kita semua gunakan untuk membangkitkan Indonesia menuju negara digdaya dalam lini yang baik itulah lalu Rohedi ketemuan web ini, yang artikel-artikel berikut komentar para visitornya wow dahsyat sekalli. Terima kasih @teguhtimur. Okay stay on the topic. Terlepas perbedaan cara mereka dalam menahkodai biduk RI di masa lalu, kedua mantan Presiden Indonesia itu memiliki banyak kemiripan. Mereka masama dielu-elu rakyat indonesia dan ditinggal setelah papa tak berdaya . Rohedi usul bagaimana kalo pak karno kita biji 1 sedang pak harto 0.99999… toh recently matematikiawan di mancanegara membuktikan kalo kedua angka itu sama. Setuju? He he he yang tidak setuju pada kesamaan kedua angka itu berarti tahu dong cara buktiin bahwa 0.99… itu tidak sama dengan 1, dan kalau mereka guru atau dosen maka layaklah tersertifasi secara otomatis. Bukan kayak di rezim SBY-JK ini, sertifikasi kok cuman diminta ngisi portofolio doang ya jelas banyak ngibulnya. Tuh klik challenge pecahin polinomial RI di address Rohedi bagi Guru dan Dosen yang sudah lolos sertifikasi, hehe.

  20. Sejarah kelam Indonesia buanyak amat yah
    mesti di tanyakan kepada Kuarga Cendana ama Kuarga Soekarno ne supaya gak bengkok2 sejarah Indonesia.

    btw, skg ank sekolah ada blajar sejarah G 30S PkI gak tuh? kacian pada bingung smua..

    Paling bagus ya Soekarno, brani mengkritik and brani bertindak demi Martabat buangsa bukan kayak Soeharto demi Huarta Kuarga mpe gak jelas berapa

    • Jangan tanya keluarga Cendana.. sejarah yang sudah lurus dari dulu dibengkokan oleh suharto dan keluarganya. dari mana keluarganya jadi kaya?.. kalau bukan dari mencuri harta rakyat?.. jalan toll dibuat dgn uang rakyat, tetapi nama keluarga suharto tercantum didalamnya.. wal hasil.. keuntungan dari jalan toll diambil dulu oleh dia, kemudian kalau ada kelebihan baru bayar pinjamannya ke negara/rakyat.. semua keluarga cendana dibekalin sampai anak cucu turun temurun.. besama kroni2nya.. karena itu, sampai sekarang, biarpun keputusan pengadilan, harta kekayaan keluarga cendana sdh hrs disita, ternya sampai sekarang tidak satu sen pun kembali kepada rakyat..

  21. Salam kenal untuk mas teguh.
    Kita memiliki kemiripan tentang tidak adanya kemauan Bung Karnao utk memukul Jend. Soeharto.
    Tetapi latar belakang serta alasan tindakan dari Bung Karno yg membedakan analisa diantara kita.
    Monggo mampir di Website saya.
    Disana ada tulisan yang berjudul ” Soeharto Putera Mahkota Soekarno ”

    Salam Hormat saya: Ki Semar.

  22. Saya cuma bilang..Artikel ini luar biasa buat saya dan “mungkin” kebanyakan pembaca lainnya. tulisan ini benar-benar mengubah cara pandang saya selama ini, sejak kecil disuguhi/diajarkan/didoktrin dengan sejarah yang menyimpang bahkan menyesatkan..MANTAB..BANG TEGUH..(DR RAHMAN MANTAN ANAK BUAHMU…HE3.)

  23. sukarno terlalu angkuh ………jgn kira cuma sukarno yg memerdekakan bangsa ini …..apa hebatnya sukarno dia bukan tuhan dia cuma negarawan hebat pecinta seks…….sama spt suharto negarawan ulet tapi takut turun dari jabatan,,,,,,,,,apalagi skrg presiden taik kebo……………….aq yang pantas jadi presiden.

  24. Supersemar adalah sejarah kelam bangsa Indonesia, sampai sekarang kita tidak tahu dimana teks asli nya, yang jelas adalah supersemar menjadi surat sakti untuk suharto dalam memegang kendali pemerintahan saat itu…. suharto memang memang hebat… aku benci suharto

  25. Disana tempat lahir beta,,,,
    Dibuai di besarkan Bunda,,,,
    Tempat berlindung di hari tua,,,,
    sampai akhir menutup mata,,,,

    Tentunya kawan2 semua sangat tau lirik
    lagu ini?? mdh2 kita semua terbuka dan tdk sempit(chauvinis) dlm melihat semua persoalan apa lg menyangkut sejarah bangsa kita, di mana di situ tersebut tokoh2 yg di perdebatkan terlepas slh/bener,baik/buruk,hitam/putihnya peran bahkan dlm sgl bentuk manifestnya (pengabdian) kepada bangsa dan tanah air,, sudahlah,,, sampai kpnpun bangsa ini ngga akan selesai apa lg berubah klw sebagian besar kerangka berfikirnya msh berkutat pd subtansi yg msng2 kita merasa paling bener sesuai report yg kita dapat dan yakini,, dan alhasil akan melahirkan kembali benih2 kebencian satu sm lain lalu menjadi konflik internal yg sbnrnya ngga perlu terjadi dan wajib kita hindari, yg sdh barang tentu di picu dari soal keperpihakan masing2 kita,, it’s ok,,,, sadarkah kita gejolak apa yg sdng terjadi dewasa ini di luar sana?? bukankah apapun bentuknya bhw pihak yg selalu mengambil keuntungan selalu mengintai setiap gerak mangsanya? bhkn sngt blh jadi mereka sengaja memasang perangkap sesuai peran2 yg mrk mainkan,,, sadarkah masing2 kita?? mrk sdh melangkah mgkn 5,10,20 bhkan mgkn 30 ke depan tentang bgmn wajah indonesia ke depan, sementara kita msh berkutat pd mslh yg ngga jls pangkal ujungnya,, mdh2an bermanfaat,,,, Merdeka!

  26. Bangsa yg besar adalah bangsa yg tidak melupakan sejarahnya…. Disini sejarah kelam dan pemutarbalikan fakta oleh Orde Baru harus diluruskan. Suharto adalah biang kerok smua ini shingga anak cucu yg mendapat warisan keterpurukan Ekonomi dan pembangunan saat ini, bagaimana tidak Hutang Luar Negeri pada masa pemerintahan dia tercatat yg terbesar, Logikanya kalau membangun dengan kredit maka anak kecilpun bisa dan tidak bisa keluar dari lilitan hutang tersebut (tidak tau bagaimana melunasinya) makanya gelar “Bpk Pembangunan Nasional” dicabut darinya krn terbukti pula banyak mencuri dari hutang tersebut juga. Siapapun pemimpin setelah Suharto sampai dgn SBY akan sulit keluar dari masalah hutang tersebut. Kesimpulan kekuatan keluarga Suharto masih kuat, terlihat dari aksi2 anak dan cucunya dia yg masih sewenang-wenang tapi tetap kebal hukum (minggu kmarin salah satu cucunya melempar cucu Adam Malik yg mengenai wajah hingga memar), ini menunjukan hasil korupsi dari Suharto susah utk disita oleh Negara padahal Negara dalam keterpurukan, bagaimana bisa wong SBY juga masih anteknya dia.

  27. luar biasa pemikiran bapak soekarno…
    walaupun ia di hianati tp ia msh berpikiran luas…
    yaitu, “TINDAKAN Soeharto menyelewengkan Surat Perintah 11 Maret 1966 sangat menyakiti perasaan Bung Karno. Sejumlah petinggi militer yang masih setia pada Sukarno ketika itu pun merasa geram. Mereka meminta agar Sukarno bertindak tegas dengan memukul Soeharto dan pasukannya. Tetapi Sukarno menolak.

    Sukarno tak mau terjadi huru-hara, apalagi sampai melibatkan tentara. Perang saudara, menurut Sukarno, adalah hal yang ditunggu-tunggu pihak asing—kaum kolonial yang mengincar Indonesia–sejak lama. Begitu perang saudara meletus, pihak asing, terutama Amerika Serikat dan Inggris akan mengirimkan pasukan mereka ke Indonesia dengan alasan menyelamatkan fasilitas negara mereka, mulai dari para diplomat kedutaanbesar sampai perusahaan-perusahaan asing milik mereka.”
    tidak ada pemimpin yang berpikir sehebat itu…

  28. Wong Edan kabeh…… bahas Org2 yg Sdh Mati, Sejarah pemimpin Qt itu semua Ga Jelas.. jd ga perlu di Ributkan… yg Paling Hebat itu ya ibu yg telah melahirkn & membesarkan Qt, yg laen nya cuma numpang lewat & numpang tenar tok..

  29. mudah mudahan prediksi ini keliru,masalah malaysia adalah juga masalah Inggris,dan masalah Inggris akan menjadi PR amerika,apakah mungkin G30S terkait proyek “ganyang malaysia”dimana Indonesia tengah bersiap siap membentuk angkatan kelima,pasukan yg terdiri dari kaum buruh tani yg dipersenjatai?bisa hancur malaysia bila tidak digagalkan?dg jalan bubarkan PKI?jika prediksi ini benar amerika lewat CIA dan our local army friendsnya telah sukses membuat bangsa ini membantai calon patriot bangsanya sendiri?

  30. mengenang kesepakatan The green hilton agreement(JFK/Sukarno)apakah mungkin bungkarno adalah target selanjutnya setelah JFK?menurut anda apakah amerika akan diam saja membiarkan emas seberat 57.150 ton terancam dipulangkan oleh bungkarno ke tanah asalnya Indonesia?yg masih ditaraf pengakuan hak?

  31. mengapa amerika tidak menginginkan komunisme ada di dunia?khususnya Indonesia,yg telah diketahui terdapat kandungan emas di papua oleh pakar geologi belanda?apakah amerika khawatir tidak bisa membuat freeport menjadi atas nama milik amerika?seperti sekarang?konon menurut faham komunis semua perusahaan adalah milik negara.tidak ada swasta?atau milik pribadi?bagaimana freeport sekarang?apakah ini maksud amerika?bangsa dg ambisi menguasai dunia,imperialis:gold,GLORY,gospel.2 point sudah diraih?dari Indonesia?

    • Pada dasarnya coba para pemimpin kita sedikit menoleh kebawah…dgn msh banyaknya rakyatnya hidup dibawah garis kemiskinan apa tidak malu … kemn pikiran dan hati sdh 68 tahun negara ini merdeka msh banyak rakyat yang kelaparan dan gelandangan di jalanan
      Pemimipin peminpin…. selalu berbicara an masyarakat mana utk rakyat, mdh mdhan tidak waktu lama lagi setidaknya ada muncul pemimpin yg bs dicontoh dr Pak jokowi…lsg tanggap dan segera merealisasikan kelapangan

  32. mengapa amerika tidak menginginkan komunisme ada di dunia?khususnya Indonesia,yg telah diketahui terdapat kandungan emas di papua oleh pakar geologi belanda?apakah amerika khawatir tidak bisa membuat freeport menjadi atas nama milik amerika?seperti sekarang?konon menurut faham komunis semua perusahaan adalah milik negara.tidak ada swasta?atau milik pribadi?bagaimana freeport sekarang?apakah ini maksud amerika?bangsa dg ambisi menguasai dunia,imperialis:gold,GLORY,gospel.2 point sudah diraih?dari Indonesia??

  33. kapan ya,UUD dg pasal berikut dijalankan sesuai maknanya?yakni:bumi dan air dan kekayaan alam yg terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara?negara mana yg dimaksud?agaknya perlu diperjelas menjadi negara Indonesia,bukan negara amerika?seperti yg sekarang terjadi?ada kebetulan yg aneh?konon orang orang CIA yg menggulingkan bungkarno sebagian adalah dedengkot freeport,adakah ekplorasi emas papua terkait pembantaian massal th 1965?

  34. kapan ya,UUD dg pasal berikut dijalankan sesuai maknanya?yakni:bumi dan air dan kekayaan alam yg terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara?negara mana yg dimaksud?agaknya perlu diperjelas menjadi negara Indonesia,bukan negara amerika?seperti yg sekarang terjadi?ada kebetulan yg aneh?konon orang orang CIA yg menggulingkan bungkarno sebagian adalah dedengkot freeport,adakah ekplorasi emas papua terkait pembantaian massal th 1965??

    • Salah kita sendiri mau dijadikan negara perahan oleh big brother.Kita kan setuju , bahkan ber ramai2 menyokong suharto dng orde baru menggusur sukarno dan menghancurkan komunis ? Jangan salah pengahancurannya dng cara biadab, seperti hitler menghancurkan bangsa yahudi.di jerman. Hanya bedanya kita pakai parang (kita sembelehin) dan senjata (kita tembakin ) kalau hitler pakai gas yng mematikan.

  35. dari pada pusing mikir jeleknya orang ..kita lihat saja segi baiknya..masalah keburukan mereka itu urusan dg TUHAN.tak ada satupun yg lepas dariNYA..

  36. Ternyata lambat laun SEJARAH akan mengungkap kebenaran..
    Walau publik lambat untuk mengetahuinya..

    Ternyata, soeharto dan kroni” nya adalah biang kerok dari sejarah kelam INDONESIA ini…

    Yang berhak menyandang bintang lima, hanya 2 dinegeri ini..
    1. Pangsar Jenderal Besar Soedirman..
    2. Jenderal Ahmad Yani

    Lainnya, adalah menghkhianati dan pengkhianat… yang telah merekayasa SEJARAH pada satu generasi, 32 tahun..
    Fakta sudah final…

    Apapun dalilnya, apapun sudut pandangnya, apapun argumenya..
    BUNG KARNO adalah murni PAHLAWAN BESAR INDONESIA.

    soeharto, nasution, dan jajaran antek KAPITALIS IMPERIALIS adalah PENGKHIANAT…. !!!!

    “Pejah gesang nderek Bung Karno”

    • Tapi kalau menurut orde baru pahlawan besar indonesia itu suharto, karena bisa menjatuhkan sukarno dng manisnya. Mereka menyerah tanpa ada perlawanan kita bunuhin di kali2, kita siksa , kita kejar2 ,kita habisin se akar2nya,dng dalih kalau tidak kita habisin, mereka kan menghabisin kita.Padahal mereka diam tidak bergerak atau melawan.Itulah yng disebut menang tanpo ngasorake. Suharto adalah pahlawan super besar dan pahlawan sejati.Kalau sukarno sih
      pahlawan2 an.

      • Hadiahnederland, kalau tidak ada Sukarno, Indonesia tdk akan merdeka.. karena wkt itu, tokoh2 yang lain memberi persyaratan.. kita bisa merdeka kalau rakyat sudah makmur, negara sudah aman tenteram.. .. tapi katanya Sukarno.. “kita akan bangun itu semua kalau kita sudah merdeka..kita isi kemerdekaan kita itu dengan berusaha agar rakyat menjadi makmur, kesehatan terjamin dll..Sukarno adalah pemimpin yang merakyat.. bukan seperti Suharto.. keman mana dikawal ketat.. karena dia tahu dosanya sebesar apa.. ternyata istrinya mati ditembak anaknya sendiri.. dan Suharto berlindung dibalik kesehatannya.. dikatakan tidsk dalam kondisi baik untuk diadili.. macam2 aza.. sejarah Indoensia diputar balikkan oleh dia.. sampai buku2 mulai dari Sekolah dasar dirobah atas perintah dia..lucu sekali..

      • Tapi kita mau kan dikibulin, dikadalin, toh oleh orde baru lebih dari tigapuluh tahun bahwa yng diperjuangkan oleh orang2 kiri yng digantungin oleh penjajah justru dianggap pengchianat oleh orde baru (desukarnoisasi). Kan aneh tapi nyata, dan itu kita mau terus dan percaya lagi. Benar2 hebat pak harto dng orde barunya. Bravoo. Membunuhin/menyiksa/menghilangkan hak asasi manusia orang kiri/sukarnois jaman dahulu itu diharuskan.Itu program pemerintah .Padahal mereka2 itu adalah bangsanya sendiri. Suharto adalah god father bangsa indonesia.

    • Tapi saya lebih bangga lagi kita punya presiden suharto tidak sampai digelendeng di makamah internasional karena pelanggaran ham yng berat, dimana 65/66 ada genoside di indonesia.Kita harus berterima kasih kpd big brother kita bisa menghancurkan komunis dan sukarnois
      dlm kurun beberapa bulan ( tumpas kelor ).Seperti kita maklumi sendiri bhw kita adalah bangsa yng sedang sakit jiwa berat.

  37. saya sangat cinta Indonesia, tapi hanya sebatas alamnya tidak orang-orang pemerintahannya baik dulu atau sekarang. sejarah perjalanan bangsa kita memang sangat penting untuk dikritisi seobjektif mungkin, terutama proses menuju kemerdekaannya, kontribusi siapa dan dari golongan mana yang perlu diperhitungkan. saya bukan penganut Islam yg taat, tapi saya berusaha utk menilai objektif ketika memperhatikan fakta2 sejarah dan saya pribadi mengakui bahwa peran umat Islam dalam melepaskan diri dari belenggu penjajahan di atas bumi pertiwi ini sangatlah dominan.
    “siapa yg berkuasa, dialah yg menciptakan sejarah” menurut saya terjadi dan dilakukan baik di masa pemerintahan Soekarno dan Soeharto. keduanya sama-sama DZOLIM terhadap golongan Islam terutama rakyat Aceh (saya bukan orang Aceh) fakta sejarah banyak yg disembunyikan demi menjunjung tinggi nasionalisme semu. saya sepakat bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, dan saya juga sepakat bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak hanya manut dan percaya begitu saja pada dongeng “mbah Soekarno dan mbah Soeharto”
    keyakinan saya hanya satu, bahwa siapapun pemimpinnya, selama Syariat atau hukum Islam tidak dijadikan landasan dalam berbangsa dan bernegara, maka negeri ini akan begitu2 saja. hanya akan menjadi tontonan komedi kaum-kaum freemasonry dan illumintati.

    • @Sdr. Ismail Napitupulu..
      Saya juga seorang Muslim, tapi saya kurang sependapat dengan Anda.
      Tidak mudah menjadikan/menerapkan syari’at Islam dalam satu negara dengan kemajemukan kultur seperti di Indonesia… Coba hitung ada berapa suku bangsa di Indonesia ? Ratusan danmungkin lebih dari 1000. Bagaimana menyatukannya ? Bisa dipersatukan menjadi satu negara Indonesia sudah sangat baik!!! Dan itu kita harus hargai jasa-jasa para pahlawan .. Apalagi negara kita bukan tempat lahirnya agama Islam. Sebelumnya sudah ada agama-agama lain, seperti Hindudan Budha. Kita harus menghargai orang yang tidak seiman dengan kita. Nabi juga mengajarkan demikian, Bagaimana kita maumenerapkan Hukum Islam jika saudara kita bukan Muslim ? Bukankah firman Allah mengatakan Lakum Diinukum Waliyyadiin?
      Yang benar, masing-masing individu menjalankan perintah agamanya dan menjauhi larangannya…Jadi, kita yang Muslim menjalankan Syari’at,Tarikat , Haiikat dan Manfaatnya ………..
      Harusnya jika komitmen tersebut dijalan, dan masing2 tidak menghakimi orang lain berdasarkan keyakinannya, harusnya negara ini bisaaman aman dan sejahtera….

      • Saya setuju dengan pemikiran Anda, yang paling tepat apabila kita saling menghormati, jujur bila memimpin dan memiliki integritas terhadap bangsa dan negara. Tidak berfikir primordial dan sektarian.

  38. terjata dugaan bung karno benar,..!!
    sekarang sdah ada contohnya pada negara irak yang suksek di obok2 oleh amerika dengan alasan senjata pemusna masal,…!!

    • ada memang factor yng sukarno giris/takut yaitu sukarno bukan orang militer.Adalah tidak masuk akal kalau komunis/kiri/sukarnois coup de tat. mereka sudah dlm pemerintahan yng sah. Hanya aidit/sukarno yng ditelikung/dikadalin oleh general besar kita yng genius itu.Andaikan orang kiri2 benar2 berontak tidak bisa kita bayangkan pertumpahan darah yng luar biasa.Sukarno memerintahkan dewan revolusie berhenti jangan beregerak, aidit memrintahkan kpd anggauta2nya juga diam ditempat tidak bergerak, karena dng dalih terbunnuhnya general2 kita itu adalah intern angkatan darat.

  39. perang saudara,itu yg paling ditakutkan oleh bung karno.soeharto cuma punya separuh kekuatan AD.AL,AU dan kepolisian masih setia pada bung kano pada saat itu,

  40. Pingback: Sejarah : Mengapa Bung Karno Tak Mau Memukul Soeharto « Jakarta 45

  41. artikel yang ga masuk akal…………………………………, banyak benturan disana sini, dan berusaha menonjolkan satu tokoh….. ini juga perlu diluruskan ….!!!

  42. andai saja Bung Karno Memerintahkan Pukul mundur Suharto dan pasukannya tentunya tak ada orde Baru yang membuat banyak orang terdzolimin,yang akhirnya Pimpinan Pasukan yang royal pada Bung Karno Meninggal dengan tiba2 tanpa sebab selain KKO, Panglima Kodam Jaya Amir Machmud, Panglima Kodam Siliwangi Ibrahim Adji,Pasukan MENPOR POLRI dan beberapa panglima kodam lainnya juga bersedia menghadapi Soeharto

    • betul saya setuju….bayangkan klu beliaunya masih ada,indonesia sitidaknya rakyat bs merasakan akan ketokohannya yang Nasionalisme

  43. sarekat islam revolusioner lalu berubah menjadi partai komunis indones partainya pembela buruh. sangat disayangkan PKI di fitnah dan dihianati

  44. menurut saya secara tidak langsung SUHARTO juga sangat berguna dan ada benarnya,mungkin ini salah satu perlindungan Tuhan…..jika SUKARNO tidak menahan diri….indonesia sudah pecah belah dan perang saudara mengingngat negara kita waktu itu masih baru merdeka jadi kemungkinan pembemberontakan dan perpecahan sangat besar…untuk ingin memerdekakan sendiri dari masing2 suku.dengan di pimpinya SUHARTO saya rasakan kita makin cinta indonesia di buktikan tidak adanya pemberontakan di negeri ini….alias adem2…. baru2 ketika negara kita sudah kuat nasionalismenya mungkin itu semua dapat di maklumi sebagai sejarah bangsa yg harus kita luruskan oleh kita sebagai penerus bangsa

  45. SUHARTO juga berjasa mengingat usia negara kita waktu itu masih muda,jd kemungkinan pemberontakan sangat besar dan indonesia bisa terpecah belah menjadi berbagai suku bangsa yg saling berkudeta…mungkin itu alasan sukarno tidak bisa berbuat apa2 saat itu…sejarah biarlah menjadi sejarah kita hanya bisa mengambil hikmah dari peristiwa itu

  46. tidak ada lagi pemimpin di Indonesia yang paling amanah yaitu Kartosuwiryo……..sayang sekali beliau di fitnah dan di khianati dan pak Dirman atau Jendral Sudirman sayang beliau meninggal karena sakit.

  47. renungan : apakah benar G 30 s PKI didalangi soeharto bekerja sama dengan letkol untung utk menghabisi para jendral supaya soeharto bisa berkuasa ? kenapa jendral nasution ditahan soeharto ? kenapa ada petisi 50 ? pada saat pemutaran G 30 S PKI di bioskop dan TV , banyak orang yg tau sejarah bilang film itu direkayasa ? bahkan film janur kuning pun direkayasa ….
    sangat tragis jendral hartono dari KKO dibunuh oleh anak buah soeharto …. sangat tragis pula ALRI , AURI dan polisi termajinalkan selama orde baru , sangat tragis pula KKO , menpor/brimob dan PGT dianggap sebelah mata oleh soeharto…. hanya rpkad yg dibanggakan… bacanya rp-kad bukan r-p-k-a-d..
    mei 98 , apakah soeharto sebagai dalang dari kerusuhan mei 98 yg tunjuk prabowo sebagai pelaksana operasi kotor militer AD ?
    soehato memang ahli , kalo dia sanggup dalang pembunuhan jendral , dia sanggup pula dalang kerusuhan mei 98..

    hanya 2 jawaban saya :
    1. seandainya dulu soekarno perintahkan ALRI , AURI , Polisi dan AD gempur pasukan soeharto maka tidak ada KKN menggurita di republik ini… mafia cendana , anak2 soeharto yg serakah dll..

    2. seandainya juga AL dan AU menghantam oknum2 pasukan prabowo dlm mei 98 .. maka tidak ada kerusuhan…

    saran saya utk angkatan laut dan angkatan udara , jangan sampe salah utk ke 3 kalinya …. karena militer bukan hanya angkatan darat , indonesia bukan hanya milik satu angkatan saja…
    berhak utk keselamatan negara ini…

    salam komando !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s