DUA hari setelah peristiwa 11 September beberapa pesawat tempur asing melintas di wilayah udara Uzbekistan. Parade pesawat itu menjadi tontonan yang menarik perhatian warga Chircik, sekitar 40 meter arah selatan Tashkent. Selain pangkalan militer, Chircik juga pusat pendidikan militer Uzbekistan.

“Identitas negara tidak terlihat di badan pesawat. Tetapi yang pasti itu pasti bukan pesawat Illusion milik Uzbekistan,” kata seorang warga memberi kesaksian.

Illusion adalah pesawat terbang yang diproduksi pabrik pesawat Chikolov di Tuzel, sebelah timur Tashkent. Chikolov adalah pabrik pesawat terbang terbesar di zaman Uni Soviet. Pabrik ini memproduksi pesawat terbang berbadan besar, baik untuk keperluan penerbangan sipil maupun militer dan tempur. Salah satu pesawat Illusion yuang terkenal bernomor seri 76.

Teman saya yang pernah bergabung dalam pasukan terjun payung Tentara Merah punya cerita unik soal pesawat ini. Begitu pesawat mengudara, para penerjun payung berlari-lari kecil dalam badan pesawat. Mereka terus bergerak sampai pesawat berada di ketinggian tertentu. Tanpa berhenti mereka lompat satu persatu keluar dari badan pesawat.

Pesawat-pesawat tempur asing yang melintas di atas Chircik itu diperkirakan mendarat di pangkalan udara Tuzel.

“Kampanye perang melawan teorisme itu saya kira cuma boltat, pustoe slovo (omong kosong). Mereka hanya cari kambing hitam,” kata Khalan Jon, veteran Tentara Merah Uni Soviet yang juga ikut menemani saya selama kunjungan di Tashkent.[t]